Kegiatan 3 Kerja Mandiri Membangun Berbagai Jenis Teks Dalam Satu Tema
Pada
Kegiatan 3 ini kalian diajak untuk mencari dan memanfaatkan informasi dengan
berbagai cara, antara lain melalui buku, koran, majalah, brosur, manual, atau
internet. Informasi tersebut disampaikan dalam bentuk teks dengan berbagai
jenis, misalnya deskripsi, laporan,
prosedur, penceritaan, eksplanasi, eksposisi, diskusi, negosiasi, puisi, anekdot, iklan, dan
berita.
Tentu
saja kalian akan mencari jenis teks yang sesuai dengan kebutuhan kalian
sendiri.Setelah kalian dapat menyerap informasi dari jenis-jenis teks tersebut,
kalian juga diharapkan dapat mengolah dan menyampaikannya kembali kepada pihak
lain, baik dengan jenis teks yang sama maupun dengan jenis teks yang berbeda.
Dengan
demikian, melalui jenis-jenis teks yang telah kalian kuasai, dapat dikatakan
bahwa kalian telah menguasai informasi yang dikandung dalam teks-teks tersebut.
Menguasai informasi merupakan salah satu tuntutan dalam kehidupan global
sekarang ini.Menguasai informasi merupakan salah satu tuntutan dalam kehidupan
global sekarang ini.
Tugas 1 Menemukan Teks Anekdot dalam Fenomena Sosial dan Budaya
Ikuti petunjuk
pada setiap nomor!
(1) Lakukanlah pengamatan atau observasi tentang
fenomena alam, fenomena sosial, fenomena bahasa, dan fenomena budaya.
Fenomena-fenomena
itu merupakan tema-tema yang berbeda. Laporkanlah hasil observasi kalian dalam
bentuk tulisan. Dengan demikian, terdapat empat teks laporan yang kalian
hasilkan. Jangan lupa bahwa hal yang dilaporkan itu tergolong ke dalam
klasifikasi tertentu. Selain itu, pastikan bahwa teks laporan yang kalian buat
juga memiliki struktur teks pernyataan umum/klasifikasi^anggota/aspek yang
dilaporkan.
Bandingkan teks-teks laporan
kalian dengan pekerjaan teman-teman kalian. Perbaikilah teks-teks kalian
sehingga teks-teks tersebut menjadi ideal.
(2) Setelah kalian merasa yakin bahwa teks yang
kalian buat itu adalah teks laporan, ubahlah tiap-tiap teks tersebut ke dalam
jenis teks eksposisi. Itu berarti bahwa kalian diharapkan dapat mengusulkan
sesuatu tentang tema-tema tersebut dari satu sisi argumentasi. Sebagai contoh,
salah satu teks yang telah kalian buat itu bertema bahasa sehingga teks tadi,
antara lain, menggambarkan klasifikasi bahasa (misalnya lisan-tulis,
formal-informal, daerah-nasional, nasional-internasional, dan
ilmiah-non-ilmiah). Lalu, kalian akan membuat teks tentang Bahasa A yang perlu
dijaga dan dikembangkan agar tidak punah.
Dengan demikian, kalian akan menghasilkan
teks eksposisi yang berisi usulan mengenai upaya yang harus dilakukan agar
Bahasa A tersebut tidak punah. Agar usulan kalian diterima oleh pihak lain,
berikanlah argumentasi yang memadai.
Cara
yang sama dapat kalian lakukan terhadap ketiga tema yang lain. Pikirkan bahwa
pada tema-tema tersebut terjadi masalah tertentu yang harus segera
diselesaikan. Tulisan eksposisi yang akan kalian buat berisi usulan untuk
memecahkan masalah tersebut. Kemukakan argumentasi yang kuat agar pihak lain
menerima usulan kalian.
(3) Bandingkanlah teks eksposisi yang kalian
hasilkan dengan milik teman-teman kalian. Perbaiki sekali lagi hasil pekerjaan
kalian itu agar betul-betul sesuai dengan kaidah-kaidah teks eksposisi yang
baik.
Teks
eksposisi tentang tema fenomena alam, sosial, bahasa, dan budaya banyak
ditemukan di media koran, majalah, atau internet. Carilah teks eksposisi
tentang tema-tema tersebut. Setelah itu, ujilah kembali keempat teks eksposisi
yang telah kalian buat di atas dengan memadankan semuanya dengan teks-teks yang
kalian temukan dari media tersebut.
(4) Dari fenomena sosial dan budaya di sekitar
kalian, kalian mungkin menemukan sesuatu yang lucu, konyol, atau ganjil.
Pilihlah peristiwa itu menjadi teks anekdot. Agar tidak menyinggung pihak
tertentu, gantilah nama dan tempat peristiwanya.
Perlu kalian ingat bahwa teks anekdot mempunyai struktur teks
abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda. Setelah selesai, tempelkanlah teks
kalian itu di majalah dinding atau unggahlah ke internet sehingga orang lain
akan membaca karya kalian itu. Teks anekdot kalian yang dibaca oleh banyak
orang itu dapat menjadi pelajaran yang berharga bagi sesama.
Tugas 2 Memanfaatkan Informasi dari Sumber-Sumber Manual
(1) Pada
tugas ini kalian diharapkan dapat memanfaatkan informasi dari sumber manual.
Sesungguhnya, manual itu merupakan teks prosedur yang memberikan arahan untuk
melakukan sesuatu. Untuk itu, ikutilah petunjuk pada setiap nomor berikut ini!
Memasang Kartrid Toner
(2) Kalian tentu menyadari bahwa kalian tidak
akan dapat mengoperasikan alat pencetak yang digambarkan itu apabila kalian
tidak mengikuti langkah-langkah yang ditunjukkan. Teks tersebut tergolong ke
dalam teks prosedur kompleks. Jelaskan mengapa selain langkah-langkahnya tidak
dapat diubah urutannya, langkah yang satu juga menjadi syarat bagi langkah
berikutnya.
(3) Ungkapkan kembali teks prosedur tersebut
dengan menggunakan bahasa kalian sendiri. Usahakan teks yang kalian buat itu
lebih pendek. Kemudian, sampaikan teks tersebut kepada teman-teman kalian yang
membutuhkan.
(4) Di rumah mungkin kalian mempunyai alat
pencetak sejenis dengan yang digambarkan di atas. Amatilah manualnya dan
cocokkanlah dengan manual tersebut. Atau, kalian dapat meminta izin untuk
mengamati alat pencetak yang ada di sekolah kalian. Bandingkanlah kedua versi
manual itu, lalu ceritakan kepada teman-teman kalian persamaan dan perbedaan
yang dapat kalian temukan.
(5) Carilah teks manual tentang cara menjalankan
mesin cuci, cara mengoperasikan mesin potong rumput, cara menghidupkan
generator listrik, atau cara mengoperasikan alat-alat tertentu yang sering
kalian jumpai di sekitar kalian.
Apabila kalian
betul-betul paham dan dapat mengoperasikan mesin atau alat tersebut, kalian
bisa menjadi operator yang bagus dan
bisa mengajarkan keterampilan itu kepada orang lain. Kemampuan kalian untuk
mengoperasikan mesin atau alat itu dapat kalian tulis, lalu kalian sebarkan ke
pihak lain, misalnya, dengan mengunggah tulisan tersebut ke media internet.
Tugas 3 Mempraktikkan Prosedur Menerapkan Resep Makanan
Ikuti petunjuk
pada setiap nomor!
(1) Carilah teks prosedur yang bukan manual,
misalnya cara memasak nasi goreng, cara membuat teh manis, atau cara memasak
makanan tertentu. Kalian dapat menemukan teks prosedur seperti itu pada
buku-buku resep makanan, koran, atau majalah yang menyajikan ruang kuliner.
(2) Amatilah teks-teks resep makanan tersebut.
Selain tergolong ke dalam prosedur, teks-teks tersebut memuat
keterangan-keterangan lain yang biasanya diletakkan pada bagian awal. Tahukah
kalian keterangan-keterangan apa itu? Keterangan-keterangan tersebut adalah
bahan-bahan makanan yang harus disiapkan sebelum langkah-langkah memasak
dilakukan.
3) Lakukanlah praktik memasak untuk resep
makanan yang kalian sukai. Apabila kalian menghasilkan masakan yang sesuai
dengan yang diharapkan, berarti kalian telah menguasai informasi tentang resep
makanan tersebut dan telah memiliki keterampilan memasak jenis makanan yang
dimaksud.
|
|
Gambar 6.3 Proses memasak rendingSumber: Koleksi Foto Elvi Suzanti |
Gambar 6.4 Ketupat kandangan
Sumber: Koleksi Foto Elvi Suzanti
|
(Resep masakan khas Sumatera Barat) |
(Resep masakan khas Kalimantan Selatan)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar