WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Kamis, 15 Agustus 2013

TEKS VI (Kegiatan 2 Kerja Sama Membangun Berbagai Jenis Teks Dalam Satu Tema Dari Berbagai Jenis Teks Yang Digunakan)



Kegiatan 2 Kerja Sama Membangun Berbagai Jenis Teks Dalam Satu Tema Dari Berbagai Jenis Teks Yang Digunakan

untuk mengungkapkan tema yang sama di atas, kita mendapatkan pelajaran hidup yang sangat berharga. Makin banyak tujuan yang akan dicapai dan makin banyak hal yang akan dikomunikasikan, makin banyak pula jenis teks yang harus digunakan. Pada Kegiatan 2, kalian akan belajar lebih jauh untuk menjalani hidup melalui teks. Lebih  khusus lagi, kalian akan memanfaatkan eksposisi untuk mengetahui dan menghadapi persoalan.

Tugas 1 Menghadapi Teks Eksposisi dari Dua Sisi

Kalian dihadapkan pada teks eksposisi berikut ini dengan tema perlu atau tidaknya program akselerasi. Bacalah teks tersebut secara saksama, kemudian kerjakan tugas-tugasnya!

Program Akselerasi Sangat Diperlukan


1. Program Akselerasi sangat dibutuhkan oleh pelajar yang mempunyai ritme belajar cepat. Meskipun sering dikatakan terlalu mahal, itu tidak berarti bahwa program ini tidak diperlukan.

Pernyataan Pendapat

2 .  Sebagian besar orang mengatakan bahwa sayang sekali apabila program akselerasi ditutup karena program ini sudah banyak membuat siswa berhasil menyelesaikan studi dengan cepat sampai jenjang perguruan tinggi. Mereka mengatakan Teks dalam Kehidupan Nyata bahwa siswa-siswa dari program akselerasi juga dapat menyesuaikan diri dengan siswa-siswa dari program reguler.
Argumentasi 1

3   Mereka juga tidak setuju apabila alasan yang digunakan untuk menutup program akselerasi adalah biaya yang mahal. Dapat ditunjukkan bahwa apabila keseluruhan biaya dijumlahkan, jumlah itu hampir sama besar dengan jumlah biaya
yang dikeluarkan pada program reguler. Apabila ada biaya yang dikatakan sedikit lebih mahal, itu wajar karena mereka mendapatkan pemadatan materi sekolah reguler.

Argumentasi 2

4   Selain itu, yang lebih penting adalah bahwa program akselerasi dapat mewadahi bakat dan minat siswa yang dapat belajar dengan langkah yang lebih cepat. Itu berarti bahwa program ini dapat meningkatkan efisiensi waktu.
Argumentasi 3

5   Dengan demikian, berdasarkan alasan di atas, program akselerasi tidak perlu ditutup. Sebaliknya, program ini tetap dipertahankan dengan memperbaiki kekurangan yang ada.

Pernyataan Ulang Pendapat



Makin banyak tujuan akan dicapai dan makin banyak hal akan dikomunikasikan, makin banyak pula jenis teks yang
harus digunakan.
 
 (1)  Kalian tentu paham bahwa program akselerasi tidak cocok untuk semua siswa. Akan tetapi, terdapat beberapa pihak yang tidak setuju apabila program ini ditutup. Teks di atas ditulis oleh penulis yang tidak setuju dengan penutupan itu.
  Bagaimana pendapat kalian? Apabila kalian juga tidak setuju, kalian dapat mengemukakannya dengan membuat teks eksposisi seperti itu. Dari Pelajaran 3 tentang eksposisi sebelumnya, kalian mengetahui bahwa tahap pernyataan pendapat ^tahap pernyataan ulang pendapat itu seimbang, yaitu mengandung isi yang sama. Persamaan itu dapat dicermati dari ungkapan “Program Akselerasi sangat dibutuhkan ...” pada tahap  pernyataan pendapat dan  “... program akselerasi tidak perlu ditutup. Sebaliknya, program ini tetap dipertahankan ...” pada tahap pernyataan ulang pendapat. Adapun argumentasi adalah alasan yang dikemukakan tentang ketidaksetujuan itu. Terdapat tiga argumentasi pada teks itu. 

Tugas kalian sekarang adalah menulis kembali tahap pernyataan pendapat atau pernyataan ulang pendapat dan setiap argumentasi tersebut menjadi satu kalimat dengan kata-kata sendiri.
Pernyataan pendapat/pernyataan ulang pendapat:
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

Argumentasi:
 (a... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
 (b)  ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
 (c)  ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...


  Apabila tugas itu kalian kerjakan dengan baik, hasilnya akan berupa ringkasan teks eksposisi yang terdiri atas empat kalimat yang berisi ketidaksetujuan terhadap penutupan program akselerasi. Caranya, semua kalimat itu kalian tulis secara bersambungan untuk membentuk paragraf dengan tidak menyertakan nomor-nomor yang ada.

(2)  Perhatikan konjungsi juga pada paragraf 3 dan selain itu pada paragraf 4. Kedua konjungsi tersebut digunakan untuk menata argumentasi. Tahukah kalian bahwa konjungsi juga digunakan untuk menyatakan bahwa sudah ada satu argumentasi yang dikemukakan sebelumnya, sedangkan konjungsi selain itu digunakan untuk menambahkan argumentasi berikutnya?

Buatlah tiga kalimat yang saling berkaitan. Rangkaikan ketiganya dengan menggunakan konjungsi  juga yang kalian letakkan pada kalimat kedua dan konjungsi selain itu yang kalian letakkan pada kalimat ketiga. 
(i)   ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... (ii) ... ... ...... ... ... ... ... ...  juga ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ......... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... .... Selain itu, ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ......... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ....

(3)  Perhatikan konjungsi dengan demikian pada paragraf 5 pada teks itu.
Konjungsi itu digunakan untuk mengantarkan penegasan kembali pernyataan pendapat oleh penulis. Pada tahap itu ia membuat semacam simpulan atau penutup bahwa berdasarkan argumentasi yang telah disampaikan di atas, pendapat penulis itu  benar adanya dan pantas bahwa pembaca akan mengikuti atau menyetujui pendapat itu.

(4)  Penulis teks eksposisi itu berada pada posisi yang tidak setuju dengan penutupan program akselerasi.
Ia mengajukan beberapa argumentasi untuk mendukung ketidakberpihakannya terhadap penutupan program akselerasi. Bagaimana apabila ada penulis lain yang setuju terhadap penutupan program akselerasi? Penulis pertama, yaitu penulis teks eksposisi itu, berada pada posisi  tidak, sedangkan penulis kedua berdiri pada posisi  ya.
Teks eksposisi hanya menampilkan salah satu posisi. Penulis memilih posisi ya atau posisi  tidak. Dari sini, kalian dapat menegaskan lagi pemahaman terhadap eksposisi pada Pelajaran 3 sebelumnya bahwa eksposisi adalah argumentasi satu sisi, yaitu sisi tidak atau sisi ya.  Kalian akan diajak untuk berada pada posisi ya. Artinya, pada eksposisi yang kalian buat, kalian mengambil sudut pandang yang setuju dengan penutupan program akselerasi.
 Bacalah teks berikut secara saksama, kemudian kerjakan tugas-tugasnya.
Perhatikan struktur teksnya dan cara mengajukan argumentasi yang digunakan untuk mendukung gagasan penulis!

Betulkah Program Akselerasi Dibutuhkan?


Program akselerasi tidak selalu cocok bagi semua siswa. Program ini tidak perlu dibuka karena program ini tidakmempertimbangkan siswa yang tidak menginginkan irama belajar yang cepat.

Pendapat  pernyataan
Pertama, program akselerasi terkesan eksklusif, yaitu hanya menerima siswa tertentu.Program ini hanya diperuntukkan bagi siswa yang  menginginkan ritme belajar cepat. Kadang-kadang keinginan itu tidak didasari oleh kesiapan dan  kemampuan diri siswa yang bersangkutan. Jadi, apabila siswa tidak betul-betul siap dengan kerja  keras dan mampu mengikuti irama belajar yang serba cepat, mereka tidak dapat mencapai prestasi  yang maksimal.
Argumentasi 1



Kedua, dari segi biaya, program akselerasi dinilai lebih mahal jika dibandingkan dengan program reguler. Program ini dapat dianggap bertentangan  dengan prinsip keadilan. Hanya siswa yang kaya yang bisa masuk ke program ini. Siswa yang kurang mampu tidak dapat mengikuti program ini meskipun mereka pintar
Argumentasi 2


Di samping itu, program akselerasi dapat mengurangi rasa kebersamaan. Siswa yang masuk ke program ini sering dikatakan sebagai siswa yang lebih pintar. Di pihak lain, siswa yang tidak dapat masuk ke program ini dikatakan sebagai siswa yang tidak pintar. Akibatnya, nilai kebersamaan di antara dua kelompok siswa itu kurang terpupuk.
Argumentasi 1
Terbukti bahwa program akselerasi lebih banyak menimbulkan dampak negatif daripada dampak positif. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila beberapa pihak menginginkan program akselerasi ditutup.
Pernyataan Ulang Pendapat

 (5)  Sekali lagi, penulis teks itu berpihak pada sisi tidak. Ia setuju bahwa program akselerasi ditutup. Pada tahap pernyataan pendapat, penulis teks menyebutkan bahwa penutupan itu dilandasi oleh kenyataan bahwa program ini tidak cocok bagi semua siswa. Bagaimana pendapat kalian terhadap pendapat penulis yang demikian itu?

 (6)  Terdapat tiga argumentasi yang digunakan untuk mendukung pendapat tentang penutupan program akselerasi. Keempat argumentasi itu disajikan dalam tiga paragraf yang terpisah. Identifikasilah, konjungsi apa yang digunakan untuk menata argumentasi tersebut?
     Konjungsi yang dimaksud adalah pertama, kedua, dan di samping itu. Apakah argumentasi itu disajikan secara urut? Bolehkah urutan itu dibalik-balik? Tulis ulanglah ketiga argumentasi itu dengan kalimat kalian sendiri dengan konjungsi lain yang  kalian anggap sesuai.
     Kalian dapat memulai tulisan kalian dengan mengikuti format yang disediakan berikut ini.
Berikut ini adalah sejumlah alasan yang mendukung penutupan program akselerasi. (Konjungsi)  ... ... ...... ... ...... ... ...... ... ...... ... ...... ... ...... ... ...... ... ......V... ...... ... ...... ... ...... ... ...... ... ...... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . (Konjungsi) ... ... ...... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .  (Konjungsi) ... ... ...... ... ... .. ... ...... ... ....... ... ... ... ... ... ... ... ...
(7)  Formulasikan dengan kalimat kalian sendiri pengulangan kembali yang disampaikan pada tahap penegasan ulang pendapat. ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
    (8)  Apa pendapat kalian sendiri? Setujukah kalian terhadap penutupan program akselerasi? Ungkapkan pendapat kalian itu ke dalam teks eksposisi yang sejalan dengan teks di atas. Kalian disarankan mengajukan argumentasi yang berbeda dengan argumentasi pada teks di atas. Kalian bebas menentukan jumlah argumentasi yang akan kalian ajukan itu. Yang penting adalah bahwa struktur teks dan konjungsi yang digunakan dapat mewadahi gagasan itu.

(9)  Setelah mencermati teks eksposisi itu, kalian dapat menilai bahwa teks eksposisi pertama dan teks eksposisi kedua memiliki argumentasi yang kuat. Akan tetapi, pada teks eksposisi, kedua kelompok sudut pandang itu tidak ditampilkan bersama-sama. Apabila kedua sisi itu tetap ditampilkan semua pada satu tulisan, seperti apa teks yang dihasilkan? Teks yang dihasilkan bukan lagi eksposisi, melainkan diskusi. Sayang sekali, jenis teks diskusi belum kita bahas di sini. Jenis teks diskusi akan kalian eksplorasi lebih jauh pada Kelas XI atau XII yang akan datang.183 Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik

Tugas 2 Memecahkan Persoalan dalam Teks Eksposisi

Kerjakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan pada setiap nomor.  Kalian  akan diajak untuk menghadapi berbagai persoalan pembelajaran bahasa Indonesia melalui teks eksposisi.
(1)   Kenyataan bahwa sebagian di antara kita tidak dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.
        Padahal bahasa Indonesia adalah bahasa nasional kita. Persoalannya adalah haruskah warga Indonesia yang sudah berbahasa Indonesia tetap belajar bahasa tersebut?   
        Di antara kalian, mungkin ada yang menjawab ya dan ada juga yang menjawab tidak. Pada konteks ini, kita tidak memperdebatkan jawaban yang benar. Yang menjadi persoalan adalah kalian dituntut untuk terampil menyusun argumentasi agar pendapat kalian diterima.    
        Dengan demikian, kedua jawaban itu akan diterima oleh orang lain apabila mempunyai argumentasi yang kuat untuk setiap posisi. Sebaliknya, jawaban kalian tidak akan diterima oleh orang lain karena argumentasi  tidak meyakinkan. 
       Seandainya kalian memihak sisi ya, buatlah teks eksposisi yang mendukung perlunya belajar bahasa Indonesia bagi orang Indonesia. Ikutilah format di bawah ini dan judul yang disarankan adalah “Orang Indonesia Harus Tetap Belajar Bahasa Indonesia”.    
        Pada saat kalian menjalani proses pembuatan teks tersebut, ingat kembali butir-butir yang ada pada setiap tahap struktur teks. Kalian harus selalu menyadari bahwa struktur teks itu menunjukkan struktur berpikir.

 

Orang Indonesia Harus Tetap Belajar Bahasa Indonesia


Kita merasa prihatin bahwa orang Indonesia tidak dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Meskipun menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari, mereka harus tetap mempelajari bahasa tersebut.
Pernyataan Pendapat
Pertama, , ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Argumentasi 1

Kedua, ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ...
Argumentasi 2

Selain itu, ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Argumentasi 3

Terakhir,  ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Argumentasi 4

Berdasarkan kenyataan itu, dapat ditegaskan bahwa orang Indonesia tidak perlu belajar bahasa Indonesia.
Pernyataan Ulang Pendapat

Setelah kita memperhatikan beberapa alasan itu, kita semua sepakat bahwa orang Indonesia harus belajar bahasa Indonesia agar mereka dapat menggunakan bahasa tersebut tanpa kesalahan.
Sebaliknya, kalian dapat memihak sisi  tidak. Buatlah teks eksposisi yang menunjukkan bahwa bahasa Indonesia tidak perlu dipelajari oleh orang Indonesia. Ikutilah format berikut ini dan judul yang disarankan adalah “Orang Indonesia tidak Perlu Belajar Bahasa Indonesia”.
Pada saat kalian membuat teks tersebut, ingat kembali butir-butir yang ada pada setiap tahap struktur teks untuk menyatakan pikiran.  Orang Indonesia Tidak Perlu Belajar Bahasa Indonesia

Orang indonesia tidak perlu mempelajari bahasa tersebut.


Setiap hari orang Indonesia berbahasa Indonesia  dan mereka saling mengerti. Oleh karena itu,
Pernyataan,
Pendapat
 Alasan yang pertama adalah……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
Argumentasi  1
Kedua, ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Argumentasi 2

Selanjutnya,  ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ...
Argumentasi 3
Terakhir,  ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ...
Argumentasi 4
Berdasarkan kenyataan itu, dapat ditegaskan bahwa orang Indonesia tidak perlu belajar bahasa Indonesia.
Pernyataan Ulang Pendapat

  (2)  Amatilah persoalan sosial yang berkembang di sekitar kalian.

Sering kita jumpai bahwa ada orang yang memaksakan kehendak agar pendapatnya diikuti oleh orang lain. Pada peristiwa lain, untuk mengajukan sesuatu, sekelompok orang diorganisasi untuk melakukan demonstrasi agar tuntutan mereka terpenuhi.  
Sesungguhnya, kita semua tidak perlu memaksakan kehendak. Kita juga tidak perlu berdemonstrasi. Kita dapat menghadapi kedua persoalan di atas dengan media bahasa. Kita dapat menyampaikan gagasan dengan membuat eksposisi yang disertai dengan argumentasi yang kuat. Dengan eksposisi pula, kita mengajukan tuntutan. Asal tuntutan kita disertai argumentasi yang kuat, pihak lain akan menerima tuntutan itu tanpa terjadi perselisihan.
          Sekarang, buatlah eksposisi dengan tema dan persoalan sosial yang  kalian pilih sendiri.
Bicarakan dengan teman-teman kalian, tema dan persoalan sosial yang akan kalian ungkapkan dengan eksposisi. Setelah selesai, mintalah pendapat teman-teman kalian. Setelah itu, perbaikilah teks eksposisi kalian itu berdasarkan masukan-masukan yang kalian terima.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Min buatin contoh pernyataan pendapat/pernyataan ulang pendapat nyaa lahh dengan kalimat sendiri tentang program akselerasi sangat diperlukan..