Kamis, 22 Agustus 2013

INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.    Nama Peserta    :    .................................................
2.    Asal Sekolah        :    .................................................
3.    Topik                   :    .................................................

  Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan
Kegiatan Pendahuluan



Apersepsi dan Motivasi



1
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.



2
Mengajukan pertanyaan menantang.



3
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran.



4
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.



Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan



 1
Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.



 2
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.



Kegiatan Inti



Penguasaan Materi Pelajaran



 1
Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.



 2
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.



 3
Menyajikan  pembahasan   materi pembelajaran dengan tepat.



 4
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)



Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik



 1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.



 2
Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.



 3
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.



 4
Menguasai kelas.



 5
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.



 6
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).



 7
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.



Penerapan Pendekatan scientific



 1
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.



 2
Memancing peserta didik untuk  bertanya.



 3
Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba.



 4
Memfasilitasi peserta didik untuk   mengamati.



 5
Memfasilitasi peserta didik untuk   menganalisis.



6
Memberikan pertanyaan peserta didik untuk  menalar (proses berfikir yang logis dan sistematis).



7
 Menyajikan kegiatan peserta didik untuk  berkomunikasi.



Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran



 1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  pembelajaran.



 2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran.



 3
Menghasilkan pesan yang menarik.



 4
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.



 5
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran.



 Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran



 1
 Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.



 2
Merespon positif partisipasi peserta didik.



 3
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.



 4
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.



 5
Menumbuhkan keceriaan atau antuisme peserta didik dalam belajar.



Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran



 1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.



 2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.



Kegiatan Penutup 
Penutup pembelajaran 



 1
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.



 2
Memberihan tes lisan atau tulisan .



3
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.



 4
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan.



Jumlah









1 komentar:

Nuril Anwar mengatakan...

Dengan instrument penilaian seperti ini, membantu guru untuk lebih memahami pelaksanaan yang sesuai dengan kriteria