Kamis, 12 September 2013

Contoh Karangan Teks Laporan hasil Observasi

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah suatu tempat kegiatan pembelajaran masyarakat yang diarahkan pada pemberdayaan potensi masyarakat untuk menggerakkan pembangunan di bidang sosial, ekonomi, dan budaya.  Sedangkan, tujuan dibentuk PKBM adalah untuk mengintegrasikan berbagai kegiatan pembelajaran masyarakat sehingga tercipta hubungan pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat serta memudahkan kontrol mutu hasil pembelajarannya. PKBM dikelola oleh lembaga swadaya masyarakat atau organisasi lainnya.
Proses pendidikan atau proses belajar mengajar merupakan kegiatan memobilisasi segenap komponen pendidikan oleh pendidik terarah kepada pencapaian tujuan pendidikan. Bagaimana proses pendidikan itu dilaksanakan sangat menentukan kualitas hasil pencapaian tujuan pendidikan. Kualitas proses pendidikan menggejala pada dua segi, yaitu kualitas komponen dan kualitas pengelolaannya. Kedua segi tersebut satu sama lain saling tergantung. Walaupun komponen-komponennya cukup baik, seperti tersedianya prasarana dan sarana serta biaya yang cukup, juga ditunjang dengan pengelolaan yang andal maka pencapaian tujuan tidak akan tercapai secara optimal. Demikian pula bila pengelolaan baik tetapi di dalam kondisi serba kekurangan, akan mengakibatkan hasil yang tidak optimal.
Dalam PKBM Darul Fikri, kedua unsur tersebut yaitu kualitas komponen dan kualitas pengelolaan belum tercapai. Dikarenakan untuk sarana belajar mengajar pun belum memiliki tempat yang  permanen, masih memakai bangunan seperti Sekolah Dasar, dan prasarana pun tidak lengkap dikarenakan kurangnya dana dari pemerintah. Namun PKBM ini bisa bertahan karena pengelolaan yang baik.    
PKBM Darul Fikri menggunakan metode pembelajaran pedagogik (pendidikan anak-anak) dan andragogik (pendidikan/pembelajaran orang dewasa). Dalam proses belajar mengajar PKBM ini menggunakan tiga sistem pembelajaran yaitu,
1.         Mandiri, dimana tutor memberikan modul atau buku pelajaran kepada warga belajar, dengan modul tersebut warga belajar dituntut untuk belajar sendiri/mandiri di rumah.
2.         Kelompok, tutor memberikan tugas atau PR kepada warga belajar untuk dikerjakan secara berkelompok.
3.         Tutorial, warga belajar datang ke PKBM untuk mendapatkan pengajaran dengan tatap muka langsung dengan tutor yang berlangsung tiga kali dalam seminggu.
Proses belajar mengajar di PKBM ini cukup baik karena dapat berjalan walaupun perbedaan usia diantara warga belajar dan tutor bervariasi. Namun tidak banyak warga belajar dengan usia yang masih muda enggan untuk belajar, dilihat dari presentase kehadiran dalam 1 minggu hanya 1 kali masuk, hal itu disebabkan karena rata-rata warga belajar hanya ingin langsung ujian tidak untuk belajar.
dikutip dari:  http://definisi.org/search/contoh-teks-laporan-hasil-observasi-alam-semesta



0 komentar:

JOIN PLEASE, TO OUR BLOG

JOIN PLEASE TO MY BLOG

LINK ME

;INL FROM AREMANIA

Diberdayakan oleh Blogger.