WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Rabu, 28 Desember 2016

PendekatanDalam Penilaian

Pendekatan Dalam Penilaian
(Sekedar rangkuman referensi gurubahasa Indonesia}
Secara umum ada dua metode/acuan yang digunakan untuk melihat hasil belajar siswa yaitu penilaian acuan norma dan penilaian acuan patokan. Apabila kita melakukan pengukuran atau penilaian berarti kita membandingkan. Dalam penilaian pendidikan ada dua pendekatan yang
digunakan sebagai pembanding, yaitu penilaian acuan norma atau PAN (norm referenced evaluation) dan penilaian acuan patokan atau PAP (criterion refrenced evaluation).
a. Penilaian Acuan Patokan
Penilaian acuan patokan (Criterion Referenced Evaluation) yang dikenal pula dengan sebutan standar mutlak,berusaha menafsirkan hasil tes yang diperoleh siswa dengan membadingkannya   dengan patokan yang telah ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri diperolehbahkan sebelum kegiatan pengajaran dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu telah ditetapkan.
b. Penilaian Acuan Norma

Penilaian acuah norma/relatif disebut pula norma aktual atau nonna empiris. Norma relatif adalah suatu norma yang disusun secara relative berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalarn suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norrna relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.

Tidak ada komentar: