WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Rabu, 20 Februari 2013

LATIHAN UAS KELAS X SMK SEMESTER GENAP



I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini!
1. Di bawah ini adalah kriteria kalimat yang baik, kecuali
a. Pola susunannya sesuai kaidah
b. Logis atau diterima akal
c. Memiliki jabatan kalimat yang sempurna
d. Mengandung penalaran yang benar
e. Pilihan katanya tepat
2. Kepada Bapak Dosen waktu dan tempat kami persilakan. Kalimat ini salah dalam hal
a. susunan kalimatnya
b. pilihan katanya
c. penggunaan kata ”kepada”
d. makna kalimatnya tidak logis
e. kata persilakan harusnya persilahkan
3. Perbaikan kalimat nomor 2 adalah
a. Bapak Dosen waktu kami persilakan. b. Kepada Bapak Dosen tempat kami persilakan.
c. Kepada Bapak Dosen kami persilakan. d. Bapak Dosen kami persilakan.
e. Bapak Dosen waktu dan tempat kami persilakan.
soal berikutnya . . .
4. Hal yang memengaruhi kalimat sehingga tidak komunikatif ialah di bawah ini, kecuali
a. kalimat terlalu luas b. pola kalimatnya tidak sesuai gramatikal c. kalimat tidak dapat dipahami
d. kalimat pendek dan banyak pengulangan e. kalimat berisi penjelasan yang tak perlu
5. Di bawah ini yang merupakan kalimat komunikatif tapi tidak cermat ialah
a. Hadirin kami minta berdiri.
b. Mobilnya menabrak pohon di pinggir jalan.
c. Dalam darahnya mengandung bibit penyakit.
d. Eksekusi terhadap tanah warga Meruya hanya sebatas wacana.
e. Hakim menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada koruptor itu.
6. Yang termasuk intonasi kalimat tanya ialah
a. pergi? b. pergi? b. pergi? c. pergi? d. pergi? e. pergi?
7. Ciri intonasi berita
a. suku akhir menaik b. suku awal menaik c. suku awal menaik dan akhir menawan
d. suku awal dan akhir menaik e. suku akhir menurun
8. Penggunaan tekanan biasanya karena
a. kata singkat dipentingkanb. kata itu pokok kalimat c. agar ada variasi
d. mitra bicara tidak mengerti e. sebagai sebuah ekspresi bicara saja
9. Tekanan dalam ilmu tata bunyi disebut juga
a. segmental b. aksen c. ritual d. tempo e. irama
10.Perpaduan antara tekanan, nada, dan jeda disebut
a. intonas b. aksen c. ritme d. tempo e. irama
11. Kelompok kata berikut ini yang bukan frasa adalah
a. sabun mandi yang harum b. kamar mandi c. mandi pagi
d. nenek mandi e. mandi susu
12. Kombinasi afiks (konfiks) per- + -an dalam kata persahabatan berfungsi membentuk
a. kata sifat b. kata tugas c. kata benda d. kata kerja e. kata keterangan
13. onfiks ke- + -an dalam kata kesakitan berfungsi membentuk
a. nomina b. numeralia c. verba ..d.jectiva e. partikula
14. Dibawah ini yang termasuk verba intransitif adalah
a. memberi b. kambuh c. membeli d. menamai e.7474747474n
15. Kate termasuk kelas kata ojektiva deverbalisasi berikut ini, kecuali
a. berapi-api b. meluap c. kesatria d. beruban e. pemalas
16. (A) sebagai intelektual muda, mereka harus berusaha mandiri unstuck memahami ilmu yang digelutinya. (B) Upaya ini pada gilirannya akan meningkatkan kualitas intelektualitasnya walaupun did usia relatif muda.
© Oleh karena itu, sudah seharusnya jika masyarakat memerlukan bantuan, mahasiswa mesti tanggap berusaha mengatasi pemecahannya.(D) Mahasiswa adalah sosok manusia yang sering dijuluki intelektual muda dan agen perubahan sosial. (E) Sebagai agen perubahan sosial, mahasiswa dianggap mempunyai kemampuan memahami konsepkonsep sosial unstuck direalisasikan dalam kehidupan masyarakat. Susunan paragraf yang tepat adalah
a. ACDBE b. DEBAC c. BADEC d. DABEC e. EBADC
17. (1) Nasib nelayan tradisional Aceh makin terpuruk, tidak ubahnya seperti telur did ujung tanduk. (2) Did laut, mereka harus berjuang sekuat tenaga mengusir nelayan asing yang mencuri ikan, sedangkan did darat mereka main kucing-kucingan dengan oknum petugas yang tak pernah absen meminta imbalan pada setiap nelayan. (3) Bahkan ada kewjiban tak resmi yang dipikul para nelayan, yang menghadiahkan ikan hasil tangkapannya kepada oknum tertentu (4) Itulah romantika hid up mereka yang seal bergelombang.
Gagasan utama paragraf tersebut terdapat pada
a. kalimat (1).
b. kalimat (2).
c. kalimat (5)
d. kalimat (3).
e. Kalimat (4)
18. Analisis ini juga mengingatkan bahaya kelangkaan dana. Dalam jangka panjang, ada sinyal-sinyal bahwa Asia mungkin bakal segera menghadapi kendala pendanaan yang akan memangkas pertumbuhan ekonomi kawasan. Ini dapat terjadi dalam beberapa tahun ke depan, tetapi para fund manager tidak akan mau menunggu selama itu untuk menarik investasinya.
Topik paragraf ini adalah
a. analisis
b. para fund manager
c. penarikan investasi
d. kelangkaan dana
e. wilayah Asia
19. Generasi muda adalah generasi yang tangguh, ulet, mandiri, kreatif, inovatif, dan dinamis. Kalimat di atas merupakan penggalan paragraf dengan pola
a. deskripsi b. Eksposisi c. Argumentasi d.Persuasi e. narasi
20. Penulisan judul karangan yang benar adalah
a. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
b. Jalan tak ada Ujung
c. Bermula Dari Sebuah Surau
d. Tema Religius Dalam Sastra
e. Tergantung pada Kata, Berpijak pada Logika
21. Kalimat tanya yang berpola inversi di bawah ini adalah
a. Apa yang Anda cari?
b. Beberapa korban yang tewas pada musibah itu?
c. Ada acara tidak kamu hari ini?
d. Buku siapa itu?
e. Ke mana angin berhembus, ke situ aku melangkah?
22. Kalimat tanya retoris adalah
a. Apa yang Anda cari?
b. Beberapa korban yang tewas pada musibah itu?
c. Ada acara tidak kamu hari ini?
d. Buku siapa itu?
e. Kemana angin berhembus, ke situ aku melangkah?
23. Di bawah ini yang merupakan kata ragam tanya nonstandar adalah
a. siapa b. Kenapa c. Bagaimana d. di mana e. Berapa
24. Kata tanya apa dipergunakan untuk tujuan berikut, kecuali
a. menanyakan nomina bukan manusia
b. menanyakan preposisi.
c. mengukuhkan apa yang telah diketahui
d. menanyakan kepunyaan
e. dipergunakan dalam kalimat tanya retoris.
25. Kalimat tanya yang cukup memerlukan jawaban singkat seperti ya, tidak, belum, bukan disebut kalimat tanya
a. retorik
b. menggali informasi
c. Konfirmasi
d. Tersamar
e. memerintah
26. Pengalihan bentuk tutur dengan tidak mengubah pengertiannya disebut
a. sinonim b. majas c.alinea d. parafrasa e. paragraf
27. Parafrasa meliputi hal di bawah ini, kecuali
a. wacana- rangkuman
b. Puisi- prosa
c. drama -prosa
d. suku kata- kata
e. kalimat aktif - kalimat pasif
28. ereka memperpanjang bentuk kerjanya dengan PT. Makmur Jaya.
Kalimat pasif dari kalimat di atas ialah
a. Kontrak kerja mereka perpanjang dengan PT. Makmur Jaya.
b. PT. Makmur Jaya memperpanjang kontrak kerjanya.
c. Mereka diperpanjang kontrak kerjanya oleh PT. Makmur Jaya.
d. Kontrak kerjanya diperpanjang mereka kepada PT. Makmur Jaya.
e. Kontrak kerjanya dengan PT. Makmur Jaya diperpanjang mereka.
29. Perusahaannya kini sedang di ujung tanduk akibat resesi. Ungkapan tersebut berarti
a. di puncak kejayaan
b. terancam bangkrut
c. tidak mengalami perkembangan
d. sedang merintis
e. agal total
30. Parafrasa dari sebuah teks/wacana harus tetap mempertahankan
a. pola kalimatnya b. amanat yang disampaikan c. gagasan pokoknya
d. ilustrasi wacananya e. ceritanya
31. Setiap pengunjung akan berdecak kagum bila melihat keindahan
Gunung Rinjani. Di sana kita dapat melihat lembah dan ngarai yang berkelok-kelok bagaikan akar pohon beringin yang menancap erat di permukaan tanah. Dipayungi langit biru dan gumpalan-gumpalan awan, gunung itu tampak kokoh menghijau dengan puncak yang berpasir. Begitulah Gunung Rinjani menyuguhkan pemandangan alam indah. Gagasan utama paragraf tersebut terungkap pada kalimat
a. pertama b. Kedua c. Ketiga d. Keempat e. pertama dan keempat
32. Sembilan bocah berkerumun di atas petak tanah yang berlumpur. Baju, kaki, tangan bahkan wajah mereka terlihat kotor. Sementara di langit matahari memancarkan cahayanya yang garang. Tiba-tiba seorang anak bertelanjang dada berteriak, “Awas! Ular!” teman-temannya berlarian menghindar sambil berkata, ”Mana? Mana?”
Pola pengembangan paragraf tersebut adalah
a. narasi
b. Deskripsi
c. eksposisi
d. argumentasi
e. persuasi
33. Kalimat berikut ini salah nalar (tidak logis), kecuali
a. Mahasiswa perguruan tinggi yang terkenal itu menerima hadiah.
b. Waktu dan tempat kami persilakan.
c. Dia menerima uang sebanyak dua puluh lima ribuan.
d. Semoga Bapak dapat memakluminya.
e. Mayat wanita yang ditemukan itu sebelumnya mondar-mandir di daerah tersebut.
34. Unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam membaca puisi adalah berikut ini, kecuali
a. suasana puisi b. pengulangan kata c. bagian sampiran d. Rima e. kata bermakna luas
35. Kalimat yang menggunakan preposisi ialah
a. Rambutnya sangat bagus.
b. Rumahnya berada di sekitar sini.
c. Pagi harinya sang kancil menemui buaya.
d. Meskipun hari hujan, ia tetap berangkat ke sekolah.
e. Setelah makan, ia kemudian belajar.
36. Di bawah ini, kata yang bukan kelas kata adverbia ialah
a. sangat b. Agar c. Bukan d. Belum e. Paling
37. Penulisan judul karangan yang tepat sesuai dengan EYD adalah
a. Tampil Menawan Di setiap Kesempatan
b. Tampil Menawan di Setiap Kesempatan
c. Tampil menawan Di Setiap Kesempatan
d. Tampil Menawan disetiap Kesempatan
e. Tampil menawan di setiap kesempatan.
38. Generasi muda adalah generasi yang tangguh, ulet, mandiri, kreatif, inovatif, dan dinamis. Kalimat di atas merupakan penggalan paragraf dengan pola
a. deskripsi b. Eksposisi c Argumentasi d. Persuasi e. narasi
39. Kalimat tanya konfirmasi ialah
a. Apakah gerangan yang Tuan cari?
b. Mau pergi ke mana, Nek?
c. Bolehkah saya meminjam mobilmu?
d. Apa benar Anda yang merancang bangunan ini?
e. Bagaimana rasanya tinggal di luar negeri?
40. Perubahan puisi ke prosa harus memerhatikan
a. tema puisi b. persajakan c. simbol dan majas yang dipakai d. tipografi e. pilihan kata atau susunan kalimatnya


II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar!
1.Buatlah contoh kalimat yang komunikatif tapi tidak cermat!
2. Buatlah contoh kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat!
3. Apa bedanya membaca puisi dengan deklamasi?
4. Apa saja hal-hal yang termasuk aksen atau intonasi?
5. Sebutkan ciri-ciri kata sifat!
6. Buatlah 2 buah contoh kalimat tanya retoris!
7. Buatlah 2 buah contoh kalimat tanya konfirmasi!
8. Jelaskan pengertian parafrasa!
9. Ubahlah kalimat tidak langsung di bawah ini menjadi kalimat langsung:
a. Hafiz mengatakan bahwa ia diterima di perguruan tinggi terkenal.
b. Bapak menyuruh Mustafa mengerjakan pekerjaan rumahnya.
10. Buatlah II. Jawablah soal-soal did bawah ini dengan tepat dan b enar!

UJI KOMPETENSI(BAB 12)



I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini!
1. Mengubah bentuk bahasa ke bentuk bahasa yang lain dengan tidak mengubah pengertiannya disebut ....
a. majas b. gaya bahasa c. ungkapan d. parafrasa e paragraf
2. Hal yang dapat diparafrasa adalah di bawah ini kecuali...
a. puisi – prosa b. prosa – puisi . kalimat pasif–kalimat aktif
d. kalimat langsung–kalimat tidak langsung e. fonem–suku kata
3. Kami menunggu nenek di bandara. Kalimat pasif dari kalimat di atas adalah ....
a. Bandara menunggu kami dan nenek.
b. Nenek menunggu kami di bandara.
c. Kami ditunggu nenek di bandara
d. Nenek ditunggu kami di bandara.
e. Di bandara nenek dan kami saling menunggu.
4. Pohon durian ini ditanami oleh paman.
Kalimat aktif dari kalimat pasif di atas adalah...
a. Pohon durian yang nanam paman.
b. Yang nanam pohon durian paman.
c. Paman menanam pohon durian ini.
d. Ini pohon durian ditanam paman.
e. Pohon durian menanam paman.
5. Kepala sekolah mengatakan bahwa kelas kami paling bersih.
Kalimat langsung dari kalimat di atas adalah ....
a. Kepala sekolah berkata, “Kelas kami paling bersih.”
b. Kepala sekolah berkata, “Kelas kalian paling bersih.”
c. Kepala sekolah mengatakan, “Kalau kelas kami paling bersih.”
d. Kepala sekolah berkata “Kelas kalian paling bersih.”
e. “Kelas kami paling bersih, “ Kata kepala sekolah.
6. Dokter berkata, ”Bapak harus banyak istirahat.” Kalimat tidak langsungnya adalah ....
a. Dokter mengatakan bahwa Bapak harus banyak istirahat.
b. Dokter mengatakan kalau pasiennya harus banyak istirahat.
c. Dokter memerintahkan Bapak supaya banyak istirahat.
d. Dokter berkata bahwa Bapak istirahatlah.
e. Bapak disuruh istirahat oleh dokter sebanyak-banyaknya.
7. Di bawah ini adalah contoh kalimat aktif ....
a. Buku itu dibelinya di toko Gramedia.
b. Ribuan petasan disita oleh polisi dari para pedagangnya.
c. Air susu dibalas dengan air tuba.
d. Lulus dari luar negeri ia segera melamar kekasihnya.
e. Pepohonan itu seperti hantu.
8. Pihaknya diminta untuk ... agar persoalannya dapat cepat selesai.
Ungkapan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ....
a. jatuh bangun d. buah tangan
b. makan angin e. kaki tangan
c. campur tangan
9. Pada akhir tahun, perusahaannya sibuk membuat perhitungan terakhir dari pengeluaran keuangan selama setahun. Para karyawan juga banyak yang lembur.
Uraian kondisi perusahaan di atas dapat dipersingkat dengan ungkapan ....
a. jatuh bangun d. tutup buku
b. gulung tikar e. batas tempo
c. tutup tangan
10. Sinonim kata “manajer” adalah di bawah ini, kecuali .....
a. penyuluh d. pengawas
b. pengelola e. pembimbing
c. pengatur
11. Bagus mengatakan bahwa ia lulus ujian pegawai negeri. Kalimat langsungnya ialah...
a. “Aku lulus ujian pegawai negri,” kata Bagus.
b. “Bagus mengatakan, saya telah lulus pegawai negeri.”
c. Bagus berkata “Aku lulus ujian pegawai negeri.”
d. Kata Bagus, “Ia lulus jadi pegawai negeri.”
e. Bagus mengatakan,”Bahwa ia telah lulus pegawai negeri.”
12. Di bawah ini merupakan parafrasa karya sastra, kecuali...
a. puisi menjadi prosa
b. prosa menjadi puisi
c. drama menjadi prosa
d. prosa menjadi drama
e. puisi menjadi drama

13. Perubahan puisi ke prosa harus memerhatikan .....

a. tema puisi
b. persajakan
c. simbol dan majas yang dipakai
d. tipografi
e. pilihan kata atau susunan kalimatnya
14. Buku-buku itu dijualnya ke tukang loak. Perubahan pola kalimat yang tidak mengubah makna, kecuali...
a. Ke tukang loak ia menjual buku-buku itu.
b. Dijualnya ke tukang loak buku-buku itu.
c. Dijualnya buku-buku itu ke tukang loak.
d. Tukang loak dijualnya ke buku-buku itu.
e. Buku-buku itu ke tukang loak dijualnya.
15. Parafrasa wacana harus memerhatikan hal防al di bawah ini, kecuali...
a. mempertahankan ide pokok
b. membuang atau mengabaikan penjelasan tambahan
c. mengabaikan segala bentuk ilustrasi
d. menggunakan simbol dan ungkapan
e. menyajikan kembali dalam bentuk ringkas
16.Karena bermasalah perusahaan itu tidak dapat melanjutkan produksinya dan mulai mengadakan pengurangan pegawai sebelum akhirnya pailit.
Kalimat di atas dapat diparafrasakan dengan menggunakan ungkapan ....
a. naik daun b. gulung tikar c. naik pitam e. unjuk gigi
17. ubhan selalu menolong temannya di saat sekolah dulu. Setelah lulus SLTA, mereka sama-sama masuk ke perguruan tinggi yang sama. Namun, saat menjadi mahasiswa, temannya tak pernah lagi mau bertegur sapa bahkan seperti tak mengenal Subhan. Uraian di atas dapat dipersingkat dengan menggunakan ungkapan ....
a. air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga b. Subhan makan kulit kacang
c. habis manis sepah dibuang d. siapa menabur angin ia menuai badai e. bagai anjing dengan kucing
18. Ketika tahu usahanya gagal untuk menjadi staf akunting di perusahaan itu, Nani membuang semua buku sekolahnya dulu, bahkan ijazahnya di buang ke tong sampah. Tapi, ayahnya mengatakan kalau Nani tidak boleh ... harus .... Ungkapan yang tepat untuk pengisi titik-titik adalah ....
a. putus asa dan patah arang b. kerja keras dan gali lubang c.putus asa dan sambung nyawa
d. putus asa dan patah semangat e. gelap mata dan kerja keras
19. Mengalihkan naskah drama ke dalam bentuk prosa, yakni prosa berbentuk...
a. argumentasi b. deskripsi c.novel d. cerpen e. rangkuman
20. Parafrasa sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam hal di bawah ini, kecuali...
a. menceritakan kembali film yang ditonton b. memberikan pesan berantai
c. meringkas buku d. menceritakan berita yang didengar e. mengarang cerpen


II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar!
1. Jelaskan yang dimaksud parafrasa!
2. Bentuk-bentuk bahasa apa saja yang dapat diparafrasakan?
3. Bagaimana proses parafrasa pada tataran kata dan kalimat?
4. Jelaskan kegunaan parafrasa pada karya sastra!
5. Ubahlah kalimat langsung di bawah ini menjadi kalimat tidak langsung!
a. “Mohon buatkan laporan survei lokasi proyek 2,” pinta direktur kepada sekretarisnya.
b. “Hari ini aku diterima kerja di PT. Subur Makmur,” kata Refan kepada Andi.
6. Ubahlah kalimat tidak langsung di bawah ini menjadi kalimat langsung!
a. Pak guru mengatakan bahwa ujian praktik akan dilaksanakan minggu depan.
b. Mirna meminta temannya agar segera mengembalikan buku Bahasa Indonesianya.
7. Ubahlah kalimat aktif di bawah ini menjadi kalimat pasif!
a. Muslimah sedang membuka internet di ruang komputer.
b. Pembina Osis memerintahkan Umar agar mengadakan rapat tahunan Osis.
8. Carilah kata yang sepadan dari kata-kata berikut ini:
a. teliti c. menyuguhkan
b. memperbaiki d. mengelola
9. Ubahlah kalimat panjang ini dengan sebuah kalimat singkat dengan menggunakan ungkapan yang sama artinya.
a. Setelah seminggu disibukkan oleh pekerjaan Usman seorang pegawai teladan ingin mencari hiburan untuk sekadar meregangkan otot matanya setelah selalu menatap monitor hampir seharian. Ia pun pergi ke taman bunga.
b. Dengan gigihnya Pak Arman berjualan es setiap harinya. Semua ini dilakukannya untuk menghidupi keluarga dan membiayai anak putrinya yang sekolah di SMK. Hanya ialah satu-satunya yang diharapkan oleh keluarganya.
10. Sebutkan hal yang paling penting dilakukan untuk membuat parafrasa wacana!

UJI KOMPETENSI (BAB 11)

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini !
1. Di bawah ini kalimat tanya yang berpola SP → PS adalah
a. Sudah tidurkah ia? b. Apa yang Bapak cari saat ini? c. Berapa korban yang selamat dalam kecelakaan itu?
d. Kamu ada acara hari ini? e. Ke mana dia akan pergi?
2. Mestikah aku memaafkan kesalahan Dina? Kalimat
yang sepadan dengan kalimat di atas adalah
a. Sudah jam berapa sekarang? b. Ke manakah ia akan pergi? c. Kapankah Lina akan datang?
d. Perlukah ia dengan fasilitas itu? e. Siapakah pejuang wanita dari tanah Jawa?
3. Kalimat tanya retoris di bawah ini adalah
a. Makanan siapa ini? b. Apa yang Bapak cari saat ini? c. Beberapa korban yang selamat dalam kecelakaan itu?
d. Kamu ada acara hari ini? e. Ke mana lagi kita bertanya jika tidak pada diri sendiri?
4. Yang merupakan kata tanya menunjukan waktu adalah
a. kapan b. apaan c. Ngapain d. Kenapa e. apa-apaan
5. Kata tanya ragam standar di bawah ini, kecuali
a. berapa b. bagaimana c. di mana d. Siapa e. kenapa
6. Di bawah ini adalah kalimat tanya yang menanyakan waktu, kecuali
a. bilamana b. Kapankah c. Bukankah d. Bila e. bilakah
7. Kata tanya apa digunakan untuk tujuan berikut ini, kecuali
a. menanyakan kepunyaan b. mengukuhkan informasi yang telah diketahui c. menanyakan cara d. dipergunakan dalam kalimat tanya retoris e. menayakan nomina bukan manusia
>8. Kalimat tanya yang bermaksud untuk menggali informasi ialah
a. Bagaimana cara berwirausaha supaya berhasil? b. Maukah kaumenerima bantuanku?
c. Untuk apa kita hidup bila sia-sia? d. Benarkah apa yang dikatakan Julian? e. Sudilah para hadirin berdiri.
9. Kalimat tersamar di bawah ini adalah
a. Apa kata orang nanti? b. Di mana ia kuliah sekarang? c. Bolehkah saya menolong kamu?
d. Berapa lama ia menunggu saya di sini? e. Apakah kautinggal di daerah sini?
10. Kata tanya apakah yang digunakan untuk menanyakan sebab atau alasan?
a. siapa b. Kapan c. di mana d. Mengapa e. apa
11. Di bawah ini kalimat tanya yang tak perlu dijawab ialah
a. Apa penyebab kecelakaan itu? b. Apakah Doni kuliah hari ini? c. Siapa yang akan piket hari ini? d. Haruskah aku bersujud di hadapanmu? e. Yang mana rumahmu?
12. Di bawah ini contoh kalimat tanya klarifikasi ialah
a. Apa benar kamu yang memasak sayur ini? b. Apakah yang sedang kaulakukan? c. Mau pergi ke mana, Bu? d. Bagaimana kautahu alamat rumahku? e. Bolehkah saya minta tanda tanganmu?
13 Kalimat tanya retoris yang bertujuan memberi semangat ialah
a. Apakah kita akan diam saja melihat rakyat kelaparan? b. Perbuatan siapa ini?
c. Mengapa semua tidak bersemangat hari ini? d. Apa salahnya jika kamu menerima maafnya?
e. Haruskah kumati karenamu?
14. Kalimat tanya yang hanya memerlukan jawaban singkat seperti ya, tidak, belum, bukan disebut kalimat tanya
a. memerintah b. menggali informasi c. retorik d. konfirmasi e. tersamar
15. Kalimat tanya yang bermaksud menyuruh di bawah ini adalah
a. Hari ini giliran kamu yang piket, kan? b. Ke manakah perginya orang gila itu?
c. Siapa yang menabur angin ia yang akan menuai badai? d. Dari mana api itu berasal?
e. Di mana saja kauselama ini?
16. Kalimat tanya yang berkesan menyindir adalah
a. Mana berani kamu melawan pria itu? b. Bukankah itu Mia anak pak lurah?
c. Siapa yang bernama Tuti di kelas ini? d. Bolehkah saya mencicipi kue buatanmu itu?
e. Mobil mana yang kausuka?
17. Kalimat tanya retorik sering diucapkan orang pada situasi
a. dialog b. diskusi c. pidato d. percakapan e. wawancara
18. ... yang berkenan membantu mencari cincinku yang hilang? Kata tanya yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah
a. bagaimana b. apa c. siapa d. Adakah e. kapan
19. ... kamu datang ke rumahku? Kata tanya yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah
a. bagaimana b. apa c. siapa d. adakah e. kapan
20. i bawah ini adalah tujuan kalimat tanya tersamar, kecuali
a. mengajak b. Meminta c. menanyakan waktu d. Menyuruh e. merayu

II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar!
1. Sebutkan macam-macam kalimat tanya!
2. Sebutkan ciri-ciri kalimat tanya!
3. Berikanlah 2 buah contoh kalimat tanya retoris!
4. Buatkanlah 2 buah contoh kalimat tanya konfirmasi!
5. Buatlah kalimat tanya retoris yang bertujuan memberi semangat!
6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kalimat tanya tersamar!
7. Buatlah kalimat tanya yang tujuannya mengajak!
8. Buatlah kalimat tanya yang bertujuan merayu!
9. Buatlah kalimat tanya yang bertujuan untuk menyuruh!
10. ebutkanlah kata tanya nonformal yang sering dipergunakan dalam masyarakat kita!

UJI KOMPETENSI(BAB 10)



I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini
1. Hal-hal yang perlu dipikirkan dalam merencanakan membuat karangan ialah di bawah ini kecuali
a. topik b. tema c. paragraf d. judul e. pikiran pokok
2. Yang menjadi dasar pijakan sebuah karangan disebut
a. topik
b. tema
c. paragraf
d. judul
e. pikiran pokok
3. Secara alamiah, penderita anemia tidak hanya memerlukan zat besi, tetapi juga vitamin dan mineral. Disarankan bagi para penderita anemia berat, untuk mengonsumsi tablet tambah darah atau preparat besi dua kapsul sehari selama dua bulan. Anemia ringan disarankan satu kapsul sehari selama 3_4 bulan. Penderita anemia yang mengonsumsi zat besi selama 2-3 hari biasanya sudah pulih kembali.
Gagasan utama paragraf tersebut ialah
a. zat yang diperlukan penderita anemia
b. saran bagi penderita anemia berat
c. saran bagi penderita anemia ringan
d. suplemen zat besi bagi penderita anemia
e. cadangan zat besi di dalam tubuh dengan suplemen
4. Bangsa Indonesia memiliki banyak pahlawan baik pria maupun wanita. Pahlawan-pahlawan ini tersebar di seluruh pelosok tanah air banyak di antaranya yang tidak dikenal. Seorang pahlawan wanita yang sering disebut namanya ialah Cut Nyak Dien. Pahlawan ini berasal dari Aceh, daerah yang juga dikenal dengan sebutan Serambi Mekah.
Gagasan utama paragraf di atas adalah
a. Indonesia memiliki banyak pahlawan
b. Pahlawan Indonesia tersebar di seluruh tanah air
c. Banyak pahlawan Indonesia yang tidak dikenal
d. Cut Nyak Dien adalah pahlawan wanita dari Aceh
e. Cut Nyak Dien salah satu pahlawan wanita yang dikenal
5. Fotosintesis adalah proses penyusunan (sintetis) senyawa organik dari senyawa anorganik dengan menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energinya.
Judul karya tulis yang paling tepat untuk permasalahan di atas adalah
a. Proses Fotosintetis pada Tumbuh-tumbuhan
b. Fotosintetis pada Tumbuh-tumbuhan
c. Fotosintetis dan Energi Matahari
d. Matahari Sumber Energi Matahari
e. Senyawa Organik dan Anorganik
6. Ngilu paling sakit dari semua luka. Aku pernah luka tersayat. Luka terjatuh. Luka terbakar. Paru-paruku pernah bolong. Ginjalku disengat batu. Tapi tak sesakit seperti dioperasi ambeien ini. Kemudian sesudah itu, cobaan baru datang kembali. Istriku tercinta berpulang ke Rahmatullah. Itu bulan Oktober pada tahun yang sama. Sakitnya, kini menyeluruh. Aku tak bisa sebutkan yang mana: Jiwaku benar yang ditikamnya, Mama. Ngilunya tak kenal waktu. Ngilu berkepanjangan. Ngilu tak berkeputusan. Ngilu tak berkesudahan.
Tema yang sesuai dengan penggalan cerpen, “Operasi” karya Syahril Latif tersebut adalah
a. Kita semua harus selalu berdoa dan berusaha.
b. Ketabahan seseorang dalam menghadapi kehidupan.
c. Kehidupan di dunia ini harus dihadapi.
d. Pahit manisnya kehidupan pasti dialami oleh setiap manusia.
e. Jangan suka mengeluh bila menghadapi pahit getirnya kehidupan.
7. (1) Kehidupann bisnis selalu berubah dan bergerak maju seiring dengan lajunya pembangunan perekonomian. (2) Akibat meningkatnya perekonomian Indonesia yang sangat cepat, muncul para pesaing baru yang turut meramaikan percaturan bisnis. (3) Hal tersebut menimbulkan persaingan yang sangat ketat. (4) Dengan demikian diperlukan kemampuan yang andal untuk dapat menangani dan mengendalikan manajemen secara tepat, baik dalam aspek pemasaran, produksi, personalia, maupun keuangan.
Gagasan utama paragraf tersebut terdapat pada
a. kalimat (1)
b. kalimat (3)
c. kalimat (5)
d. kalimat (2)
e. kalimat (4)
8. Penulisan judul karangan yang benar adalah
a. Belajar Mengemukakan Pendapat
b. Pantang Untuk surut Ke Belakang
c. Bermula Dari Sebuah Surau
d. Tema Religius Dalam Sastra
e. Belajar Dari Kehidupan semut

9. Keselamatan dan kesehatan kerja adalah dua perkataan yang senantiasa menunjuk pada masalah-masalah manusia. Apabila kita ingat salah satu sila dari asas tunggal Pancasila, perikemanusiaan selalu menyangkut keadilan dan peradaban. Karena itu, apa pun yang berhubungan dengan masalah manusia memang membawa kita pada penataan universal. Manusia hidup untuk mendapat keselamatan diri yaitu ingin terlindung dalam keadaan sehat walafiat...
Tema wacana di atas adalah
a. keselamatan dan kesehatan kerja bagi manusia
b. perikemanusiaan dan kesehatan kerja bagi manusia
c. masalah manusia membawa kita pada peralatan utama
d. masalah manusia ditempatkan pada skala prioritas utama
e. manusia hidup untuk mendapatkan keselamatan diri.
10. Harga Kapal Ikan Buatan Dalam Negeri Lebih Mahal Dari Impor. Tulisan judul berita di atas akan menjadi benar apabila
a. Kata Dalam ditulis dalam
b. Kata Dari ditulis menjadi dari
c. Kata Dalam dan dari diubah menjadi dalam dan daripada
d. Kata Impor diubah menjadi Import
e. Kata Lebih diubah menjadi lebih
11. Sepanjang sejarah perkembangan pendidikan di Indonesia, pembudayaan aspek budi pekerti pada siswa menduduki tempat yang penting, bahkan lebih penting daripada penguasaan disiplin keilmuan. Pendidikan agama, PPKN, dan Bahasa Indonesia, mendapatkan tempat yang diprioritaskan, Ketiga mata pelajaran itu dianggap paling strategis menanamkan aspek budi pekerti dan moral para peserta didik. Semua itu merupakan upaya untuk mencegah tindakan asusila di kalangan peserta didik. Namun fakta berbicara lain. Di Masyarakat banyak terjadi perbuatan yang tidak mencerminkan nilai-nilai budi perkerti. Ironisnya, pelaku tindakan itu sebagian adalah para siswa, bahkan tawuran antar pelajar seolah-olah menjadi budaya.
Gagasan utama penggalan Bab Pendahuluan karya tulis tersebut adalah
a. Meskipun di sekolah sudah ditanamkan aspek budi pekerti, masih terjadi perbuatan amoral yang dilakukan oleh pelajar.
b. Tawuran antarpelajar merupakan perbuatan amoral yang terjadi di masyarakat.
c. Untuk menanamkan nilai-nilai moral pada siswa, sekolah telah 207 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Semenjana Kelas X membudayakan aspek budi pekerti.
d. Pembudayaan aspek budi pekerti lebih diutamakan daripada penguasaan disiplin ilmu.
e. Pendidikan agama, PPKN, dan Bahasa Indonesia diprioritaskan karena dianggap paling strategis menanamkan nilai moral.
12. Sekarang ini tidak hanya rumah di pinggir jalan besar yang menderita semburan gas buangan knalpot, tetapi rumah-rumah di tepi jalan kompleks perumahan dan jalan lingkungan dalam kampung. Jalanjalan ini makin banyak dirambah sepeda motor ojek di samping mobil pribadi penghuni kampung itu.
Permasalahan di bawah dibicarakan dalam paragraf di atas, kecuali
a. Rumah-rumah di tepi jalan besar paling banyak mendapat semburan gas buangan knalpot.
b. Rumah-rumah di sekitar jalan kompleks perumahan mendapat semburan gas buangan knalpot.
c. Rumah-rumah di tepi jalan di lingkungan perkampungan juga mendapat semburan gas buangan knalpot.
d. Rumah-rumah di dalam perkampungan bebas dari semburan gas buangan knalpot.
e. Jalan-jalan di perkampungan sudah dirambah sepeda motor ojek dan kendaraan penghuni kampung itu sehingga banyak mendapat semburan gas buangan knalpot.
13. Terapi nonmedis seperti tak terbatas ragamnya, tak ubahnya fenomena alam itu sendiri yang tak jarang saling mengait satu sama lain. Salah satu contoh adalah penyembuhan atau terapi warna. Terapi ini berkait erat dengan aura tubuh (energi sinar yang melingkupi seluruh tubuh) Sebab, prinsip penyembuhan dengan warna ini menyeimbangkan kembali aura tubuh.
Ide utama paragraf di atas adalah
a. Penyembuhan nonmedis bermacam-macam.
b. Penyembuhan nonmedis menggunakan sinar.
c. Penyembuhan nonmedis merupakan sebuah fenomena alam.
d. Penyembuhan nonmedis tidak menggunakan warna.
e. Penyembuhan nonmedis bertujuan menyeimbangkan aura tubuh.
14. Buah ini mempunyai kadar lemak yang tinggi. Dapat mengakibatkan tubuh langsing menjadi gemuk. Sebab kegemukan membuat orang takut kebanyakan kolesterol dalam darah dan ini berisiko menimbulkan strok.
Kalimat utama yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas ialah
a. Kini buah itu didekati orang.
b. Beberapa tahun yang lalu, buah apokat dijauhi orang.
c. Buah apokat mengandung laurostearat 70%.
d. Lemak apokat sebagai pengganti lemak buah kelapa.
e. Buah ini merupakan sumber lemak nabati yang penting di daerah pegunungan.
15. Setiap pengunjung akan berdecak kagum bila melihat keindahan Gunung Rinjani. Di sana kita dapat melihat lembah dan ngarai yang berkelok-kelok bagaikan akar pohon beringin yang menancap erat di permukaan tanah. Dipayungi langit biru dan gumpalan-gumpalan awan, gunung itu tampak kokoh menghijau dengan puncak yang berpasir. Begitulah Gunung Rinjani menyuguhkan pemandangan alam indah.
Gagasan utama paragraf tersebut terungkap pada kalimat
a. pertama b. kedua c. ketiga d. keempat e. Pertama dan keempat
16. (1) Contoh paling sederhana yakni aplikasi microsoft word dan excel secara optimal akan memudahkan penyusunan karya ilmiah bagi kenaikan pangkat guru. (2) TI menjadi solusi baru sekaligus mitra guru dalam mengembangkan kariernya.(3) Namun kenyataannya, tidak sedikit guru yang takut atau merasa asing dengan komputer. (4). Sebagai kawan, TI tidak dapat digugurkan oleh kekuatan sistem kerja manual. (5) Padahal, benda ini sudah bukan asing lagi.
Agar menjadi paragraf yang padu susunan kalimatnya adalah
a. (1), (3), (4), (2), (5)
b. (1), (2), (3), (4), (5)
c. (4), (2), (1), (3), (5)
d. (5), (3), (2), (1), (4)
e. (1), (4), (3), (2), (5)
17. (1) Alasannya guru bukan karena kerjanya mencekoki otak anak hingga menjadi pandai. (2) Adidaya TI yang telah meruntuhkan batas-batas negara pada gilirannya akan menjadi lawan bagi karier guru. (3) Guru akan menempatkan dirinya dalam posisi tawar yang sangat tinggi. (4). Posisi lawan ini merupakan jawaban atas imbas peran guru sebagai pendidik. (5) Guru sebagai filter munculnya gejala penistaan nilainilai nasionalisme, paedagogis dan moral bangsa yang kemungkinan muncul memboncengi kemajuan TI.
Agar menjadi paragraf yang padu susunan kalimatnya adalah
a. (1), (3), (4), (2), (5)
b. (1), (2),( 3), (4), (5)
c. (4), (2), (1), (3), (5)
d. (2), (4), (1), (3), (5)
e. (1), (4), (3), (2), (5)
18. (1) Seseorang mungkin saja memiliki kecerdasan lebih dari satu. Kecerdasan yang beraneka ini mungkin saja dimiliki oleh seseorang. (2). Mungkin saja seorang siswa yang tidak mampu dalam pelajaran matematika memiliki kemampuan dalam seni musik atau dalam olahraga. (3). Karena itu, model pembelajaran saat ini harus memerhatikan aspek kecerdasan yang mungkin dimiliki seorang siswa. (4) Kecerdasan yang beraneka ini mungkin saja dimiliki oleh seseorang. (5) Namun pada akhirnya, untuk mengembangkan masing-masing kecerdasan tersebut membutuhkan prasarana-prasarana metode dan model pembelajaran yang efektif.
Agar menjadi paragraf yang padu, susunan kalimatnya adalah
a. (1), (4), (5), (3), (2)
b. (1), (2), (3), (4), (5)
c. (4), (2), (1), (3), (5)
d. (2), (4), (1), (3), (5)
e. (1), (4), (3), (2), (5)
19. Semasa Orde Baru, sektor pendidikan kurang mendapat perhatian serius dari penguasa. Sektor ini hanya mendapat sejumput dana dari anggaran negara yang berjumlah trilyunan rupiah. Pantas jika kualitas pendidikan Indonesia terpuruk. Walau diakui bahwa kualitas tersebut bukan melulu ditentukan oleh sejumlah dana.
Paragraf di atas termasuk paragraf
a. narasi
b. deskripsi
d. argumentasi
c. eksposisi
e. persuasi
20. Layanan internet memperlihatkan perkembangan yang pesat karena menawarkan keunggulan, antara lain: (1) komunikasi murah, (2) sumber informasi besar, (3) kesempatan besar untuk berusaha, (4).keterbukaan tanpa sensor, (5) jangkauan luas.
Paragraf di atas termasuk paragraf
a.narasi
b. deskripsi
c.eksposisi
d. argumentasi
e. persuasi


II. Jawablah soalsoal di bawah ini dengan tepat dan benar!
1. Jelaskan yang dimaksud dengan tema!

2. Apa saja hal yang harus dipertimbangkan saat membuat judul karangan?
3. Hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menulis karangan?
4. Buatlah sebuah paragraf narasi!
5. Buatlah sebuah paragraf deskripsi!
6. Buatlah sebuah paragraf eksposisi!
7. Buatlah sebuah paragraf argumentasi!
8. Buatlah sebuah paragraf persuasi!
9. Kembangkanlah topik berikut ini menjadi beberapa subtopik:
”Kenakalan Remaja di Perkotaan”.
10. Buatlah paragraf yang semuanya berisi kalimat pokok atau kalimat utama!

Uji Kompetensi 9.




I. Pilihlah Jawaban uang paling tepat

I. Pilihlah Jawaban uang paling tepat
1. Kelompok kata berikut ini yang bukan frasa adalah
a. rumah makan b. jagung rebus c. manggang ayam d. orang tua e. sekolah baru
2. Kata-kata berikut yang tidak termasuk kata benda adalah
a. pikiran b. Pendidikan c. Majalah d. Uraian e. nyalakan
3. Di bawah ini yang termasuk kata benda abstrak adalah
a. pikiran b. Lautan c. Majalah d. Tulisan e. nyalakan
4. Konfiks pe—an dalam kata penantian membentuk kata
a. benda b. Sifat c. Kerja d. Keterangan e. partikel
5. Konfiks ke—an dalam kata kebesaran membentuk kata
a. benda b. Sifat c. Kerja d. Keterangan e. partikel
6. Di bawah ini yang termasuk kata benda tak terbilang ialah
a. kantor b. Kampung c. Pohonan d. Udara e. orang
7. Di bawah ini yang termasuk kata benda kumpulan ialah
a. sekolah b. Abdullah c. Pengumuman d. Kebersihan e. asinan
8. Yang termasuk kata bilangan tingkat adalah
a. satu b. dua pertiga c. Lusin d. Keempat e. jutaan
9. Yang termasuk kata keterangan gabungan adalah
a. agaknya b. Supaya c. belum pernah d. sekali-sekali e. telur ayam
10. Di bawah ini kalimat yang menggunakan artikel bermakna netral adalah
a. Rumahnya di sebelah masjid Al-Furqon. b. Hakim memutuskan si terdakwa dengan hukuman lima tahun.
c. Makanannya sungguh lezat. d. Para ahli sedang membicarakan kedatangan komet Haley.
e. Kami mohon Sri Baginda berkenan memberikan restunya.
11. Semua barang-barangnya ia simpan di atas loteng rumahnya. Kata yang termasuk preposisi adalah
a. rumah b. barang-barang c. Loteng d. di atas e. simpan
12. Ayahnya seorang konglomerat yang terkenal dermawan ... suka membantu fakir miskin.
Kata hubung yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah
a. maka b. Agar c. Lagipula d. Sedangkan e. padahal
13. Fadilah selalu belajar menjelang ujian ... ia lulus dengan nilai memuaskan. Kata hubung yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah
a. maka b. Agar c. Lagipula d. Sedangkan e. padahal
14. Fachri menjadi anak yang pemurung ... ia gagal lulus ujian tahun ini. Kata hubung yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah
a. maka b. Agar c. Sejak d. Sedangkan e. supaya
15. Yang termasuk kata seru yang menyatakan keheranan di bawah ini adalah
a. hai b. Amboy c. Huh d. Syukurlah e. ayo
16. Yang termasuk frasa adverbial di bawah ini adalah
a. pagi-pagi b. tinggi sekali c. cukup cerdas d. lumayan enak e. dari rumah
17 Setelah tahap penulisan, langkah yang harus dilakukan adalah pengetikan, pengeditan, dan Kata yang memenuhi kesejajaran untuk pengisi bagian yang kurang adalah
a. menjual b. Diterbitkan c. Mencetak d. Pencetakan e. menerbitkan
18. Di bawah ini kalimat yang menggunakan kata kerja intransitif ialah
a. Dari tadi ia mondar-mandir saja di situ. b. Adik pingsan ketika melihat ondel-ondel.
c. Mereka sedang membaca buku di perpustakaan. d. Kulitnya mengeluarkan darah yang tak sedikit.
e. Toko itu menjual alat-alat olahraga.
19. Kalimat yang menggunakan kata kerja transitif adalah
a. Kami mandi-mandi di sungai itu. b. Kulihat si Atik sedang berdandan di kamarnya.
c. Pemerintah tengah menggalakkan usaha sektor ril. d. Sekolah ini memang keren.
e. Setelah kerja seharian, ia perlu istirahat.
20. Kalimat yang menggunakan kata keterangan deverbalisasi ialah
a. Ia memang terkenal budiman. b. Kekayaannya tak ada yang menandinginya.
c. Kupu-kupu itu sungguh elok. d. Ia terkejut melihat ayahnya datang.
e. Arif bersungguh-sungguh menangani pekerjaan ini.
II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar!
II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar!
1. Sebutkanlah penggolongan kelas kata secara umum!
2. Sebutkan ciri-ciri kata kerja!
3. Buatlah dua kalimat yang termasuk verba transitif dan verba intransitif!
4. Apa yang dimaksud dengan partikel? Beri contohnya!
5. Buatlah kalimat dengan menggunakan preposisi! Garis bawahi katanya!
6. Buatlah kalimat dengan menggunakan interjeksi sebanyak 4 buah!
7. Sebutkanlah ciri-ciri kata benda!
8. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata hubung perlawanan dan penegasan!
9. Buatlah kalimat dengan kata bilangan yang menyatakan kumpulan!
10. Apa yang dimaksud dengan kata sandang? Beri contoh kalimatnya 2 buah!

UJI KOMPETENSI(BAB 8)


Uji Kompwetensi BIn SMKN 10 MLG
)
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini!

1. Di bawah ini yang termasuk intonasi kalimat memberi tahu ialah....

a. pulang b.Pulang c. Pulang d. Pulang e. pulang.


2. Biasanya pengunaan kalimat dengan menggunakan tekanan karena.....

a. lawan bicara tidak mengerti maksudnya.

b. hanya sebuah ekspresi pembicara saja.

c. mementingkan kata-kata yang disingkat.

d. supaya bervariasi.

e. kata itu pokok kalimat.


3. Bentuk pengucapan kata atau kalimat dalam dialog drama banyak ditentukan oleh.....

a. irama b. Aksen c. Nalar d. Frasa e. jeda.


4. Yang disebut dengan tekanan dalam ilmu tata bunyi ialah.....

a. tempo b. Ritual c. Irama d. Aksen e. segmental.


5. Di bawah ini adalah hal-hal yang penting dalam kalimat untuk menunjukkan kata atau kelompok kata supaya mendapatkan perhatian dan pengertian khusus ialah.....

a. aksen, nalar.

b. tekanan, intonasi, dan nada.

c. frasa dan tekanan.


d. Jeda.

e. segmental.


6. Ciri intonasi dalam kalimat bertanya ialah....
a. pengucapan suku kata panjang dan menaik.

b. menaik di saat pengucapan suku kata terakhir.

c. menurun di saat pengucapan dengan tekanan akhir kata.

d. pengucapan suku awal dan akhir menaik.

e. pengucapan suku awal dan akhir menurun.


7. Penggambungan antara jeda, nada, dan tekanan ialah.....

a. tempo b. Ritme c. Irama d. Intonasi e. aksen.

8. Lafal Indonesia yang dipengaruhi bahasa daerah disebut.....

a. laras b. Dialek c. Ragam d. Warna e. kelas.

9. Kalimat yang mempunyai panjang pendeknya tekanan disebut.....

a. irama b. Tempo c. Aksen d. Irama e. intonasi.

10. Di bawah ini adalah kata lafal yang dipengaruhi dari daerah Betawi, kecuali.....

a. new unstuck say.

b. ape unstuck ape.

c. key mane unstuck key manna.

d. moor unstuck k Boor.

e. diary unstuck did sine.


11. Kate lafal yang dipengaruhi daerah Tapanuli adalah.....


a. berapa menjadi bara.


b. senang menjadi senang.


c. ingin menjadi pengen.


d. seperti menjadi kayaknya.


e. telur menjadi telor.


12. Unsur kata asing yang lafal dan ejaannya telah diserap di bawah ini, kecuali.....


a. apotek ---- apotik.


b. percentage ---- persentase.


c. ambulance ---- ambulans.


d. contingent ---- kontingen.


e. complex ----- kompleks..


13. Kata yang tidak sesuai dengan lafal baku dalam kalimat berikut ini, kecuali.....


a. Kita nonton pilem itu yuk!.

b. Ibu pergi ke pasar pagi kemaren..

c. Ke mane orang-orang pergi..

d. Tiap hari ia makan dengan nasi dan telor dadar........

e. Kami menyeberang sungai itu malam-malam..


14. Penanda tekanan pada kalimat di bawah ini yang benar adalah.....

a. Dia sudah pulang b. Siapa anak itu? c. Siapa bilang...? d. Angkat kayu itu! e. Ia lulus ujian..


15. Nenek senang sekali makan jengk l. Kata yang lafalnya sama dengan/ jengk l /, ialah.....


a. kacau b. Limau c. Tolong d. Loyo e. solo.


16. Kita break sebentar untuk mengatur strategi. Kata yang sepadan dengan kata break di atas adalah....


a. duduk b. Istirahat c. Stop d. Finis e. kompak.


17. Keberhasilan perusahaan terletak pada manajemen yang baik. Kata yang sepadan dengan kata manajemen adalah.....


a. organisasi b. Struktur c. Pengelolaan d. Keuangan e. etos kerja.


18. Ia berhasil mencapai sarjana karena ditunjang oleh ketekunan dan finansial yang mapan. Kata finansial berarti.....


a. organisasi b. Struktur c. Pengelolaan d. Keuangan e. etos kerja.


19. Unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam membaca puisi adalah berikut ini kecuali.....


a. suasana puisi b. pengulangan kata c. bagian sampiran d. Rima e.kata bermakna luas

20. Unsur serapan yang penulisan dan pelafalannya tidak berubah sesuai aslinya ialah....

a. coffe break b. shuttle cock c. dealer d. go public e. ratio.
II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar!

1. Bacalah surat pengumuman di atas!.


2. Sebutkan isi dari pengumuman di atas!.


3. Dari dan untuk siapakah surat pengumuman itu ditujukan?.


4. Tuliskan kata pengumuman dan pola intonasi atau tekanannya menurut kalian!.


5. Dalam pengumuman tersebut, sebutkan kata-kata apa sajakah yang mendapatkan aksen!.


6. Sebutkan beberapa hal yang termasuk aksen atau intonasi!.


7. Apa saja simbol yang menandakan jeda?.


8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan membaca indah!.


9. Sebutkan perbedaan antara membaca deklamasi dan membaca puisi!.


10. Simbol apa sajakah yang menandakan jeda?.


Selasa, 19 Februari 2013

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia SMK X.10


"MEMBUAT BERBAGAI TEKS TERTULIS DALAM KONTEKS BERMASYARAKAT"A. Perencanaan Membuat Karangan
1. Tema dan Topik Karangan
Sebelum melakukan penulisan, setiap orang pasti sudah memikirkan apa yang ingin ditulisnya. Tentu hal-hal yang akan ditulis berhubungan dengan segala yang telah diketahui. Jika hal tersebut merupakan hal yang baru, maka setidaknya ia akan mengaitkan hal yang ingin ditulis dan hal yang telah diketahuinya atau ia akan mengumpulkan bahan-bahan informasi yang berhubungan dengan sesuatu yang ingin ditulis.
Apa yang ingin ditulis sebelum seseorang menulis karangan merupakan sesuatu yang menjadi dasar atau pedoman dalam menulis atau mengembangkan karangannya. Sesuatu yang ingin ditulis itu merupakan sebuah ide atau gagasan yang merupakan pijakan dasar mengenai apa karangan tersebut. Hal yang menjadi dasar karangan itu disebut dengan tema. Tema memang merupakan unsur terpenting yang harus ada sebelum mengarang. Dalam banyak teori mengarang, menentukan tema karangan merupakan langkah pertama dalam merencanakan membuat karangan. Setelah menentukan hal yang ingin ditulis, langkah selanjutnya adalah memerinci tema karangan menjadi pokok-pokok pikiran yang lebih khusus. Pokok-pokok pikiran ini menjabarkan tema karangan. Pokok-pokok pikiran itu disebut dengan topik karangan atau gagasan pokok. Topiktopik ini disusun dan dirumuskan untuk masing-masing dikembangkan menjadi paragraf-paragraf. Topik yang masih umum dapat dijabarkan lebih terperinci lagi menjadi subtopik. Semua unsur itu disusun secara vertikal.
Susunan ini disebut dengan kerangka karangan.

2. Tujuan
Selain menetapkan tema dan menyusun topik karangan, penulis juga harus merumuskan tujuan. Tujuan karangan merupakan maksud penulis atau pengarang dalam mengarang. Tujuan dapat berkaitan dengan bentuk karangan yang akan dibuat. Banyak hal yang dapat dijadikan tujuan, misalnya tujuan memberi informasi kepada pembaca, bentuk karangannya bersifat ekspositoris. Tujuan menggugah dan menghimbau, karangannya dapat berjenis persuasi dan sebagainya.
Contoh tujuan pada karangan berbentuk narasi:
Tema : Kisah usaha seorang kakak untuk membelikan adiknya boneka dari hasil menyemir sepatu.
Tujuan : Menggugah simpati pembaca untuk ikut memikirkan betapa susahnya hidup orang tak mampu tapi tetap
menyayangi saudaranya.
Contoh tujuan pada karangan argumentasi:
Tema : Bahaya kecanduan rokok
Tujuan : Menggugah orang yang terbiasa merokok agar mengurangi kebiasaan merokok

3. Judul
Setiap tulisan atau karangan selalu mempunyai judul. Judul di dalam sebuah karangan merupakan unsur yang penting. Seringkali seorang ingin membaca sebuah karangan karena judulnya menarik. Oleh sebab itu, dalam menentukan judul, diusahakan judul karangan enak dibaca, mudah diucapkan, dan mudah diingat.
Judul sebuah karangan tidak perlu panjang. Judul yang terlalu panjang membuat pembaca sulit mengingatnya. Judul yang dibuat atau dipilih harus memiliki daya tarik untuk mendorong orang membaca karangan tersebut. Judul dapat berbentuk pertanyaan atau seruan, misalnya:
Sudah Sukseskah Anda?
Narkoba? No Way!
dan sebagainya
Penulisan judul harus sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Huruf awal setiap kata ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata depan atau kata tugas yang berada di tengah. Kata tugas yang berada di awal kalimat judul ditulis dengan huruf kapital.
Contoh hubungan antara tema, topik, tujuan, dan judul dalam perencanaan membuat karangan:
Tema : Perpustakaan sekolah
Topik : - Perpustakaan sekolah
Sebagai sumber belajar
Memanfaatkan perpustakaan sekolah
Perpustakaan sekolah sarana berkumpul
Judul :
Ngerumpi Positif di Perpus, yah !
Menggali Ilmu di Perpustakaan
Perpustakaan Solusi Cerdas
Tujuan : - Memotivasi siswa agar memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sarana menggali ilmu dan tempat
berkumpul sesama siswa.
B. Pola Pengembangan Karangan
Semua pokok pikiran yang telah ditulis sebagai penjabaran tema dan sesuai dengan tujuan penulisan disusun serta dirumuskan menjadi kerangka karangan. Penyusunan kerangka karangan bertujuan untuk mengorganisasi tiap gagasan pokok, mana yang lebih dahulu dibahas dan mana yang kemudian dan seterusnya.
Dengan susunan kerangka karangan, penulis juga dapat mengevaluasi pokok pikiran atau gagasan yang tidak perlu sehingga harus dihilangkan serta pokok pikiran yang tumpang tindih. Pokok pikiran yang telah disusun
harus saling berkaitan sesuai dengan tema yang ditetapkan.
Dari kerangka karangan, karangan dapat dikembangkan dengan sistematis. Setiap topik atau gagasan pokok yang ada dalam karangan dijabarkan menjadi paragraf. Di dalam paragraf, terdapat satu pokok pikiran yang tertuang menjadi kalimat utama. Kalimat utama dapat berada di awal paragraf, dapat juga di akhir bergantung pada pola pengembangan yang dipilih. Jika berada di awal, disebut paragraf deduktif, sedangkan jika berada di akhir, disebut paragraf induktif.
Perhatikan gambar berikut ini!

Contoh paragrafnya :
Arang aktif adalah sejenis arang yang diperoleh dari suatu pembakaran yang mempunyai sifat tidak larut dalam air. Arang ini dapat diperoleh dari pembakaran zat-zat tertentu, seperti ampas debu, tempurung kelapa, dan tongkol jagung. Jenis arang ini banyak digunakan dalam beberapa industri pangan atau nonpangan. Industri yang menggunakan arang aktif adalah industri kimia dan farmasi seperti pekerjaan memurnikan minyak, menghilangkan yang tidak murni, dan menguapkan zat yang tidak perlu.
kalimat utama

Contoh paragrafnya:
Dua anak kecil ditemukan tewas di pinggir jalan Jenderal Sudirman. Seminggu kemudian seorang anak wanita hilang ketika pulang dari sekolah. Sehari kemudian polisi menemukan bercak-bercak darah di kursi belakang mobil John. Polisi juga menemukan potret dua orang anak yang tewas di jalan Jenderal Sudirman di dalam kantung celana John. Dengan demikian, John adalah orang yang dapat dimintai pertanggungjawaban tentang
hilangnya tiga anak itu.

Kalimat utama juga bisa berada di awal dan di akhir. Biasanya kalimat utama di akhirnya hanya bersifat penegasan kembali apa yang telah tertuang di awal paragraf.
Perhatikan contoh berikut:

Contoh paragrafnya:
Pemerintah menyadari bahwa rakyat Indonesia memerlukan rumah murah, sehat, dan kuat. Departemen PU sudah lama menyelidiki bahan rumah yang murah, tetapi kuat. Agaknya bahan perlit yang diperoleh dari batu-batuan gunung berapi sangat menarik perhatian para ahli. Bahan ini tahan api dan tahan air. Lagi pula, bahan perlit dapat dicetak menurut keinginan seseorang. Usaha ini menunjukkan bahwa pemerintah berusaha membangun rumah murah, sehat dan kuat untuk memenuhi keperluan rakyat.
Paragraf juga ada yang berisi kalimat utama seluruhnya. Setiap kalimat merupakan pikiran pokok dan masing-masing berdiri sendiri. Namun, paragraf seperti itu jarang ditemui. Paragraf seperti ini biasanya terdapat pada karangan narasi.

Contoh paragrafnya:

Pagi hari aku duduk di bangku panjang dalam taman di belakang rumah. Matahari belum tinggi benar, baru sepenggalah. Sinar matahari pagi menghangatkan badan. Di depanku bermekaran bunga beraneka warna. Kuhirup hawa pagi yang segar sepuas-puasku.Di dalam paragraf, terdapat satu pokok pikiran atau gagasan utama. Yang lainnya adalah kalimat-kalimat penjelas yang menjelaskan kalimat utama. Kalimat penjelas merupakan penjabaran dari subtopik atau pikiranpikiran penjelas. Sebelum membuat paragraf, sebaiknya dibuat dahulu kerangka paragraf.
Perhatikan contoh kerangka paragraf berikut ini!
C. Menulis Berbagai Jenis Cerita
1. Karangan narasi atau cerita
Karangan narasi adalah karangan yang berusaha menciptakan, mengisahkan, merangkaikan tindak-tanduk perbuatan manusia dalam sebuah peristiwa secara kronologis atau yang berlangsung dalam satu kesatuan waktu.
Dalam membuat karangan jenis narasi, yang perlu diperhatikan adalah:
(1). mampu membuat ide cerita yang baru
(2) dapat menerapkan penokohan yang tepat
(3). dapat mengutarakan gaya cerita yang baik
(4). dapat menggunakan gaya bahasa yang pas
Contoh :
Malam itu Ayah kelihatan benar-benar marah. Aku sama sekali dilarang berteman dengan Syairul. Bahkan, Ayah mengatakan bahwa aku akan diantar dan dijemput ke sekolah. Itu semua gara-gara Slamet yang telah memperkenal aku dengan Siti.

2. Karangan deskripsi atau penggambaran
Karangan deskripsi adalah karangan yang menggambarkan keadaan, bentuk, atau suasana tertentu, seperti benda, orang, tempat sesuai dengan objek yang sebenarnya.
Langkah-langkah dalam menyusun karangan deskripsi adalah:
(1). menentukan topik atau tema karangan
(2) menetapkan tujuan
(3) mengadakan pengamatan di lokasi
(4) mengumpulkan bahan
(5) membuat kerangka karangan
(6) mengembangkan kerangka (memulai proses penulisan)
Contoh :
Pasar Tanah Abang adalah sebuah pasar yang sempurna. Semua barang ada di sana. Di toko yang paling depan, berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. Di lantai dasar, terdapat toko kain yang lengkap dan berderetderet.
Di samping kanan pasar, terdapat warung-warung kecil penjual sayur dan bahan dapur. Di samping kiri ada pula berjenis-jenis buah-buahan. Pada bagian belakang, kita dapat menemukan berpuluh-puluh pedagang daging.

3.Karangan eksposisi atau pemaparan
Karangan eksposisi adalah karangan yang berisi pemaparan terhadap suatu konsep, gagasan, ide, dengan tujuan menguraikan, mengupas, menerangkan sesuatu yang akan menambah pengetahuan atau wawasan pembaca. Dalam karangan ini, sesuatu diuraikan secara terperinci terkadang dengan penambahan bentuk-bentuk visual seperti grafik, bagan, atau denah.
Langkah-langkah dalam menyusun karangan eksposisi adalah:
(1). menentukan topik paparan
(2). menentukan tujuan paparan
(3). membuat kerangka karangan
(4). mengembangkan kerangka karangan
Contoh :
Pasar Tanah Abang adalah pasar yang kompleks. Di lantai dasar terdapat sembilan puluh kios penjual kain dasar. Setiap hari rata-rata terjual tiga ratus meter untuk setiap kios. Dari data ini, dapat diperkirakan berapa besarnya uang yang masuk ke kas DKI dari Pasar Tanah Abang.

4. Karangan argumentasi
Karangan argumentasi adalah karangan yang berisi pendapat mengenai suatu hal yang disertai alasan-alasan yang logis dan sistematis serta penyajian bukti-bukti dengan tujuan memengaruhi pembaca untuk meyakini atau menyetujui pendapat tersebut. Karangan ini bersifat objektif.
Langkah-langkah dalam menyusun karangan argumentasi adalah:
(1). membuat topik terlebih dahulu
(2). menetapkan tujuan karangan
(3). melakukan observasi lapangan
(4). membuat kerangka karangan
(5). mengembangkan kerangka karangan
(6). membuat kesimpulan
Contoh :
Dua tahun terakhir, terhitung sejak Boeing B-737 milik maskapai
penerbangan Aloha Airlines celaka, isu pesawat tua mencuat ke permukaan. Ini dapat dimaklumi sebab pesawat yang badannya koyak sepanjang 4 meter itu sudah dioperasikan lebih dari 19 tahun. Oleh karena itu, adalah cukup beralasan jika orang menjadi cemas terbang dengan pesawat berusia tua. Di Indonesia, yang mengagetkan, lebih dari 60 persen pesawat yang beroperasi adalah pesawat tua.
5.Karangan Persuasi
Karangan persuasi adalah karangan yang berisi uraian mengenai sikap, pendapat, gagasan, dan perasaan yang bertujuan membuat pembaca percaya, yakin, dan terbujuk akan hal-hal yang diuraikan.
Langkah-langkah dalam pembuatan karangan persuasi adalah:
(1). menentukan topik atau tema persuasi
(2). menetapkan tujuan persuasi
(3). mengadakan pengamatan terhadap objek sasaran
(4). membuat kerangka karangan
(5). mengembangkan kerangka karangan
(6). membuat kesimpulan Contoh :
Sampah yang setiap harinya dibuang terdiri atas sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa-sisa makanan dan sampah basah yang dapat membusuk. Sampah anorganik ialah sebaliknya yang tak dapat membusuk seperti plastik, kaca, karet, kulit dan sebagainya. Jika setiap harinya sampah dibuang oleh setiap orang, dapat dibayangkan berapa puluh dan ribu ton akan terkumpul. Tidak semuanya dapat didaur ulang. Oleh sebab itu, kita dapat membantu memilah sampah, untuk mengurangi tumpukan sampah, yaitu dengan cara sampah yang organik dapat dikubur di dalam tanah ukuran 3 x 3 m. Kemudian sampah yang anorganik dapat diberikan kepada pemulung untuk didaur ulang. Dengan demikian, kita telah membantu mengurangi tumpukan sampah setiap harinya di pembuangan sampah akhir.