WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Minggu, 30 Juni 2013

Peningkatan Dua Puluh Empat Kompetensi Siswa Akhir Abad 21 Dalam Mengembangkan Keimanan

Peningkatan Dua Puluh Empat Kompetensi Siswa
Akhir Abad 21 Dalam MengModel Pendekatan Proses
Peningkatan Dua Puluh Empat Kompetensi Siswa
Akhir Abad 21 Dalam Mengembangkan Keimanan
   
No
Standar Kompetensi Lulusan
Indikator Operasional Pengembangan
Bidang Pengembangan
Kelas 10
Kelas 11
Kelas 12
1.           
Siswa memiliki keimanan, ketaqwaan, dan ahlak mulia
·   Mengikuti kegiatan keagamaan tingkat sekolah
·   Peringatan hari besar
·   Mengikuti kegiatan bakti sosial
·   Menjadi pengurus kegiatan keagamaan
·   Panitia hari besar keagamaan
·   Panitia kegiatan bakti sosial
·   Pemimpin kegiatan pengajian
·   Pengabdian sosial membantu orang fakir miskin.
·   Menjadi iman sholat
·   Kegiatan kesalehan sosial di sekolah
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   Melek baca Quran Iqro, hapal 5
·   Melek baca Quran:
·   Hapal 10 surat bacaan shalat
·   Melek baca Quran:hatam satu kali, hapal 20 surat.
·   kegiatan kelas.

·   Memulai kegiatan dengan ucapan basmalah
·   Menggunakan firman Allah sebagai dasar pekerjaan
·   Menerapkan prinsip-prinsip agama untuk belajar dan menguasai ilmu
·   Menerapkan  prinsip-prinsip agama dalam berinteraksi sosial
·   Menerapkan prinsip agama dalam interaksi belajar.
·   Menerapkan prinsip agama dalam menguasi ilmu dan keterampilan terbaik
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.

·   Mempelajari materi pelajaran sesuai KTSP
·   Berlomba yang terbaik di tingkat sekolah
·   Mengekspresikan hasil karya di kelas.
·   Mempelajari materi pelajaran sesuai KTSP
·   Berlomba yang terbaik di tingkat kabupaten
·   Mengekspresikan pikiran melalui majalah sekolah
·   Mempelajari materi pelajaran sesuai KTSP
·   Berlomba yang terbaik di tingkat provinsi /nasional
·   Mengekspresikan kopetensi melalui kegiatan antar sekolah atau melalui TIK
·   Mata pelajaran agama




2.           
Siswa memiliki karakter kebangsaan seperti bersikap jujur, tanggung jawab, dan selalu ingin tahu
·   Menamkan rasa percaya diri
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·    
·    
·    
·   kegiatan kelas.
·    
·    
·    
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama

3.           
Siswa memiliki sikap ramah sosial dan ramah lingkungan
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
4.           
Siswa berkarakter kepemimpinan berpengaruh
·   Melatih siswa menjadi pengur.
·   Tiap siswa bertugas menjadi petugas dalam upacara bendera
·   Menjadi pengurus OSIS dan organisasi lain
·   Ketua kelas ganti tiap minggu agar semua siswa berpengalaman jadi pemimpin.
·   Tiap siswa bertugas menjadi petugas dalam upacara bendera
·   Memimpin kolaborasi antar sekolah di dalam dan luar negeri
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.















·   Ketua kelas berganti tiap minggu agar semua siswa berpengalaman jadi pemimpin.
·   Ketua kelas berganti tiap minggu agar semua siswa berpengalaman jadi pemimpin.
·   Ketua kelas berganti tiap minggu agar semua siswa berpengalaman jadi pemimpin.
·   kegiatan kelas.
·   Membaharui peran ketua sekretaris, dan anggota kelompok diskusi secara berkala
·   Memberikan pelung kepada siswa menyajikan pikiran secara lisan dan tulisan
·   Membaharui peran ketua sekretaris, dan anggota kelompok diskusi secara berkala
·   Memberikan pelung kepada siswa menyajikan pikiran secara lisan dan tulisan
·   Membaharui peran ketua sekretaris, dan anggota kelompok diskusi secara berkala
·   Memberikan pelung kepada siswa menyajikan pikiran secara lisan dan tulisan
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Tiap berpengalaman menjadi penyaji hasil belajar.
·   Tiap berpengalaman menjadi penyaji hasil belajar.
·   Tiap berpengalaman menjadi penyaji hasil belajar.
·   Mata pelajaran
5.           
Siswa  menguasai ilmu pengetahuan sesuai standar KTSP yang diperkaya dengan  referensi taraf internasional
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
6.           
Siswa dapat melakukan kegiatan belajar tentang bagaimana seharusnya belajar
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
7.           
Siswa dapat mengakses dan menganalisis informasi
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
8.           
 Siswa dapat berinisiatif atau berwirausaha 
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
9.           
Siswa terampil membaca
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
10.        
Siswa terampil berkomunikasi lisan dalam berbahasa Indonesia
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
11.        
Siswa terampil berkomunikasi tertulis dalam bahasa Indonesia
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
12.        
Siswa terampil berkomunikasi lisan dalam bahasa Inggris/bahasa asing lain.
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
13.        
Siswa terampil berkomunikasi tertulis dalam bahasa Inggris/bahasa asing lain.
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
14.        
Siswa terampil menerapkan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan karya yang berguna dalam kehidupan.

·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
15.        
Siswa terampil bertanya dan menjawab

·    
·    
·    
·    
16.        
Siswa terampil berpikir kritis.
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
17.        
Siswa terampil memecahkan masalah
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
18.        
Siswa terampil berpikir ilmiah
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
19.        
Siswa terampil mensinergikan logika dengan  imajinasi dalam berkarya dan berkreasi.
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
20.        
Siswa terampil mmenggunakan  TIK sebagai sumber belajar dan media komunikasi
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
21.        
Siswa terampil menggunakan TIK sebagai media kolaborasi
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
22.        
Siswa terampil menggunakan TIK sebagai media berkreasi
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
23.        
Siswa terampil berkolaborasi dengan dukungan jaringan internet
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
24.        
Siswa terampil berkompetisi bidang akademik dan nonakademik
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
25.        
Siswa beradaptasi adaptasi dalam mengantisipasi perubahan
·    
·    
·    
·   kegiatan kesiswaan pada level sekolah.
·   kegiatan kelas.
·   Integrasi pada seluruh mata pelajaran.
·   Mata pelajaran agama
·    
 embangkan Keimanan