WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Selasa, 13 Agustus 2013

TEKS I(Kegiatan 1 Pemodelan Teks Laporan Hasil Observasi)

PELAJARAN IGemar  Meneroka Alam Semesta


Alam semesta adalah ciptaan tuhan yang maha esa yang diperuntukkan  bagi manusia agar dijaga dan dipelihara. Sebagai ciptaan tuhan, alam tidak boleh  dirusak oleh manusia, misalnya dengan menebang pepohonan sembarangan yang menyebabkan rusaknya keseimbangan lingkungan, seperti yang digambarkan dalam puisi tersebut. Di lingkungan alam, manusia hidup bersama-sama dengan makhluk hidup yang lain, yaitu binatang dan tumbuh-tumbuhan. Selain makhluk  hidup, di alam semesta juga terdapat benda mati, seperti batu dan air. Alam semesta juga diciptakan tuhan bagi manusia sebagai sarana untuk  memperoleh ilmu pengetahuan melalui pendidikan. Pada pelajaran ini, kalian  akan diajak gemar meneroka atau menelusuri alam semesta beserta isinya melalui teks    laporan. Teks laporan (yang dalam bahasa inggris disebut report) berisi penjabaran   umum mengenai sesuatu yang didasarkan pada hasil observasi.



Gambar 1.1 Alam semesta Sumber: http://upload.wikimedia.org

 Teks laporan juga disebut teks klasifikasi karena teks tersebut memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Setelah menyelesaikan pelajaran ini, kalian diharapkan dapat membangun teks laporan yang benar.
Teks laporan sering dianggap sama dengan teks deskripsi. Sebenarnya, teks laporan dan teks deskripsi berbeda. Perbedaan yang paling menonjol di antara keduanya terletak pada sifatnya, yaitu bahwa teks laporan bersifat global dan universal, sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual. Untuk melaporkan kehidupan harimau, misalnya, kalian dapat mulai dengan membuat klasifikasi jenis-jenis harimau, kemudian memaparkan bentuk fisik, ciri-ciri, habitat, dan kebiasaan hidup harimau itu.

Teks deskripsi menitikberatkan pada uraian bentuk, ciri-ciri, dan keadaan sesuatu yang dideskripsikan untuk tempat dan waktu tertentu. Sementara itu, teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis-jenis  sesuai dengan ciri-ciri setiap jenis pada umumnya. Selain itu, teks deskripsi berkaitan hanya dengan hubungan antara keseluruhan dan bagian-bagiannya, sedangkan teks laporan berkaitan dengan hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan sub-subkelas yang ada di dalamnya.
Selama pelajaran ini berlangsung, kalian diminta untuk melakanakan tugas tambahan membaca buku. Carilah buku yang berisi laporan tentang keindahan alam  Indonesia. Bacalah buku itu dan tuliskanlah hasil baca buku kalian.
  

Kegiatan 1  Pemodelan Teks Laporan Hasil Observasi

Pada kegiatan ini kalian diajak mencermati teks laporan dengan topik-topik yang berkaitan dengan alam, manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan. Untuk itu, beberapa teks pendek akan disajikan serta dianalisis menurut struktur teks dan ciri-ciri kebahasaannya.

Tugas 1  Membaca Teks "Makhluk di Bumi Ini"

Bacalah teks pendek yang berjudul “Makhluk di Bumi Ini” berikut. Sebelum membaca teks, kalian diskusikan terlebih dahulu tugas-tugas berikut ini dalam kelompok yang terdiri atas tiga sampai lima orang.
(1)  Amatilah benda-benda yang ada di sekitar kalian, baik benda hidup maupun benda mati. Apakah benda hidup     dan benda mati saling bergantung? Berilah penjelasan secara singkat!
(2)  Cobalah membuat pengelompokan benda-benda itu dan diskusikan dasar pengelompokan yang kalian gunakan!
(3)  Carilah kata-kata yang maknanya sama dengan kata mengelompokkan!
(4)  Binatang termasuk ke dalam kelompok apa?
(5)  Manusia termasuk ke dalam kelompok apa?
 (6)  Ada anggapan bahwa manusia adalah binatang yang dapat berpikir. Apakah maksud ungkapan tersebut      dan  mengapa ada anggapan demikian?

MAKHLUK DI BUMI INI


1  Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.

Gambar 1.2 Makhluk di bumi Sumber: Dokumentasi Kemdikbud

2.   Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang  kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut.
Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.

3.  Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan  sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan  binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga.
     Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.

4.  Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.
(Diadaptasi dari Learning English through General Science, 1984: 29)

Tugas 2  Membedah Struktur Teks Laporan

Kerjakan tugas-tugas berikut sesuai dengan petunjuk yang diberikan pada setiap nomor!
(1)  Marilah kita uraikan teks laporan yang berjudul “Makhluk di Bumi Ini” itu menurut struktur teksnya. Struktur teks    itu merupakan gambaran cara teks tersebut dibangun.
      Kalian dapat mengamati bahwa teks laporan disusun dengan struktur teks pernyataan umum atau klasifikasi diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan. Dalam menganalisis struktur teks, struktur itu biasanya ditulis dengan pernyataan umum atau klasifikasi^anggota atau aspek yang dilaporkan. Tanda “^” berarti 'diikuti oleh. Tanda itu menyatakan urutan tahap pada struktur teks.
     Tahap  pernyataan umum atau  klasifikasi merupakan semacam pembuka atau pengantar tentang hal yang akan dilaporkan. Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasi berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan. Perhatikan bahwa kriteria itu ternyata digunakan untuk membedakan kelas dan subkelas.
     Tugas kalian selanjutnya adalah membuat pembagian itu sampai sekecil-kecilnya. Misalnya, pada subkelas ikan, kalian dapat menambahkan jenis-jenis ikan yang kalian ketahui. Kemudian, kerjakan dengan cara yang sama untuk jenis ular. Begitu seterusnya.
Pernyataan umum atau klasifikasi
Benda di dunia  dapat dikelompokkan  atas  persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
Anggota/aspek yang dilaporkan

Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan  yang  kedua disebut makhluk mati. Benda hidup  mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda  hidup  juga  membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan,
dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
Anggota/aspek yang dilaporkan
Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan
sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan
makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga.
Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
Anggota/aspek yang dilaporkan
Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata mempunyai tulang belakang yang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak mempunyai tulang belakang yang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan

 (2) Setelah kalian mengetahui cara membuat teks laporan, isilah titik-titik pada diagram tentang kelas dan subkelas berikut ini.  Pada saat kalian mengisi titik-titik pada diagram berikut, kalian akan mengetahui bahwa terdapat beberapa subkelas yang dapat dibagi menjadi sub-subkelas yang lebih terperinci lagi. Selain itu, terdapat subkelas benda hidup yang belum  diperinci, yaitu tumbuh-tumbuhan.
Tambahkanlah sub-subkelas di bawah tumbuh-tumbuhan ke dalam diagram tersendiri!

Diagram 1.1 Klasifikasi benda

Subkelas apa yang masih dapat diperinci lagi?
Buatlah perincian itu pada kertas terpisah agar sub-subkelas yang lebih kecil dapat dimasukkan ke dalam diagram itu!  Untuk menguji kebenaran klasifikasi yang kalian buat, bandingkan hasil kerja kalian itu dengan klasifikasi dalam buku-buku biologi atau buku-buku ilmu pengetahuan yang lain. Pada buku-buku biologi, kelas-kelas yang berjenjang itu dinamai dengan istilah-istilah lain, yang secara hierarkis mengacu pada subkelas di bawah atau di atasnya. Istilah yang digunakan adalah keluarga, ordo, genus, dan spesies yang hierarkinya dapat dinyatakan seperti diagram berikut. Jenjang yang dimaksud ditunjukkan dengan tanda anak panah.


(3)  Frasa atau kelompok kata dibagi menjadi dalam kalimat Binatang dapat dibagi  menjadi vertebrata dan invertebrata merupakan kelompok verba atau frasa  verbal yang digunakan untuk membuat klasifikasi.
Carilah verba dan kelompok
Diagram 1.2 Hierarki benda hidup verba lain yang mengandung makna ‘membagi’ atau ‘mengelompokkan’, baik verba aktif maupun pasif.
 Kemudian, tulislah kalimat dengan menggunakan verba tersebut!
(a) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

(4)  Kata membagi dan mengelompokkan mengandung makna yang sama. Kata-kata yang berbeda, tetapi mempunyai makna yang sama disebut sinonim atau padan kata. Kata-kata berikut bersinonim dengan kata ‘mengelompokkan’, kecuali:
(a) mengklasifikasikan
(b) memisahkan
(c) memilah
(d) menggolongkan
(e) meliputi
(f) mencakup
(g) menjeniskan
(h) menyebutkan
  Di pihak lain, kata-kata yang mempunyai makna yang berlawanan disebut antonim atau lawan kata. Kata hidup berantonim dengan kata mati. Carilah antonim kata-kata berikut ini!
(a) persamaan    x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) bergerak    x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) keras     x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(d) tumbuh    x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(e) umum    x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(f) belakang     x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(g) kelompok     x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(h) sebagian     x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(i) panjang     x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(j) berubah     x ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

 (5)  Suatu jenis kata mungkin berubah menjadi jenis kata yang lain. Misalnya, verba mungkin berubah menjadi  nomina atau kelompok nomina. Sebagai contoh, membagi berubah menjadi pembagian. Kata dasar kedua kata tersebut adalah bagi. Perhatikan beberapa contoh pembentukan kata dari kata dasar menjadi kata-kata bentukan yang lain berikut ini. Selanjutnya, kerjakan sendiri sesuai dengan contoh-contoh tersebut dengan melengkapi titik- titik yang tersedia!
(6)  Identifikasilah konjungsi yang digunakan dalam teks laporan yang telah kalian pelajari tadi. Misalnya, konjungsi dan digunakan untuk menambahkan sifat-sifat untuk anggota kelas yang sama, seperti terlihat pada kalimat
(a). Sebaliknya, tetapi digunakan untuk menyatakan perbedaan antara anggota kelas yang satu dan anggota kelas yang lain, seperti terlihat pada kalimat (b).

Kata Dasar
Verba
Nomina
Bagi
membagi membagikan berbagi membagi-bagikan terbagi dibagi dibagikan
bagian pembagian

Golong
menggolongkan tergolong digolongkan
penggolong penggolongan
Pilah
Memilah
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Kelompok
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Jenis
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Besar
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Kecil
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Tumbuh
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Sama
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Berbeda
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Umum
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

(a)  Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
(b)  Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi tumbuh-tumbuhan hidup.
Lalu, untuk apakah konjungsi sementara itu, sedangkan, selanjutnya, dan lain-lain digunakan dalam teks laporan itu? Jelaskan dan carilah contoh untuk tiap-tiap konjungsi pada teks tersebut.
Perlu kalian tahu bahwa konjungsi yang sama yang ada di dalam teks laporan tidak digunakan dengan cara yang sama pada teks prosedur kompleks yang akan kalian eksplorasi lebih jauh pada Pelajaran 2.
Sekarang, buatlah kalimat dengan menggunakan konjungsi  dan,  tetapi, sementara itu, sedangkan, dan selanjutnya yang lazim ditemukan pada teks laporan.
(a) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

(7)  Keberadaan konjungsi pada sebuah kalimat dapat menyebabkan kalimat tersebut menjadi kompleks. Berdasarkan kompleksitasnya, kalimat dibedakan menjadi kalimat simpleks dan kalimat kompleks.   Kalimat simpleks ialah kalimat yang hanya terdiri atas satu struktur dengan satu verba utama, seperti terlihat pada contoh (a) dan (b), sedangkan kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri atas dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih, seperti terlihat pada contoh (c) dan (d).
(a)  Tumbuh-tumbuhan tergolong ke dalam makhluk hidup.
(b)  Tumbuh-tumbuhan [[yang ditanam di kebun itu]] tergolong ke dalam makhluk hidup.
(c)  Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
(d)  Tanaman kacang itu  akan  tumbuh subur apabila petaninya rajin menyiramnya.
Seperti yang terlihat pada contoh (a) dan (b), verba utama itu adalah tergolong. Verba ditanam, yang terletak pada bagian yang diletakkan di dalam tanda [[ ... ]], bukan verba utama. Pada dasarnya, bagian yang diletakkan di dalam tanda [[ ... ]] dapat dibuang dan hanya merupakan penjelas nomina yang ada di depannya.
Amatilah dengan cermat. Ternyata kalimat kompleks merupakan rangkaian dua kalimat atau lebih dengan konjungsi sebagai alat perangkainya. Pada contoh (c), konjungsi yang digunakan adalah dan, sedangkan pada contoh (d), konjungsi yang digunakan adalah apabila.
Setelah kalian mengetahui perbedaan antara kalimat simpleks dan kalimat kompleks, carilah contoh-contoh lain dari kedua jenis kalimat tersebut pada teks laporan yang berjudul “Makhluk di Bumi Ini” itu!
Kalimat simpleks yang terdapat dalam teks tersebut adalah sebagai berikut.
(a) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
             Kalimat kompleks yang terdapat dalam teks tersebut adalah sebagai berikut.:
(a) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

Tugas 3  Mengamati Teks Laporan yang Ideal

Bacalah teks pendek yang berjudul “Sistem Peredaran Darah Manusia” berikut ini. Teks ini dipilih untuk melaporkan ciri makhluk hidup yang terdapat pada manusia. Untuk itu, kerjakan tugas-tugas setelah teks! Sambil kalian membaca teks, amati apakah teks ini tergolong ke dalam laporan yang ideal. Bekerja samalah dengan teman-teman kalian dalam memutuskan apakah teks ini merupakan laporan yang ideal!

SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

1  Sistem peredaran darah manusia terdiri atas darah, pembuluh darah,  dan jantung. Semua itu dapat diperinci sebagai berikut.

2  Darah adalah cairan merah yang kental. Terdapat sekitar 3,5 liter darah pada rata-rata tubuh manusia dan dapat digolongkan menjadi  golongan A, B, O, dan AB.

3  Terdapat tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang lebar. Pembuluh darah jenis ini menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. Darah pada pembuluh arteri berwarna merah cerah dan mengandung oksigen. Pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang sempit. Pembuluh darah jenis ini memiliki dinding yang tipis dan tidak elastis. Adapun pembuluh darah kapiler adalah pembuluh darah yang sangat kecil.

4  Jantung adalah organ yang berbentuk seperti kerucut. Jantung terletak di tengah dada bagian dalam. Jantung merupakan organ yang tebal, berotot, dan mempunyai empat bilik. Rara-rata jantung mempunyai ukuran panjang kira-kira 13 cm, lebar 9 cm, dan tebal 6 cm. Berat jantung sekitar 300 gram
(Diadaptasikan dari Reading and Thinking in English, Vol. 1, 1986: 14).

(1)  Pernahkah kalian berpikir bahwa darah adalah unsur yang berperanan penting dalam tubuh manusia?
(2)  Apa hubungan antara darah dan jantung?
(3)  Dapatkah kalian menyebutkan nama-nama penyakit yang berhubungan dengan darah dan jantung?
 (4)  Dengan bantuan diagram, buatlah klasifikasi tentang sistem peredaran darah manusia!
(5)  Pada bagian berikut disajikan struktur teks laporan. Tulislah satu kalimat untuk setiap tahap, dan usahakan kalimat itu telah mencakupi semua isi pada tahap yang dimaksud!

Sistem Peredaran Darah Manusia


Pernyataan umum
atau klasifikasi
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Anggota/aspek yang Dilaporkan
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Anggota/aspek yang Dilaporkan
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Anggota/aspek yang Dilaporkan
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

 (6)  Dapatkah kalian menjelaskan bahwa ketiga hal yang merupakan unsur-unsur klasifikasi pada setiap tahap anggota/aspek  yang dilaporkan diperinci secara urut?

(7)  Jelaskan bahwa jumlah tahap anggota/aspek yang dilaporkan bergantung pada jumlah aspek yang akan diperinci, yang  pada akhirnya juga menentukan jumlah paragraf yang digunakan untuk mewadahi aspek-aspek tersebut.

(8)  Catatlah bahwa pada teks laporan tidak terdapat semacam penutup yang simpulan atau pandangan penulis teks terhadap pokok yang dikemukakan.
Penulis teks hanya melaporkan apa yang dilihat dan yang diketahui tentang sistem peredaran darah itu. Itulah sebabnya teks seperti ini disebut laporan hasil observasi atau laporan saja.

(9)  Cermati bahwa partisipan pada teks laporan adalah partisipan manusia atau benda umum, misalnya darah dan jantung.

(10)  Kalian telah mengetahui bahwa kelompok kata peredaran darah berhubungan secara berjenjang dengan darah, pembuluh darah, dan jantung. Hubungan itu adalah hubungan antara kelas dan subkelas. Carilah contoh lain yang menunjukkan hubungan seperti itu.
Berikut ini disajikan sebagian di antaranya.(a) Darah mempunyai subkelas sebagai berikut.
golongan A
... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
(b) Pembuluh darah mempunyai subkelas sebagai berikut.
  arteri
... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
(c) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

Tugas 4 Memahami Kalimat Definisi dalam Teks Laporan

Bacalah teks laporan tentang harimau berikut ini. Setelah kalian membaca teks  mengenai binatang ini, kerjakan tugas-tugas yang menyertainya sesuai dengan petunjuk yang diberikan!

HARIMAU


1           Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging.




Sumber: Dokumentasi Kemdikbud

2.   Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya.

3.  Harimau mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Harimau dapat hidup di hutan, padang rumput, dan daerah payau atau hutan bakau. Di Indonesia harimau dapat ditemukan di hutan dan hutan bakau di Pulau Sumatera dan Jawa. 

4  Harimau termasuk hewan penyendiri, tetapi mempunyai wilayah yang amat luas untuk berburu mangsa. Wilayahnya dapat mencapai kawasan perdesaan. Populasi harimau cenderung menurun karena sering diburu manusia. Oleh karena itu, harimau saat ini termasuk binatang yang dilindungi pemerintah agar tidak punah.

5  Harimau menjadi pusat perhatian dalam dunia sastra, seni, dan olahraga. Harimau sering dijadikan tokoh dalam cerita rakyat, objek untuk foto atau gambar, dan maskot dalam  olahraga. (Diadaptasikan dari berbagai sumber)
 (1)  Buatlah kalimat definisi, seperti yang kalian temukan pada tugas sebelumnya  Manusia adalah binatang yang dapat berpikir. Perhatikan bahwa dalam teks  laporan banyak ditemukan kalimat definisi. Jika perlu, bacalah teks "Harimau"   sekali lagi.   
Teks laporan tentang harimau tersebut dimulai dengan kalimat definisi tentang penggolongan atau klasifikasi. Kalimat definisi itu adalah sebagai berikut.
(a)  Mamalia adalah binatang yang menyusui.
(b)  “Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging.
 Kalimat (a) dan (b) itu dapat dirumuskan menjadi X = Y dengan keterangan  bahwa X adalah hewan atau benda yang didefinisikan, Y adalah definisinya, dan tanda sama dengan (=) adalah verba penghubung, seperti adalah, ialah, termasuk, digolongkan, terdiri atas, disebut, dan meliputi.
     Perlu digarisbawahi bahwa X dan Y berbobot  sama atau setidak-tidaknya sepadan.
     Perbandingan itu disajikan pada tabel berikut ini.
X
=
Y
Mamalia
Adalah
binatang yang menyusui
“Kucing besar” itu
Adalah
hewan pemangsa dan pemakan daging.







 Untuk menguji bahwa definisi itu benar, kalian dapat membalik kalimat itu.
Ubah susunan kalimat dalam tabel itu menjadi Y = X. Kadang-kadang dalam membalik kalimat itu, kalian harus membuat modifikasi seperlunya, misalnya dengan mengubah verbanya. Oleh karena itu, penjelasan dalam kurung pada hasil pembalikan berikut ini diperlukan.
(a)  Mamalia meliputi harimau. (Mamalia yang dimaksud itu  adalah harimau.)
(b)  Hewan pemangsa dan pemakan daging meliputi harimau. (Hewan pemangsa dan pemakan daging yang dibicarakan itu adalah harimau.)
           Apabila definisi itu tidak dapat dibalik, hal itu menunjukkan bahwa definisi itu tidak bagus atau unsur X dan Y tidak mempunyai bobot yang sama.  Pada teks laporan, definisi sering berkaitan dengan istilah teknis, yaitu istilah yang hanya digunakan secara khusus pada bidang tertentu. Sebagai contoh, mamalia adalah istilah teknis pada bidang biologi, inflasi adalah istilah teknis pada bidang ekonomi. Dengan demikian, pada bidang biologi mamalia dapat didefinisikan sebagai ‘binatang yang menyusui’. Pada bidang ekonomi, inflasi didefinisikan sebagai ‘keadaan bahwa terdapat lebih banyak barang daripada permintaan’.
Sekarang, buatlah definisi seperti contoh tersebut. Kalian bebas memilih kata atau istilah yang akan didefinisikan.
(a) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(d) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(e) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
 (2)  Tahukah kalian bahwa pada teks laporan terkandung pula unsur deskripsi?
Kalimat deskripsi adalah kalimat yang dapat berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan. Sifat-sifat itu, antara lain, berupa ukuran (besar-kecil, tinggi-rendah), warna (merah, kuning, biru), rasa (manis, pahit, getir, halus, kasar), atau sifat-sifat fisik yang lain.
  Pada teks laporan tersebut juga terdapat kalimat-kalimat yang berisi deskripsi tentang binatang. Contoh (c) berikut tidak diambil dari teks tersebut.
(a)  Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
(b)  Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam.
(c)  Kuda mempunyai ekor sepanjang satu meter.
Pola kalimat deskripsi hampir sama dengan pola kalimat definisi. Perbedaannya adalah kalimat deskripsi tidak dapat dibalik seperti kalimat definisi. Kalimat deskripsi berisi gambaran sifat-sifat yang dimiliki oleh benda yang dideskripsikan
Buatlah kalimat deskripsi yang lain!
(a) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(d) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(e) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

3)  Perhatikan bahwa pada teks laporan banyak terdapat gabungan kata yang induknya kata nomina dengan nomina atau kelompok nomina yang berciri khusus sebagai induknya. Kelompok nomina yang dimaksud berisi penjelas tentang jenis atau klasifikasi.

(a)  Harimau adalah hewan pemangsa dan pemakan daging.
(b)  Harimau dapat hidup di hutan, padang rumput, dan daerah payau atau hutan bakau.

Dapatkah kalian menjelaskan bahwa pemangsa, daging, rumput, payau, dan bakau berfungsi sebagai penjenis? Ingat, penjenis adalah kata yang menentukan jenis atau klasifikasi benda yang diikuti. Perhatikan tabel berikut ini yang di dalamnya terdapat contoh-contoh kelompok nomina yang lain.
Bandingkan kata-kata yang ada di kolom penjenis dengan kata-kata yang ada di dalam kolom pendeskripsi!

Benda
Penjenis
Pendeskripsi
hewan
pemangsa

Hewan

gemuk/kurus
Pemakan
Daging

Pemakan
Rumput

Pemakan

Rakus
Padang
Rumput

Padang

Luas
Daerah
Payau

Daerah

Gersang
Hutan
Bakau

Hutan
Jati

Buku

Berbahaya
buku
Tulis

buku
Biologi

buku
tipis/tebal

lingkungan
Petani

lingkungan

Bersih

Kata-kata di dalam kolom penjenis berfungsi berbeda dengan kata-kata di dalam kolom pendeskripsi meskipun keduanya merupakan kata-kata penjelas. Jadi, ada penjelas yang berperan mengklasifikasikan benda (penjenis) yang diikuti dan  ada penjelas yang berperan mendeskripsikan benda yang dimaksud pendeskripsi).Perhatikan contoh-contoh pada tabel tersebut. Ternyata gabungan benda dan kata penjenis pada kelompok nomina, misalnya pemakan rumput tidak bisa disisipi oleh kata apa pun. Kedua kata itu harus saling berdekatan. Sebaliknya, gabungan kata benda dan kata pendeskripsi dapat disisipi, misalnya dengan kata penyangat, seperti sangat atau terlalu dan kata pewatas seperti yang.Buatlah kalimat yang di dalamnya terdapat kelompok nomina dengan penjenis dan kelompok nomina dengan pendeskripsi.

Cocokkan pekerjaan kalian dengan contoh-contoh pada tabel di atas.
Kelompok nomina dengan penjenis:
(a) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(d) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(e) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Kelompok nomina dengan pendeskripsi:
(a) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(d) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(e) ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

4 komentar:

Unknown mengatakan...

kok nggak ada jawabannya , seharusnya ada dong kunci jawabannya

NURIL ANWAR mengatakan...

kalau kunci jawaban di ekspose di sini, maka tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan jawabannya, okay?

"MAKMUR SEJATI" mengatakan...

nterimakasih wahai guru yang berbaik hati membagikan materi ini saya yang akan kami amalkan untuk siswa kami juga semoga menjadi amal kita bersama.... jangan biarkan orang yang gak kerja minta kunci jawabannya

"MAKMUR SEJATI" mengatakan...

psu