WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Selasa, 10 November 2015

BAHASA INDONESIA KELAS XII TEKS 1 Kegiatan 2 Kerja Bersama Membangun Teks Cerita Sejarah



KELAS XII TEKS 1 Kegiatan 2
Kerja Bersama Membangun Teks Cerita Sejarah

            Mempelajari teks cerita sejarah berarti mempelajari peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Tidak semua peristiwa masa lalu bisa dikatakan peristiwa sejarah. Satu peristiwa dikatakan peristiwa sejarah jika peristiwa itu bisa dikaitkan dengan peristiwa lain sebagai bagian dari proses atau dinamika dalam suatu konteks historis. Antara peristiwa tersebut terdapat hubungan sebab akibat yang menunjukkan kesinambungan beberapa peristiwa itu.
Ilmu sejarah berbicara tentang manusia, sehingga sejarah termasuk ilmu empiris, yang bergantung pada pengalaman manusia. Sejarah, yang hanya tunduk pada fakta, memiliki empat hal yang perlu diperhatikan yaitu perkembangan, kesinambungan, pengulangan, dan perubahan manusia dalam kehidupan bermasyarakat.  Sebuah teks cerita sejarah adalah sebuah usaha untuk merekonstruksi peristiwa yang terjadi di masa lalu. Oleh sebab itu, sejarah tidak serta merta bisa dijadikan solusi untuk memecahkan segala persoalan yang dihadapi saat ini. Akan tetapi, sejarah memberi kemungkinan bagi siapapun yang memeroleh pengetahuan tentang berbagai usaha manusia di masa lalu, baik itu berupa keberhasilan maupun kegagalan, dalam mengatasi masalah yang dihadapi.  Oleh sebab itu, kalian harus jeli menggali kearifan yang bisa dipelajari atau direnungkan pada peristiwa sejarah.

Tugas 1
Mengevaluasi Struktur Teks Cerita Sejarah
Pada tahapan ini, kalian akan disajikan sebuah teks cerita sejarah berjudul “Sejarah Piala Dunia”. Piala Dunia merupakan kompetisi akbar yang bergengsi dalam dunia persepakbolaan. Selalu saja ada hal yang menarik untuk diperbincangkan mengenai sepak bola yang banyak digandrungi berbagai kalangan ini. Delapan puluh empat tahun telah berlalu sejak Piala Dunia FIFA pertama yang digelar Uruguay. Sejak saat itu, telah tercatat 79 tim nasional tampil setidaknya satu kali di ajang tersebut. Brasil menjadi satu-satunya negara yang selalu berlaga di kedua puluh putaran final.
Agar kalian tidak penasaran, bacalah dengan saksama teks cerita berikut ini.

Sejarah Piala Dunia
Gambar 1.3 FIFA World Cup 2014
Sumber: http://www.zonaterbaik.com/2013/12/klasemen-grup-piala-dunia-2014.html

1.  Pesona sepak bola sebagai salah satu olahraga paling top sejagat memang tak pernah pudar. Di setiap generasi, selalu saja muncul gelombang penggemarnya. Baik itu dipandang sebagai olahraga kesukaan maupun sekadar tontonan untuk hiburan, sepak bola tidak pernah habis untuk diulik. Salah satu kompetisi akbar yang sayang untuk dilewatkan adalah Piala Dunia.
2.  Sejarah Piala Dunia mulai digelar pada 1930 di Uruguay, dengan hanya melibatkan tiga belas negara, sembilan negara dari Benua Amerika (Amerika Serikat, Argentina, Brasil, Bolivia, Chili, Meksiko, Paraguay, Peru, dan Uruguay) dan empat negara dari Benua Eropa (Prancis, Rumania, Belgia, dan Yugoslavia). Sejak itu, Piala Dunia selalu digelar empat tahun sekali. Akan tetapi, pada 1942 dan 1946, ajang penyelenggaraan Piala Dunia terpaksa
ditunda karena meletusnya Perang Dunia II. Maka, hingga penyelenggaraannya yang terakhir di Brasil pada 2014, Piala Dunia telah berhasil digelar sebanyak dua puluh kali. Dua puluh
trofi Piala Dunia berhasil direbut oleh delapan negara berbeda, yaitu tiga negara dari Benua Amerika dan lima negara dari Benua Eropa.
3.  Brasil merupakan negara yang paling banyak mengoleksi trofi.
Trofi yang berjumlah lima itu diraih pada 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Seperti halnya Italia yang telah meraih empat trofi pada 1934, 1938, 1982, dan 2006, Jerman pun telah meraih jumlah trofi yang sama, yaitu pada 1954, 1974, 1990, dan 2014. Lalu Argentina
meraih dua trofi, tahun 1978 dan 1986. Uruguay juga meraih dua trofi pada 1930 dan 1950. Kemudian Prancis mendapat satu trofi pada 1998, Inggris juga dengan satu trofi pada 1966, serta Spanyol dengan satu trofi pada 2010.
4.  Piala Dunia ini dicetus oleh Jules Rimet, Presiden FIFA, yang memiliki impian menggelar turnamen internasional sepak bola.
FIFA yang diketuainya saat itu sempat memasukkan sepak bola di Olimpiade 1924 yang dimenangi Uruguay. Namun, gemanya belum besar. Selain itu, muncul konflik siapa yang berhak mengatur turnamen itu, FIFA atau Komite Olimpiade Internasional (IOC). Oleh sebab itu, FIFA mencoba membuat turnamen sendiri pada 1928 dengan tuan rumah Hungaria. Akan tetapi, turnamen ini gagal karena tidak memiliki banyak peminat, hanya diikuti oleh empat tim.
5.  Pada 1930, akhirnya turnamen besar sepak bola ini terwujud. Piala Dunia yang diprakarsai oleh Jules Rimet pertama kali digelar di Uruguay. Negara ini terpilih karena telah menjadi juara bertahan sepak bola pada Olimpiade. Selain itu, pada tahun tersebut bertepatan dengan seratus tahun kemerdekaan Uruguay.
6.  Untuk menggelar Piala Dunia, Uruguay melakukan persiapan yang serius. Di ibukota negara, Montevideo, dibangun sebuah stadion raksasa bernama Stadion Centenario berkapasitas 95.000 penonton untuk menyelenggarakan turnamen akbar ini.
7.  Jika saat ini berbagai negara berebut tiket untuk dapat bermain di turnamen ini, pada Piala Dunia yang dibuka 13 Juli 1930 tersebut pihak FIFA justru kesusahan mencari peserta. Sebagai
penyelenggaraan perdana, FIFA tidak mengadakan mekanisme kualifikasi bagi setiap negara yang ingin bertanding. FIFA bahkan mengundang seluruh asosiasi sepak bola di setiap negara untuk berpartisipasi di kompetisi ini. Pada waktu itu, FIFA hanya memberikan batas akhir pendaftaran bagi setiap negara untuk dapat diterima menjadi peserta Piala Dunia.
8.  Undangan FIFA ini mendapatkan respons besar dari beberapa negara di Benua Amerika. Sementara itu, negara di Benua Eropa tidak begitu antusias merespons undangan ini. Hal ini disebabkan oleh faktor jarak. Kedekatan jarak negara di Benua Amerika dengan tempat penyelenggaraan turnamen sepak bola ini membuat mereka antusias untuk mengikuti pertandingan. Sedangkan negara di Benua Eropa harus melakukan perjalanan laut mengarungi Samudera Atlantik, karena pada saat itu jalur udara menggunakan pesawat masih sangat jarang. Tentu saja perjalanan ini menghabiskan biaya yang tidak sedikit dan waktu yang tidak sebentar.
9.  Hingga batas akhir pendaftaran, FIFA tidak menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan negara di Eropa. Bahkan, pada dua bulan sebelum Piala Dunia digelar, pesertanya masih berjumlah sembilan negara.
10.  Kondisi yang demikian memaksa Jules Rimet turun tangan. Ia melobi beberapa negara Eropa untuk ikut dalam Piala Dunia. Akirnya empat negara Eropa setuju untuk berpartisipasi. Prancis memang dibujuk secara langsung oleh Jules Rimet untuk ikut serta. Sementara itu, Belgia dirayu oleh Wakil Presiden FIFA, Rodolphe Seldrayers. FIFA bahkan menyediakan kapal laut untuk mengantarkan negara yang dibujuknya sampai ke tempat penyelenggaraan Piala Dunia di benua seberang.
11.  Para pemain, pelatih, dan ofisial tim Prancis, Belgia, dan Rumania berangkat menuju Benua Amerika dengan menumpang kapal SS Conte Verde. Kapal ini juga mengangkut Jules Rimet bersama tiga wasit dari Eropa, Jean Langenus (Belgia), Henri Christophe (Belgia), dan Thomas Balway (Prancis). Kapal ini menjadi sangat istimewa karena Jules Rimet membawa trofi Piala Dunia pertama. Sementara itu, pemain dan pelatih dari negara Yugoslavia berangkat
secara terpisah menggunakan kapal Florida dari Pelabuhan Marseille.
12.  Kapal SS Conte Verde memulai perjalanan bersejarah ini dari Pelabuhan Genoa dengan mengangkut tim dari Rumania. Kapal ini lalu berlabuh di Dermaga Villefranche-sur-Mer untuk menjemput tim Prancis. Sementara itu, tim Belgia menunggu di  Pelabuhan
Barcelona. Kapal ini juga berlabuh di Dermaga Rio de Janeiro untuk menjemput tim Brasil. Kapal milik Italia ini lalu menuju Pelabuhan Santos untuk menjemput beberapa pemain lainnya.  Kapal ini akhirnya sampai di Uruguay pada 4 Juni 1930, tepat 9 hari sebelum Piala Dunia perdana itu dimulai.
13.  30 Juli 1930 menjadi saat bersejarah dalam dunia persebakbolaan, terutama bagi Uruguay yang melanjutkan kemenangan pada Olimpiade 1924 dan 1928. Tuan rumah ini memenangi Piala Dunia FIFA perdana dengan skor 4-2 mengalahkan negara tetangga sekaligus rival mereka, Argentina.
14.  Akan tetap, kondisi politik-ekonomi dunia yang belum stabil menyebabkan jumlah peserta Piala Dunia selanjutnya juga turut tidak stabil. Misalnya, pada Piala Dunia 1934 di Italia, jumlah peserta Piala Dunia menjadi enam belas negara dan pada penyelenggaraan yang ketiga, 1938 di Prancis, peserta Piala Dunia berkurang menjadi lima belas negara. Kompetisi ini bahkan sempat dihentikan selama 12 tahun (tiga kali penyelenggaraan) akibat Perang Dunia II. Pada 1950, Piala Dunia kembali digelar di Brasil dengan hanya diikuti tiga belas negara.
15.  Penyelenggaraan Piala Dunia baru mulai stabil, setidaknya dilihat dari jumlah peserta, sejak gelaran yang kelima di Swiss (1954). Sejak itu, jumlah peserta Piala Dunia tetap enam belas negara hingga pelaksanaan yang kesebelas di Jerman barat (1978). Mulai 1982,
diselenggarakan di Spanyol, pihak FIFA kemudian menambah jumlah peserta menjadi dua puluh empat negara. Jumlah ini terus bertambah hingga Piala Dunia kelima belas di Amerika Serikat (1994).
16.  Saat FIFA menggelar Piala Dunia yang keenam belas di Prancis, jumlah peserta bertambah menjadi tiga puluh dua negara. Jumlah ini bertahan hingga gelaran Piala Dunia kedua puluh di Brasil (2014). Berdasarkan pernyataan Sepp Blatter (Presiden FIFA) dan Michel Plattini (Presiden UEFA), jumlah tersebut dimungkinkan akan terus bertambah hingga empat puluh negara peserta. 
17.  Selain mengenai jumlah pesera dalam Piala Dunia, bahasan lain yang tidak kalah menarik untuk diperbincangkan adalah trofi Piala Dunia itu. Trofi yang saat ini selalu “keliling dunia” sebelum penyelenggaran Piala Dunia digelar itu bukanlah trofi yang sejak awal digunakan dalam Piala Dunia. FIFA menggunakan trofi bernama  Jules Rimet Cup sejak awal gelaran turnamen besar ini hingga Piala Dunia kesembilan pada 1970. Trofi pertama ini didesain oleh seorang pemahat berkebangsaan Prancis, Abel Lafleur.
18.  Trofi Jules Rimet ini kemudian digantikan oleh trofi FIFA World Cup pada gelaran Piala Dunia kesepuluh (1974). Trofi ini dibuat oleh seorang pemahat asal Italia, Silvio Gannaziga. Jerman merupakan negara pertama yangn berhasil menyimpan trofi ini.
FIFA World Cup tersebut masih digunakan hingga gelaran Piala Dunia kedua puluh di Brasil.
(Sumber: Qadafi Akhmad, It’s All About Football,  Yogyakarta: Certe Posse, April 2014,
halaman 32—35)
            Tugas pertama kalian pada kegiatan kedua ini adalah mengevaluasi struktur teks cerita sejarah. Mengevaluasi berarti terdapat proses penilaian. Dalam hal ini, yang kalian nilai adalah teks “Sejarah Piala Dunia”. Sebagai sebuah teks cerita sejarah, teks yang diceritakan di atas harus mampu menjalani fungsi sosialnya, yaitu merekonstruksi dan memberikan informasi yang berkaitan dengan masa lampau. Sebelum melakukan penilaian, langkah pertama yang kalian lakukan adalah melakukan pengukuran. Proses penilaian yang bisa kalian lakukan terhadap teks cerita sejarah yang disajikan tersebut adalah dengan melakukan pengukuran informasi yang diberikan. Kalian dapat mengukur apakah informasi yang diberikan tersebut telah sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Dengan menentukan apakah informasi yang kalian peroleh itu telah memenuhi kriteria sebuah teks cerita sejarah menunjukkan bahwa kalian telah melakukan penilaian. Hal inilah yang disebut dengan evaluasi.
Untuk itu, bacalah sekali lagi teks “Sejarah Piala Dunia” di atas agar kalian bisa  mengevaluasinya.
(1)  Teks “Sejarah Piala Dunia” di atas terdiri dari delapan belas paragraf.
Tugas kalian adalah menggali informasi yang disajikan setiap paragrafnya. Kemudian kelompokkan informasi yang kalian peroleh berdasarkan jenis dan waktu kejadiannya. Buatlah kelompok kecil yang terdiri dari 3 hingga 5 orang untuk mengerjakan seluruh Tugas 1 pada kegiatan ini.
No.
Paragraf
Informasi
Jenis Informasi
Waktu
1.
I
(1)  Sepak bola merupakan olah raga paling top.
Pesona sepak bola dan Piala Dunia sebagai salah satu bentuk kompetisinya  di dunia
Sepanjang
waktu

(2)  Sepak bola merupakan olah raga yang memesona.
(3)  Penggemar sepak bola ada di setiap generasi.
(4)  Selalu saja ada hal yang bisa diceritakan tentang sepak bola.
(5)  Piala Dunia merupakan sebuah kompetisi sepak bola akbar.

II




III




IV




V




VI




VII




VIII




. IX




X




XI




XII




XIII




XIV




XV




XVI




XVII




XVIII




 (2)  Setiap peristiwa sejarah pasti memiliki periodisasi. Batasan waktu peristiwa sejarah tersebut dibagi dalam pembabakan. Dalam pembuatan teks cerita sejarah, diperlukan pemberian informasi secara runtut. Prinsip keruntutan pada dasarnya menyajikan informasi secara urut, mulai dari awal hingga akhir peristiwa. Kronologi peristiwa yang membangun kisah sejarah ini bertujuan agar kisahan yang disajikan tidak melompat-lompat.
Menurut kalian, apakah periodisasi yang terdapat pada teks “Sejarah Piala Dunia” ini sudah tersaji secara runtut? Jika ditemukan ketidakruntutan, perbaikilah teks tersebut menjadi teks cerita sejarah yang ideal.
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
(3)   Sejak 1930 hingga 2014, Piala Dunia sudah digelar dua puluh kali.
Berikut ini terdapat data pelaksanaan Piala Dunia tersebut, mulai dari tahun pelaksanaannya, negara yang menjadi tuan rumah, waktu dan tempat pelaksanaan laga final, hingga pemenang pada periode itu. Lengkapilah kolom yang masih kosong. Jika informasi yang ada di dalam teks belum memadai, kalian bisa mencari data tambahan dari sumber lain, seperti perpustakaan, media massa, internet, dan sebagainya.
No.
Tahun
Tuan Rumah
Waktu dan Tempat Laga Final
Juara
1.

1930
Uruguay

30 Juli 1930, di Estadio
Centenario, Montevideo
Uruguay
2.
1934

10 Juni 1934, di Nazionale
PNF, Rome

3.

Prancis

Italia
4.
1950
Brasil


5.


4 Juli ______, di Wankdorf
Stadium, Berne
Jerman
Barat
6.

Swedia

29 Juni ______, di Rasunda
Stadium, Solna

7.
1962


Brasil
8.


30 Juli ______, di Wembley,
London
Inggris
9.


Meksiko

21 Juni ______, di Estadio
Azteca, Mexico City

10.

1974

Jerman
Barat


11.



25 Juni _______, di El
Monumental, Buenos Aires
Argentina

12.
1982


Italia
13.



29 Juni _______, di Estadio
Azteca, Mexico City
Argentina

14.

Italia

8 Juli _______, di Stadio
Olimpico, Rome

15.
1994
Amerika Serikat


16.



12 Juli _____, di Stade de
France, Paris
Prancis

17.

Korea/Jepang

Brasil
18.
2006

9 Juli 2006, di Olympic
Stadium, Berlin

19.

Afrika
Selatan


Spanyol

20.
2014
Brasil




 (4)  Coba kalian perhatikan gambar FIFA World Cup 2014 di muka. Pada gambar tersebut terdapat gambar bendera berbagai negara yang menjadi peserta pertandingan bergengsi ini yang dibagi menjadi beberapa grup. Berikut ini adalah 32 nama negara yang disusun secara acak. Tugas kalian adalah mengelompokkan negara sesuai dengan grupnya masing-masing
seperti yang terlihat pada gambar.

 (5)  Menurut kalian, mengapa olahraga sepak bola ini digandrungi banyak orang?
(a) Diskusikanlah alasan kalian dengan kelompok yang telah dibentuk sebelumnya. 
(b) Lalu, temukanlah kelebihan olahraga sepak bola ini.
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ _________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ _________________________________________________________
(c)  Selain kelebihan, apakah olahraga ini memiliki kelemahan?
(d) Apa saja kelemahan olahraga ini?
_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ _________________________________________________________
 _________________________________________________________

Tugas 2
Menginterpretasi Fungsi Sosial Teks Cerita Sejarah
Menginterpretasi makna teks cerita sejarah artinya memberikan penafsiran terhadap teks tersebut agar data sejarah yang terkandung di dalamnya dapat berbicara. Sebagai siswa yang cerdas, kalian harus bisa menggali nilai dan kearifan yang terkandung dalam peristiwa sejarah
yang tidak semata-mata hanya menjadi cerita yang dikisahkan secara turun-temurun. Nilai dan kearifan yang berhasil kalian gali diharapkan dapat membantu secara bijak berbagai persoalan yang dihadapi. Dengan mengingat masa lalu, memahami masa kini, dan

mempersiapkan masa depan, kalian akan dapat meraih apa yang telah dicita-citakan.
Bacalah teks “Hadiah Nobel” berikut ini dengan saksama. Kemudian kerjakanlah tugas yang diberikan. Hadiah Nobel





Sumber: http://blogkputih.wordpress.com/about/hadiah-nobel-untuk-indonesia/
Gambar 1.4 Hadiah Nobel
1.  Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada ilmuwan yang telah melakukan penelitian luar biasa. Penghargaan diberikan kepada orang yang menemukan teknik atau peralatan yang baru, atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat. Saat ini
Hadiah Nobel dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi orang yang mempunyai jasa besar kepada dunia.
2.  Penghargaan Nobel pertama kali diberikan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia yang telah menemukan dinamit. Ilmuwan ini terkejut melihat hasil penemuannya justru dimanfaatkan untuk tujuan yang merusak. Oleh sebab itulah dia
membuat wasiat.
3.  Pria kelahiran Swedia, 21 Oktober 1833 ini menandatangani wasiatnya di Swedish-Norwegian Club, Paris, pada 27 November 1895. Di dalam wasiat tersebut, Alfred menegaskan bahwa seluruh hartanya harus diinvestasikan dalam bentuk saham dan dipakai
untuk mendirikan sebuah yayasan, yang labanya setiap tahun dibagikan dalam bentuk penghargaan bagi orang yang dinilai berjasa besar terhadap kemanusiaan.
4.  Banyak pihak yang terkejut mengetahui isi wasiat tersebut, termasuk keluarganya. Kontroversi terus bergulir. Pro dan kontra terhadap isi wasiat terus terjadi, sehingga pemberian Hadiah Nobel baru bisa terlaksana lima tahun setelah Alfred Nobel wafat.
5.  Seremoni untuk penghargaan Nobel di bidang sastra, fisika, kimia, kedokteran, dan perdamaian pertama kali diadakan di Old Royal Academy of Music  di Stockholm pada 1901. Sejak 1902, penghargaan ini secara formal dianugerahkan oleh Raja Swedia.
Awalnya, Raja Oscar II tidak menyetujui pemberian penghargaan kepada orang asing. Namun, dia mengubah sikapnya setelah menyadari publisitas penghargaan tersebut terhadap negara Swedia.
6.  Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahunnya pada 10 Desember, yaitu tanggal wafatnya Alfred Nobel. Biasanya, nama calon penerima diumumkan pada bulan Oktober oleh komite  dan institusi yang berwenang sebagai badan seleksi penerima penghargaan.
7.  Kategori penghargaan yang diberikan setiap tahun sejak 1901 untuk pencapaian dalam fisika ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, kimia ditentukan oleh  Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, fisiologi atau kedokteran ditentukan oleh  The Karolinska Institute, sastra ditentukan oleh
The Swedish Academy,  dan perdamaian ditentukan oleh sebuah komite yang ditunjuk oleh  Norwegian Storting atau Parlemen Norwegia. Pada 1968, Sveriges Riksbank, Bank Swedia,
menambah penghargaan dalam ilmu ekonomi. Ketegori ekonomi ini ditentukan oleh Royal Swedish Academy of Sciences.
(Sumber: Nina Karina S.A. dan Retno Sasongkowati, History of The World: Sejarah
Dunia Kuno dan Modern, Yogyakarta: Penerbit Indoliterasi, 2013, halaman 91)
(1)  Setelah membaca teks berjudul “Hadiah Nobel”, diskusikan dengan teman sekelompok kalian struktur teks tersebut, lalu tulislah hasil diskusi kalian!
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

(2)  Setelah kalian mendiskusikan struktur teks “Hadiah Nobel” tersebut, paparkan hasil diskusi kalian di depan kelas. Mintalah komentar dari kelompok lain. Jadikanlah masukan kelompok lain itu untuk memperbaiki pekerjaan kalian.
(3)  Apakah informasi yang terdapat dalam teks “Hadiah Nobel” bisa kalian pahami dengan baik? 
(4)  Apakah urutan peristiwa sejarah pada teks tersebut telah diuraikan dengan jelas?
(5)  Berdasarkan isi teks “Hadiah Nobel”, tentukanlah apakah pernyataan berikut ini benar (B), salah (S), atau tidak terbukti benar salahnya (TT) dengan membubuhkan tanda centang (√) pada pilihan kalian. Untuk menentukan jawaban, kalian tidak perlu berpedoman pada pengetahuan umum atau pengetahuan yang telah kalian miliki, tetapi cukup berpedoman
pada informasi yang disajikan dalam teks tersebut.
No
Pernyataan
B
S
TT
1.
Hadiah Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada ilmuwan yang telah melakukan
kontribusi luar biasa ke masyarakat.



2.
Penghargaan ekonomi dinamai penghargaan
ilmu sosial sejak Februari 1995 untuk
membuka kesempatan bagi bidang ilmu politik,
psikologi, dan sosiologi.



3.
Penghargaan Nobel pertama kali diberikan pada 1902.



4.
Raja Oscar II akhirnya menyetujui pemberian penghargaan kepada orang asing.



5.
Penghargaan Nobel dianugerahkan pada 10 Desember setiap tahunnya.




6.
Alexander Fleming dianugerahi Nobel pada tahun 1928 karena menemukan penisilin,
antibiotik alamiah pertama.



7.
Alfred Nobel wafat pada 10 Desember 1896.



8.
Pnandatanganan surat wasiat Alfred Nobel dilakukan di Swedia.



9.
Alfred Nobel adalah seorang ilmuwan yang menemukan dinamit.



10.
Alice Munro, penulis asal Kanada yang dikenal sebagai master cerita pendek kontemporer
adalah penerima Hadiah Nobel bidang sastra pada 2013.



11.
Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia adalah institusi yang menentukan peraih
penghargaan Nobel kategori fisika dan kimia.



12.
Ilmu ekonomi merupakan kategori penghargaan yang diberikan sejak pertama kali Hadiah Nobel dianugerahi pada 1901.



13.
Hadiah Nobel hanya diperuntukkan bagi mereka  yang masih hidup.



14.
Ahli biokimia Inggris, Frederick Sanger telah dua kali menerima hadiah Nobel atas
keberhasilannya merinci struktur rantai insulin dan metode penentuan urutan linear basa DNA.



15.
Surat wasiat Alfred Nobel yang menyatakan ia telah menghibahkan seluruh hartanya kepada sebuah lembaga, mengundang kontroversi di berbagai kalangan.









 (6)  Bacalah sekali lagi teks “Hadiah Nobel” dengan teliti. Uraikanlah fungsi sosial yang dapat kalian petik setelah membaca teks cerita sejarah tersebut.
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
(7)  Dengan membaca sejarah tentang Hadiah Nobel tersebut, apakah kalian termotivasi untuk menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat?
(8)  Untuk mengerjakan soal nomor (8) ini, kalian diharapkan menggunakan sumber lain yang mendukung.
Penghargaan Nobel Perdamaian (Nobel Peace Prize) adalah satu dari lima kategori yang diselenggarakan atas permintaan Alfred Nobel. Penghargaan ini diberikan pada orang yang paling giat melaksanakan hubungan yang bersifat internasional, pendiri pergerakan perdamaian, atau berusaha mengurangi atau melenyapkan peperangan. Tidak seperti penghargaan Nobel lainnya, kategori perdamaian ini dapat diberikan kepada orang
atau organisasi yang masih dalam proses penyelesaian masalah. Artinya, penghargaan ini dapat diberikan kepada seseorang atau sebuah organisasi yang terlibat dalam proses perdamaian yang masih berlangsung. Berikut ini adalah sepuluh perolehan Hadiah Nobel Perdamaian (2004—2013). Beserta nama dan karya yang diberi penghargaan. Tugas kalian
adalah mencantumkan tahun pemberian anugerah pada kolom yang tersedia.
No.
Tahun
Nama
Karya yang Diberi
Penghargaan
1.
2009




Barrack Obama
(Amerika Serikat)
Usaha yang luar biasa untuk memperkuat diplomasi internasional dan kerja sama
antarbangsa.
2.

Liu Xiaobo (Cina)
Untuk perjuangan nonkekerasan
bagi demokrasi dan hak asasi
manusia di Cina.
3.

IPCC (Intergovernmental
Panel on Climate
Chage) dan Albert
Arnold Gore
(Amerika Serikat)
Upaya untuk membangun dan
menyebarkan pengetahuan
tentang perubahan iklim dan
meletakkan fondasi sebagai
langkah yang diperlukan untuk
melawan perubahan tersebut.

4.

Grameen Bank
(Bangladesh) dan
Muhammad Yunus
(Bangladesh)
Untuk memajukan ekonomi dan
peluang sosial bagi masyarakat
miskin, terutama perempuan,
melalui kredit mikro perintis
pekerjaan
5.

Badan Tenaga Atom
Internasional (IAEA)
dan Mohamed El
Baradei (Mesir)
Untuk mencegah energi nuklir
yang digunakan untuk tujuan
militer dan memastikan bahwa
energi nuklir digunakan untuk
tujuan perdamaian dengan cara
yang paling aman.
6.

Ellen Johnson Sirleaf
(Liberia), Leymah
Gbowee (Liberia),
dan Tawakkul
Karman (Yaman)
Untuk perjuangan nonkekerasan
demi keselamatan dan hak
perempuan yang berpartisipasi
penuh dalam pembangunan
perdamaian.
7.

Organisasi Anti
Senjata Kimia
(Belanda)
Untuk menentang, mengurangi,
dan menghapuskan pemakaian
senjata kimia di seluruh dunia.
8.

Martti Oiva Kalevi
Ahtisaari (Finlandia)
Untuk menyelesaikan konflik
internasional di beberapa benua
selama lebih dari tiga dekade.
9.

Uni Eropa (Erpoa)
Selama lebih dari enam dekade
berkontribusi bagi kemajuan
perdamaian dan rekonsiliasi,
demokrasi, serta hak asasi
manusia di Eropa.
10.

Wangari Muta
Maathai (Kenya)
Untuk kontribusi bagi
pembangunan berkelanjutan,
demokrasi, dan perdamaian.
.
 (9)  Setelah kalian mengetahui Penghargaan Nobel Perdamaian, diskusikanlah dengan kelompok kalian mengenai nilai kearifan yang bisa diperoleh dari peristiwa tersebut. Kemudian, presentasikanlah hasil diskusi kalian tersebut.
(10)  Dengan menggunakan sumber lain yang mendukung, carilah nama penerima Hadiah Nobel kategori fisika, kimia, kedokteran, dan sastra dari tahun 2004 hingga 2013 secara berkelompok.
(11)  Kemudian, buatlah sebuah teks cerita sejarah dengan menggunakan data
yang kalian peroleh tersebut.
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Tugas 3
Memproduksi Teks Cerita Sejarah secara Bersama
            Pada tahapan ini, tugas kalian adalah memproduksi teks cerita sejarah secara bersama. Dalam membuat sebuah teks cerita sejarah, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Langkah pertama, kalian harus menentukan peristiwa sejarah apa yang akan kalian angkat menjadi sebuah teks. Setidaknya, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu apa peristiwa yang akan diceritakan, siapa pelaku sejarahnya, kapan dan di mana peristiwa itu terjadi, mengapa
peristiwa tersebut bisa terjadi, dan bagaimana kejadiannya.  Setelah itu, kalian bisa mengumpulkan berbagai sumber sejarah yang mendukung teks yang kalian bangun. Kalian bisa menggunakan sumber primer (berdasarkan saksi mata peristiwa) maupun dalam bentuk dokumen.
            Satu hal yang perlu kalian ingat bahwa peristiwa sejarah harus disesuaikan dengan kisah nyata. Berikutnya, data yang kalian peroleh harus diverifikasi terlebih dahulu berdasarkan keaslian dan kesahihan sumber data yang kalian peroleh. Selanjutnya, kalian bisa membuat teks cerita sejarah yang kalian inginkan dengan melakukan pembabakan peristiwa agar informasi yang kalian utarakan tidak rancu.
Berikut ini adalah teks yang berjudul “Selamat Jalan Bapak Perdamaian”.
Bacalah teks tersebut dengan saksama, serta perhatikan rentetan peristiwa yang diberikan.
Selamat Jalan Bapak Perdamaian

1.  Nelson Mandela wafat dalam usia 95 tahun. Pria yang bernama kecil Rolihlala Mandela ini meninggal karena penyakit infeksi paru di kediamannya, Johannesburg, Afrika Selatan, pada 5
Desember 2013.
2.  Ucapan duka mengalir dari seluruh pelosok dunia atas kepergian
pahlawan penentang apartheid dan mantan Presiden Afrika Selatan ini. Seluruh dunia bersedih atas kepergian seorang tokoh besar yang namanya melambung tinggi karena cita-cita serta perjuangannya untuk perdamaian dan keadilan pada awal abad ke-21.
3.  Mandela menjadi inspirasi dan nurani dunia bagi gerakan menentang diskriminasi. Dengan tegas, Mandela menolak dominasi kulit putih atau pun dominasi kulit hitam. Atas perjuangannya, Mandela tidak hanya meraih penghargaan bergengsi Nobel Perdamaian tahun 1993, tetapi juga kehormatan dan penghormatan luar biasa dari kalangan masyarakat dunia.
4.  Hampir 100 kepala negara menghadiri upacara penghormatan resmi yang berlangsung di bawah guyuran hujan deras di Stadion FNB, Soweto, Afsel, 10 Desember 2013. Para pemimpin yang selama ini berbeda pendapat, berseberangan, atau bahkan telah
bermusuhan selama puluhan tahun berada di panggung yang sama untuk memberikan penghormatan kepada Mandela. Tidak terkecuali Presiden AS, Barack Obama, dan Presiden Kuba, Raul Castro. Dua pemimpin negara yang bermusuhan sejak era Perang Dingin itu bersalaman kemudian bersapa sambil tersenyum.
5.  Mandela dimakamkan dengan adat Xhosa di sebuah makam di Desa Qunu, tempat ia meghabiskan masa kecilnya, 15 Desember 2013. Pemakaman terletak di tanah luas keluarga yang dibangun Mandela setelah dibebaskan dari penjara tahun 1990. Mandela dipenjarakan oleh pemerintah rezim kulit putih yang rasial selama 27 tahun (1964-1990).
6.  Sebelumnya, jenazah disemayamkan selama tiga hari di Union Buildings di Pretoria, tempat dia dilantik menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan pada 1994.
(Sumber: Litbang Kompas, Buku Pintar Kompas 2013, Jakarta: Penerbit Buku Kompas,
2014, halaman 380—381)
(1)  Teks “Selamat Jalan Bapak Perdamaian” adalah sebuah kisah sejarah wafatnya seorang tokoh yang memiliki peran penting dalam meruntuhkan apartheid. Tokoh ini bernama Nelson Mandela. Kalian tentu sudah mengetahuinya, sebab kalian telah mengupas tuntas tentang tokoh ini di kelas XI. Sebelum masuk pada tugas berikutnya, utarakanlah pendapat
kalian tentang peristiwa yang diceritakan dalam teks “Selamat Jalan Bapak Perdamaian” di atas. nilai kearifan seperti apakah yang bisa kalian peroleh?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
(2)  Menurut kalian, mengapa seorang Nelson Mandela meraih Nobel Perdamaian?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
(3)  Setelah membaca teks “Selamat Jalan Bapak Perdamaian”, cobalah kalian uraikan struktur yang membangun teks tersebut. Diskusikanlah dengan teman sekelompok kalian.
(4)  Uraikanlah informasi apa saja yang bisa kalian dapatkan dari teks yang tersedia.
Paragraf
Struktur Teks
Informasi
I
Orientasi
- Rolihlala Mandela adalah nama kecil Nelson Mandela
- Nelson Mandela wafat dalam usia 95 tahun
-  Ia meninggal karena___________________________
-  Ia meninggal di_______________________________
Ia meninggal pada  ______________________________
II


III


IV


V


VI\


 (5)  Sebelum kalian mencoba membuat sebuah teks cerita sejarah, kalian harus mengingat kembali salah satu ciri teks cerita sejarah adalah penggunaan konjungsi temporal. Agar kalian lebih memahami bentuk dan fungsi konjungsi tersebut, carilah beberapa konjungsi temporal yang sering muncul dalam sebuah teks cerita sejarah. Lalu, buatlah contoh dalam kalimat.
No.
Konjungsi Temporal
Contoh dalam Kalimat
1.
sebelum
Sebelum mengembuskan napas terakhir, Nelson
Mandela telah mengidap penyakit infeksi paru.
2.


3.


4.


5.


6.


7.
8.


9.


10.



 (6)  Nominalisasi juga merupakan ciri kebahasaan sebuah teks cerita sejarah.
Cobalah kalian identifikasi nomina yang ada dalam teks tersebut.  
Bedakanlah nomina yang menjadi kata dasar dengan nomina yang berasal dari bentuk lain karena mengalami proses nominalisasi.
No.
Kata Benda
Proses Nominalisasi
1.
usia
tidak ada
2
penyakit
prefiks pe + kata dasar (Ajektiva [A] = nomina [N])
pe + sakit  = penyakit
3.
paru

4.
kediaman

5


6


7


8


9


10


11


12


13


14


15


16


17


18


19


20



 (7)  Berikut adalah rentetan peristiwa sebelum wafatnya Nelson Mandela.
No.
Waktu
Rentetan Peristiwa
1.
Mei 1999

Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela mengumumkan niatnya untuk mundur dari jabatannya setelah masa jabatan berakhir.
2.
2 Juni 1999
Afrika Selatan menyelenggarakan pemilu kedua era demokrasi multiras.
3
6 Juni 1999
Nelson Mandela menyambut kemenangan Partai Kongres Nasional Afrika (ANC) Thabo Mbeki sebagai
presiden baru Afrika Selatan yang menggantikan dirinya.
4.
2001
Nelson Mandela menjalani perawatan untuk kanker prostat.
5
1 Juni 2004
Mandela mengumumkan pensiun dari kehidupan publik.
6.
11 Juli 2010
Mandela tampil terakhir kali di depan publik pada  penutupan Piala Dunia 2010.
7.
2011—2013

Mandela menjalani perawatan karena infeksi pernapasan akut, infeksi saluran pencernaan, dan
infeksi paru-paru
8.
8 Juni 2013
Nelson Mandela dilarikan kembali ke rumah sakit karena infeksi paru.
9.

2 September
2013
Mandela diperbolehkan pulang ke rumahnya setelah
dirawat hampir tiga bulan di rumah sakit.
10.

5 Desember
2013
Nelson Mandela mengembuskan napas terakhir
setelah beberapa lama dirawat di rumah sakit karena
infeksi paru yang dideritanya. Mandela meninggal
pada usia 95 tahun.

.
 (a)  Setelah kalian mengetahui proses pemakaman Nelson Mandela dan juga rentetan peristiwa ketika tokoh ini mengalami sakit hingga ia mengembuskan napas terakhir, kalian diminta untuk membuat sebuah teks cerita sejarah berdasarkan data tersebut. Sebagai tambahan agar teks cerita yang kalian bangun menjadi lebih sempurna, kalian bisa
menggunakan referensi lain yang bisa kalian peroleh dari berbagai buku, media massa, maupun internet.
(b) Presentasikanlah teks cerita sejarah yang kalian buat di depan kelas.
(c) Kemudian mintalah teman-teman untuk memberikan masukan dan kritikan supaya teks yang kalian susun menjadi lebih baik.


--------oooOOOOOOooo--------

Tidak ada komentar: