WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Sabtu, 25 Oktober 2014

Keberadaan Quipperschool Dalam Pembelajaran


Menghadapi abad ke-21, UNESCO melalui “The International Commission on Education 
for the Twenty First Century” merekomendasikan pendidikan yang berkelanjutan 
(seumur hidup) yang dilaksanakan berdasarkan empat pilar proses pembelajaran, yaitu: 

Learning to know (belajar untuk menguasai. pengetahuan)
Learning to do (belajar untuk menguasai keterampilan ), 
Learning to be (belajar untuk mengembangkan diri), dan 
Learning to live together (belajar untuk hidup bermasyarakat). 

Untuk dapat mewujudkan empat pilar pendidikan di era globalisasi informasi 
sekarangini, para guru sebagai agen pembelajaran perlu menguasai dan menerapkan 
TIK dalam pembelajaran di sekolah. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan  TIK ada lima 
pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: 
(1) dari pelatihan ke penampilan, 
(2) dari ruang kelas ke, di mana dan kapan saja, 
(3) dari kertas ke “on line” atau saluran, 
(4) dari fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, dan 
(5) dari waktu siklus ke waktu nyataKomunikasi sebagai media pendidikan  
dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer,
 internet, e-mail, dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya 
dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan 
media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung
 dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas 
dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. 
          Di sinilah peran guru untuk membuat kurikulumnya sendiri yang dapat membuat 
peserta didik beajar secara aktif.
Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau 
pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin popuper saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media TIK khususnya internet. 
Menurut Rosenberg (2001), e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet 
dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang belandaskan tiga kriteria 
yaitu: 

(1) e-learning  merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, 
menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi, 
(2) pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan 
teknologi internet yang standar,  (3) memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik 
paradigma pembelajaran tradisional.  

Sejalan dengan perkembangan  itu pembelajaran yang pelaksanaannya didukung 
oleh jasa teknologi seperti telepon, audio, video tape, transmisi satellite atau komputer 
(Soekartawi, Haryono dan Librero, 2002).
Salah satu usaha mewuyjudkan e-learning yang efectif dan mudah mengakses 
serta serba lengkap adalah ‘ http;//quipperschool.com” yang telah menvasilitasi 
secara gratis para guru Indonesia yang ingin muridnya mudah belajar di mana 
saja tanpa terikat pada kelas dan guru di sekolah
Selain itu quipperschoolol, sangat berpotensi dalam pembelajaran di sekolah dapat 
juga memanfaatkannua dalam bentuk informasi/materi ajar dan tugas-tugas yang
 sudah disesuaikan dengan jenjang sekolah dan kurikulum 2013. 
/id/index.html  memungkinkan guru dan siswa dapat belajar menggunakan alat-alat 
laboratorium atau praktikum tidak di laboratorium secara fisik, tetapi dengan 
menggunakan 
media komputer. Perpustakaan elektronik (e-library) sekarang ini sudah menjangkau 
berbagai sumber buku yang tak terbatas untuk bisa diakses tanpa harus membeli buku/sumber 
belajar 
tersebut.
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari 
pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. 
Globalisasi juga membawa peran yang sangat penting dalam mengarahkan dunia 
pendidikan kita dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Sebenarnya, 
ada empat level pemanfaatan TIK untuk pendidikan menurut UNESCO, yaitu: 
Level 1: Emerging - baru menyadari pentingnya TIK untuk pendidikan; 
Level 2: Applying - baru mempelajari TIK (learning tom use ICT); 
Level 3: Integrating - belajar melalui dan atau meng-gunakan TIK (using ICT to learn);
 Level 4: Transforming - dimana TIK telah menjadi katalis efektifitas dan efisiensi 
pembelajaran serta reformasi pendidikan secara umum.
Salah satu bentuk produk TIK yang sedang “ngetrend” saat ini adalah internet  
yang berkembang pesat di penghujung abad 20 dan di ambang abad 21. 
            Kehadirannya   https://www.quipperschool.com/id/index.html telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat 
manusia khususnya guru dan murid dalam berbagai aspek dan dimensi. Internet 
merupakan salah satu instrumen dalam era globalisasi yang telah menjadikan dunia 
ini menjadi transparan dan terhubungkan dengan sangat mudah dan cepat tanpa 
mengenal batas-batas kewilayahan atau kebangsaan. 
Melalui internet setiap guru dan peserta didiknya  dapat mengakses ke dunia global 
untuk memperoleh informasi dalam berbagai bidang dan pada gilirannya akan memberikan 
pengaruh dalam keseluruhan perilakunya khususnya dalam dunia pembelajaran .  
Dalam kurun waktu yang amat cepat beberapa dasawarsa terakhir telah terjadi revolusi 
internet di berbagai negara serta penggunaannya dalam berbagai bidang kehidupan. 
Keberadaan internet pada masa kini sudah merupakan satu kebutuhan pokok manusia
 modern dalam menghadapi berbagai tantangan perkembangan global. Kondisi ini 
sudah tentu akan memberikan dampak terhadap corak dan pola-pola kehidupan 
umat manusia secara keseluruhan. 
             Dalam kaitan ini, https://www.quipperschool.com/id/index.htmll  dalam menghadapi tantangan global, gapat  meningkatkan 
kualitas dirinya untuk beradaptasi dengan tuntutan yang berkembang pembelajaran
 yang lebih effective dan fun. 
https://www.quipperschool.com/index.html  telah mengubah wajah pembelajaran yang  berbeda dengan proses 
pembelajaran tradisional yang ditandai dengan interaksi tatap muka antara
 guru dengan siswa baik di kelas maupun di luar kelas. 
                Di masa-masa mendatang, arus informasi akan makin meningkat 
melalui jaringan internet yang bersifat global di seluruh dunia dan menuntut
 siapapun untuk beradaptasi dengan kecenderungan itu kalau tidak mau 
ketinggalan jaman. 
       Dengan kondisi demikian, maka  pendidikan khususnya proses pembelajaran 
cepat atau lambat  tidak dapat terlepas dari keberadaan komputer dan internet 
sebagai alat bantu utama(Robin Paul Ajjelo, Rebooting: The Mind Starts at School).
Dalam tulisan tersebut dikemukakan bahwa ruang kelas di era millenium yang akan datang akan jauh berbeda dengan ruang kelas seperti sekarangini yaitu dalam bentuk quipperschool sebagai tempat anak-anak melakukanaktivitas pembelajaran  dengan pola belajar yang disebut “interactive learning” atau pembelajaran interaktif melalui
 komputer dan internet. Anak-anak berhadapan dengan komputer dan melakukan aktivitas pembelajaran secara interaktif melalui jaringan internet untuk memperoleh materi belajar dari berbagai sumber belajar. 
Anak akan melakukan kegiatan belajar yang sesuai dengan kondisi kemampuan 
individualnya sehingga anak yang lambat atau cepat akan memperoleh pelayanan
 pembelajaran yang sesuai dengan dirinya. Kurikulum dikembangkan sedemikian 
rupa dalam bentuk yang lebih kenyal atau lunak dan fleksibel sesuai dengan 
kondisi lingkungan dan kondisi anak sehingga memberikan peluang untuk 
terjadinya proses pembelajaran maju berkelanjutan baik dalam dimensi waktu 
maupun ruang dan materi.          Robin Paul Ajjelo juga mengemukakan secara ilustratif bahwa di masa-masa 
mendatang isi tas anak sekolah bukan lagi buku-buku dan alat tulis seperti 
sekarang ini,  akan tetapi berupa: 
(1) komputer notebook dengan akses internet tanpa kabel, yang bermuatan materi-materi belajar yang berupa bahan bacaan, materi untuk dilihat atau didengar, dan 
dilengkapi dengan kamera digital serta perekam suara, 
(2) Jam tangan yang dilengkapi dengan data pribadi, uang elektronik, kode sekuriti untuk
 masuk rumah, kalkulator, dsb. 
(3) Videophone bentuk saku dengan perangkat lunak, akses internet, permainan, musik,
 dan TV, 
(4) alat-alat musik, 
(5) alat olah raga, dan 
(6) bingkisan untuk makan siang.  
                  Hal itu menunjukkan bahwa segala kelengkapan anak sekolah di masa 
itu nanti  berupa  perlengkapan  yang  bernuansa  internet  sebagai  alat  bantu belajar. 
 semoga dengan waktu singkat quipper dan respon dari para guru dan siswa 
melalui kelas online dapat mewujkidkannya.
Namun yang masih menjadi masalah  di negeri kita yang kaya ini, dan terdiri 
dari berbagai pulau, hal di atas masih seperti mimpi karena struktur dan kultur s
erta SDM guru yang profesional belum merata dengan baik. 
Di berbagai kota besar seperti Jakarta misalnya, beberapa sekolah maju dan internasional telah mengaplikasikannya, tetapi buat sekolah-sekolah  di daerah, mungkin masih jauh panggang dari api dalam mengaplikasikan TIK.
Meskipun quipperschoolhttps://www.quipperschool.com/id/index.html   di  internet telah terbukti banyak menunjang proses pembelajaran 
anak secara lebih efektif dan produktif, namun di sisi lain masih banyak kelemahan 
dan kekurangan. 
Dari sisi kegairahan kadang-kadang  anak-anak  lebih bergairah dengan internetnya itu sendiri dibandingkan dengan materi yang dipelajari. Terkadang anak-anak lebih senang bermain games ketimbang materi yang diberikan oleh guru. Karena games sangat menarik peserta didik untuk rehat sejenak dari segala pembelajaran yang diterimanya di sekolah. Dapat juga terjadi proses pembelajaran yang terlalu bersifat individual sehingga mengurangi pembelajaran yang bersifat sosial. 
Akhirnya dalam coretan sederhana ini penulis sebagai pengguna akun di 
 https://www.quipperschool.com/id/index.html   agar  quipper  lebih  eksis  dan lebih  mantap dalam mengemas materi  ajar  dan  tugas-tugas  yang menantang  bagi para siswa di seluruh Indonesia.  dan juga adanya  kepedulian dari para pemimpin di lembaga-lembaga  pendidikan  di seluruh Indonesia untuk memotivasi siswa dan guru 
untuk  aktif  memanfaatkan kelas online tersebut dengan penuh semangat dan 
berkelanjutan. dan memang itulah pendapat penulis yang dapat memicu 
perjalanan quipperschool   yang   sudah  jelas  akan  meningkatkan  kualitas pendidikan di seluruh  Indonesia.

Kamis, 23 Oktober 2014

KEBERADAAN QUIPPERSCHOOL DALAM PEMELAJARAN


Menghadapi abad ke-21, UNESCO melalui “The International Commission on Education 
for the Twenty First Century” merekomendasikan pendidikan yang berkelanjutan 
(seumur hidup) yang dilaksanakan berdasarkan empat pilar proses pembelajaran, yaitu: 

Learning to know (belajar untuk menguasai. pengetahuan)
Learning to do (belajar untuk menguasai keterampilan ), 
Learning to be (belajar untuk mengembangkan diri), dan 
Learning to live together (belajar untuk hidup bermasyarakat). 

Untuk dapat mewujudkan empat pilar pendidikan di era globalisasi informasi 
sekarangini, para guru sebagai agen pembelajaran perlu menguasai dan menerapkan 
TIK dalam pembelajaran di sekolah. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan  TIK ada lima 
pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: 
(1) dari pelatihan ke penampilan, 
(2) dari ruang kelas ke, di mana dan kapan saja, 
(3) dari kertas ke “on line” atau saluran, 
(4) dari fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, dan 
(5) dari waktu siklus ke waktu nyataKomunikasi sebagai media pendidikan  
dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer,
 internet, e-mail, dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya 
dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan 
media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung
 dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas 
dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. 
          Di sinilah peran guru untuk membuat kurikulumnya sendiri yang dapat membuat 
peserta didik beajar secara aktif.
Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau 
pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin popuper saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media TIK khususnya internet. 
Menurut Rosenberg (2001), e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet 
dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang belandaskan tiga kriteria 
yaitu: 

(1) e-learning  merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, 
menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi, 
(2) pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan 
teknologi internet yang standar,  (3) memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik 
paradigma pembelajaran tradisional.  

Sejalan dengan perkembangan  itu pembelajaran yang pelaksanaannya didukung 
oleh jasa teknologi seperti telepon, audio, video tape, transmisi satellite atau komputer 
(Soekartawi, Haryono dan Librero, 2002).
Salah satu usaha mewuyjudkan e-learning yang efectif dan mudah mengakses 
serta serba lengkap adalah ‘ http;//quipperschool.com” yang telah menvasilitasi 
secara gratis para guru Indonesia yang ingin muridnya mudah belajar di mana 
saja tanpa terikat pada kelas dan guru di sekolah
Selain itu quipperschoolol, sangat berpotensi dalam pembelajaran di sekolah dapat 
juga memanfaatkannua dalam bentuk informasi/materi ajar dan tugas-tugas yang
 sudah disesuaikan dengan jenjang sekolah dan kurikulum 2013. 
Adanya https://www.quipperschool.com/id/index.html   memungkinkan  guru dan siswa dapat belajar menggunakan alat-alat 
laboratorium  atau  praktikum  tidak  di laboratorium  secara fisik, tetapi  dengan menggunakan media online.  Perpustakaan elektronik (e-library) sekarang ini sudah menjangkau berbagai
 sumber buku yang tak terbatas untuk bisa diakses tanpa harus membeli buku/sumber belajar 
tersebut.
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari 
pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Globalisasi juga membawa peran yang sangat penting dalam mengarahkan dunia pendidikan kita dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Sebenarnya, ada empat level pemanfaatan TIK untuk pendidikan menurut UNESCO, yaitu: 
Level 1: Emerging - baru menyadari pentingnya TIK untuk pendidikan; 
Level 2: Applying - baru mempelajari TIK (learning tom use ICT); 
Level 3: Integrating - belajar melalui dan atau meng-gunakan TIK (using ICT to learn); Level 4: Transforming - dimana TIK telah menjadi katalis efektifitas dan efisiensi pembelajaran serta reformasi pendidikan secara umum.
Salah satu bentuk produk TIK yang sedang “ngetrend” saat ini adalah internet  yang berkembang pesat di penghujung abad 20 dan di ambang abad 21. 
            Kehadirannya   https://www.quipperschool.com/id/index.html telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia khususnya guru dan murid dalam berbagai aspek dan dimensi. Internet merupakan salah satu instrumen dalam era globalisasi yang telah menjadikan dunia ini menjadi transparan dan terhubungkan dengan sangat mudah dan cepat tanpa mengenal batas-batas kewilayahan atau kebangsaan. 
Melalui internet setiap guru dan peserta didiknya  dapat mengakses ke dunia global untuk memperoleh informasi dalam berbagai bidang dan pada gilirannya akan memberikan pengaruh dalam keseluruhan perilakunya khususnya dalam dunia pembelajaran .  
Dalam kurun waktu yang amat cepat beberapa dasawarsa terakhir telah terjadi revolusi internet di berbagai negara serta penggunaannya dalam berbagai bidang kehidupan. Keberadaan internet pada masa kini sudah merupakan satu kebutuhan pokok manusia modern dalam menghadapi berbagai tantangan perkembangan global. Kondisi ini sudah tentu akan memberikan dampak terhadap corak dan pola-pola kehidupan umat manusia secara keseluruhan. 
             Dalam kaitan ini, https://www.quipperschool.com/id/index.htmll  dalam menghadapi tantangan global, gapat  meningkatkan 
kualitas dirinya untuk beradaptasi dengan tuntutan yang berkembang pembelajaran
 yang lebih effective dan fun. 
https://www.quipperschool.com/index.html  telah mengubah wajah pembelajaran yang  berbeda dengan proses 
pembelajaran tradisional yang ditandai dengan interaksi tatap muka antara
 guru dengan siswa baik di kelas maupun di luar kelas. 
                Di masa-masa mendatang, arus informasi akan makin meningkat 
melalui jaringan internet yang bersifat global di seluruh dunia dan menuntut
 siapapun untuk beradaptasi dengan kecenderungan itu kalau tidak mau 
ketinggalan jaman. 
       Dengan kondisi demikian, maka  pendidikan khususnya proses pembelajaran 
cepat atau lambat  tidak dapat terlepas dari keberadaan komputer dan internet 
sebagai alat bantu utama(Robin Paul Ajjelo, Rebooting: The Mind Starts at School).
Dalam tulisan tersebut dikemukakan bahwa ruang kelas di era millenium 
yang akan datang akan jauh berbeda dengan ruang kelas seperti sekarang
 ini yaitu dalam bentuk quipperschool sebagai tempat anak-anak melakukan
 aktivitas pembelajaran  dengan pola belajar yang disebut “interactive learning
 atau pembelajaran interaktif melalui komputer dan internet. Anak-anak 
berhadapan dengan komputer dan melakukan aktivitas pembelajaran secara 
interaktif melalui jaringan internet untuk memperoleh materi belajar dari 
berbagai sumber belajar. 
Anak akan melakukan kegiatan belajar yang sesuai dengan kondisi kemampuan 
individualnya sehingga anak yang lambat atau cepat akan memperoleh pelayanan
 pembelajaran yang sesuai dengan dirinya. Kurikulum dikembangkan sedemikian 
rupa dalam bentuk yang lebih kenyal atau lunak dan fleksibel sesuai dengan 
kondisi lingkungan dan kondisi anak sehingga memberikan peluang untuk 
terjadinya proses pembelajaran maju berkelanjutan baik dalam dimensi waktu 
maupun ruang dan materi.          Robin Paul Ajjelo juga mengemukakan secara ilustratif bahwa di masa-masa 
mendatang isi tas anak sekolah bukan lagi buku-buku dan alat tulis seperti 
sekarang ini,  akan tetapi berupa: 
(1) komputer notebook dengan akses internet tanpa kabel, yang bermuatan materi-materi belajar yang berupa bahan bacaan, materi untuk dilihat atau didengar, dan 
dilengkapi dengan kamera digital serta perekam suara, 
(2) Jam tangan yang dilengkapi dengan data pribadi, uang elektronik, kode sekuriti untuk masuk rumah, kalkulator, dsb. 
(3) Videophone bentuk saku dengan perangkat lunak, akses internet, permainan, musik, dan TV, 
(4) alat-alat musik, 
(5) alat olah raga, dan 
(6) bingkisan untuk makan siang.  
                  Hal itu menunjukkan bahwa segala kelengkapan anak sekolah di masa 
itu nanti  berupa  perlengkapan  yang  bernuansa  internet  sebagai  alat  bantu belajar. 
 semoga dengan waktu singkat quipper dan respon dari para guru dan siswa 
melalui kelas online dapat mewujkidkannya.
Namun yang masih menjadi masalah  di negeri kita yang kaya ini, dan terdiri 
dari berbagai pulau, hal di atas masih seperti mimpi karena struktur dan kultur s
erta SDM guru yang profesional belum merata dengan baik. 
Di berbagai kota besar seperti Jakarta misalnya, beberapa sekolah maju dan 
internasional telah mengaplikasikannya, tetapi buat sekolah-sekolah di daerah, mungkin masih jauh panggang dari api dalam mengaplikasikan TIK.
Meskipun quipperschoolhttps://www.quipperschool.com/id/index.html  di  internet telah terbukti banyak menunjang proses pembelajaran 
anak secara lebih efektif dan produktif, namun di sisi lain masih banyak kelemahan 
dan kekurangan. 
Dari sisi kegairahan kadang-kadang anak-anak lebih bergairah dengan internetnya itu sendiri dibandingkan 
dengan materi yang dipelajari. Terkadang anak-anak lebih senang bermain 
games ketimbang materi yang diberikan oleh guru. Karena games sangat 
menarik peserta didik untuk rehat sejenak dari segala pembelajaran yang 
diterimanya di sekolah. Dapat juga terjadi proses pembelajaran yang terlalu 
bersifat individual sehingga mengurangi pembelajaran yang bersifat sosial. 
Akhirnya dalam coretan sederhana ini penulis sebagai pengguna akun di 
 https://www.quipperschool.com/id/index.html   agar  quipper  lebih  eksis  dan lebih  mantap dalam mengemas 
materi  ajar adan  tugas-tugas  yang menantang  bagi para siswa di seluruh  Indonesia. dan juga adanya kepedulian dari para pemimpin di lembaga-lembaga pendidikan di seluruh Indonesia untuk memotivasi siswa dan guru 
untuk aktif memanfaatkan kelas online tersebut dengan penuh semangat dan 
berkelanjutan. dan memang itulah pendapat penulis yang dapat memicu perjalanan 
quipperschool yang sudah jelas akan meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh
 Indonesia.