WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Kamis, 15 Agustus 2013

TEKS VI (Kegiatan 3 Kerja Mandiri Membangun Berbagai Jenis Teks Dalam Satu Tema)



Kegiatan 3  Kerja Mandiri Membangun  Berbagai Jenis Teks Dalam  Satu Tema

Pada Kegiatan 3 ini kalian diajak untuk mencari dan memanfaatkan informasi dengan berbagai cara, antara lain melalui buku, koran, majalah, brosur, manual, atau internet. Informasi tersebut disampaikan dalam bentuk teks dengan berbagai jenis,  misalnya deskripsi, laporan, prosedur, penceritaan, eksplanasi, eksposisi, diskusi, negosiasi, puisi,  anekdot,  iklan,  dan  berita.
Tentu saja kalian akan mencari jenis teks yang sesuai dengan kebutuhan kalian sendiri.Setelah kalian dapat menyerap informasi dari jenis-jenis teks tersebut, kalian juga diharapkan dapat mengolah dan menyampaikannya kembali kepada pihak lain, baik dengan jenis teks yang sama maupun dengan jenis teks yang berbeda.
Dengan demikian, melalui jenis-jenis teks yang telah kalian kuasai, dapat dikatakan bahwa kalian telah menguasai informasi yang dikandung dalam teks-teks tersebut. Menguasai informasi merupakan salah satu tuntutan dalam kehidupan global sekarang ini.Menguasai informasi merupakan salah satu tuntutan dalam kehidupan global sekarang ini.

Tugas 1 Menemukan Teks Anekdot dalam Fenomena Sosial dan Budaya

Ikuti petunjuk pada setiap nomor!
(1)  Lakukanlah pengamatan atau observasi tentang fenomena alam, fenomena sosial, fenomena bahasa, dan fenomena budaya.
            Fenomena-fenomena itu merupakan tema-tema yang berbeda. Laporkanlah hasil observasi kalian dalam bentuk tulisan. Dengan demikian, terdapat empat teks laporan yang kalian hasilkan. Jangan lupa bahwa hal yang dilaporkan itu tergolong ke dalam klasifikasi tertentu. Selain itu, pastikan bahwa teks laporan yang kalian buat juga memiliki struktur teks pernyataan umum/klasifikasi^anggota/aspek yang dilaporkan.
                        Bandingkan teks-teks laporan kalian dengan pekerjaan teman-teman kalian. Perbaikilah teks-teks kalian sehingga teks-teks tersebut menjadi ideal.

(2)  Setelah kalian merasa yakin bahwa teks yang kalian buat itu adalah teks laporan, ubahlah tiap-tiap teks tersebut ke dalam jenis teks eksposisi. Itu berarti bahwa kalian diharapkan dapat mengusulkan sesuatu tentang tema-tema tersebut dari satu sisi argumentasi. Sebagai contoh, salah satu teks yang telah kalian buat itu bertema bahasa sehingga teks tadi, antara lain, menggambarkan klasifikasi bahasa (misalnya lisan-tulis, formal-informal, daerah-nasional, nasional-internasional, dan ilmiah-non-ilmiah). Lalu, kalian akan membuat teks tentang Bahasa A yang perlu dijaga dan dikembangkan agar tidak punah.
     Dengan demikian, kalian akan menghasilkan teks eksposisi yang berisi usulan mengenai upaya yang harus dilakukan agar Bahasa A tersebut tidak punah. Agar usulan kalian diterima oleh pihak lain, berikanlah argumentasi yang memadai.
     Cara yang sama dapat kalian lakukan terhadap ketiga tema yang lain. Pikirkan bahwa pada tema-tema tersebut terjadi masalah tertentu yang harus segera diselesaikan. Tulisan eksposisi yang akan kalian buat berisi usulan untuk memecahkan masalah tersebut. Kemukakan argumentasi yang kuat agar pihak lain menerima usulan kalian.
(3)  Bandingkanlah teks eksposisi yang kalian hasilkan dengan milik teman-teman kalian. Perbaiki sekali lagi hasil pekerjaan kalian itu agar betul-betul sesuai dengan kaidah-kaidah teks eksposisi yang baik.
     Teks eksposisi tentang tema fenomena alam, sosial, bahasa, dan budaya banyak ditemukan di media koran, majalah, atau internet. Carilah teks eksposisi tentang tema-tema tersebut. Setelah itu, ujilah kembali keempat teks eksposisi yang telah kalian buat di atas dengan memadankan semuanya dengan teks-teks yang kalian temukan dari media tersebut.
(4)  Dari fenomena sosial dan budaya di sekitar kalian, kalian mungkin menemukan sesuatu yang lucu, konyol, atau ganjil. Pilihlah peristiwa itu menjadi teks anekdot. Agar tidak menyinggung pihak tertentu, gantilah nama dan tempat       peristiwanya. Perlu kalian ingat bahwa teks anekdot mempunyai struktur teks abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda. Setelah selesai, tempelkanlah teks kalian itu di majalah dinding atau unggahlah ke internet sehingga orang lain akan membaca karya kalian itu. Teks anekdot kalian yang dibaca oleh banyak orang itu dapat menjadi pelajaran yang berharga bagi sesama.

Tugas 2 Memanfaatkan Informasi dari Sumber-Sumber Manual

(1)  Pada tugas ini kalian diharapkan dapat memanfaatkan informasi dari sumber manual. Sesungguhnya, manual itu merupakan teks prosedur yang memberikan arahan untuk melakukan sesuatu. Untuk itu, ikutilah petunjuk pada setiap nomor berikut ini!
      Memasang Kartrid Toner
(2)  Kalian tentu menyadari bahwa kalian tidak akan dapat mengoperasikan alat pencetak yang digambarkan itu apabila kalian tidak mengikuti langkah-langkah yang ditunjukkan. Teks tersebut tergolong ke dalam teks prosedur kompleks. Jelaskan mengapa selain langkah-langkahnya tidak dapat diubah urutannya, langkah yang satu juga menjadi syarat bagi langkah berikutnya.
(3)  Ungkapkan kembali teks prosedur tersebut dengan menggunakan bahasa kalian sendiri. Usahakan teks yang kalian buat itu lebih pendek. Kemudian, sampaikan teks tersebut kepada teman-teman kalian yang membutuhkan.
(4)  Di rumah mungkin kalian mempunyai alat pencetak sejenis dengan yang digambarkan di atas. Amatilah manualnya dan cocokkanlah dengan manual tersebut. Atau, kalian dapat meminta izin untuk mengamati alat pencetak yang ada di sekolah kalian. Bandingkanlah kedua versi manual itu, lalu ceritakan kepada teman-teman kalian persamaan dan perbedaan yang dapat kalian temukan.
(5)  Carilah teks manual tentang cara menjalankan mesin cuci, cara mengoperasikan mesin potong rumput, cara menghidupkan generator listrik, atau cara mengoperasikan alat-alat tertentu yang sering kalian jumpai di sekitar kalian.
Apabila kalian betul-betul paham dan dapat mengoperasikan mesin atau alat tersebut, kalian bisa menjadi   operator yang bagus dan bisa mengajarkan keterampilan itu kepada orang lain. Kemampuan kalian untuk mengoperasikan mesin atau alat itu dapat kalian tulis, lalu kalian sebarkan ke pihak lain, misalnya, dengan mengunggah tulisan tersebut ke media internet.

Tugas 3 Mempraktikkan Prosedur Menerapkan Resep Makanan

Ikuti petunjuk pada setiap nomor!
(1)  Carilah teks prosedur yang bukan manual, misalnya cara memasak nasi goreng, cara membuat teh manis, atau cara memasak makanan tertentu. Kalian dapat menemukan teks prosedur seperti itu pada buku-buku resep makanan, koran, atau majalah yang menyajikan ruang kuliner.
(2)  Amatilah teks-teks resep makanan tersebut. Selain tergolong ke dalam prosedur, teks-teks tersebut memuat keterangan-keterangan lain yang biasanya diletakkan pada bagian awal. Tahukah kalian keterangan-keterangan apa itu? Keterangan-keterangan tersebut adalah bahan-bahan makanan yang harus disiapkan sebelum langkah-langkah memasak dilakukan.
3)  Lakukanlah praktik memasak untuk resep makanan yang kalian sukai. Apabila kalian menghasilkan masakan yang sesuai dengan yang diharapkan, berarti kalian telah menguasai informasi tentang resep makanan tersebut dan telah memiliki keterampilan memasak jenis makanan yang dimaksud.


GB 6.3.jpg
GB 6.4.jpg

Gambar 6.3 Proses memasak rending

Sumber: Koleksi Foto Elvi Suzanti

Gambar 6.4 Ketupat kandangan
Sumber: Koleksi Foto Elvi Suzanti

(Resep masakan khas Sumatera Barat)

(Resep masakan khas Kalimantan Selatan)

Tidak ada komentar: