WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Sabtu, 13 Oktober 2012

SEBUAH PERJALANAN(Tugas untuk siswa)




SEBUAH PERJALANAN

Kubuka mataku. Langit masih gelap dan udara pagi ini begitu terasa dingin. Aku segera melangkahkan kaki menuju kamar mandi. Susana masih sepi. Senyap. Aku tak mempedulikannya. Segera kubasuh mukaku dan aku segera mandi. Aku dapat merasakan dinginnya air pagi ini.Lalu akupun kembali menuju barak.Aneh. Biasanya orang-orang selalu berebutan untuk mandi .Namun pagi ini mereka masih terlelap bersama mimpi mereka. Kuperiksa kembali tasku .Semua sudah lengkap.
Pagi ini adalah hari terakhir kami berada di tempat ini. Hari ini akan diumumkan hasil seleksi yang telah dilakukan selama satu bulan lamanya. Bagi yang dinyatakan lulus, berhak mengikuti pendidikan di Lembah Tidar. Dan lainnya dengan berat hati harus kembali ke kampung halamannya masing-masing. Akhirnya detik-detik pengumuman datang juga.Seharusnya ada acara reality show yang meliput ekspresi mereka. Cemas, bahagia, senang maupun sedih jadi satu.
…deg. Aku mendengar namaku dipanggil. Itu berarti aku harus meninggalkan mereka. Segera kuangkat tasku .Kusalami beberapa teman-temanku.Tiba-tiba ada yang merangkulku dari belakang. Cecep adalah salah satu dari sekian temanku yang menagis karena kepergianku. Mungkin karena nama depan kami sama maka ada semacam ikatan di antara kami. Sebenarnya aku juga merasa sedih namun aku harus tegar.
Tidak hanya aku yang mengalami nasib ini. Di antaranya adalah Sandhi, Dije, Agil, dan Fajar harus bernasib sama denganku .Aku tak perlu menyesal. Karena semua yang kulakukan adalah hasil yang paling maksimal. Aku telah berusaha sebaik mungkin. Mungkin jalanku tidak berada di sini. Namun ada suatu hal yang tak bisa kulupakan yaitu indahnya kebersamaan.
...ombaeyao….ombaeyao…ombaeyaeyao……malam hari kedinginan……siang hari kepanasan..
sebuah memori yang tersisa di Lembang 29 Juli 2004
dedicated for: Capratar Akmil 2004

TUGAS UNTUK SISWA:
1. Bacalah baik-baik tek di atas dengan memperhatikan isi dan tujuan penulisan!
2. Berilah identitas jenis karangan setiap pagrafnya dan jenis karangan secara keseluruhan:narasi, deskripsi, eksposisis, argumentasi, atau persuasi? Berilah argumen jawabanmu sehingga orang lain/temanmu meyakininya!
Selamat mengerjakan!

1 komentar:

NURIL ANWAR mengatakan...

jawaban dikirim via Email: nuven_ridel@yahoo.co.id