WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Selasa, 13 Agustus 2013

TEKS I (Kegiatan 2 Kerja Sama Membangun Teks Laporan Hasil Observasi )

Kegiatan 2  Kerja Sama Membangun Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan yang kalian pelajari pada Kegiatan 1 berkaitan dengan alam, manusia, dan binatang.
Pada Kegiatan 2, kalian menganalisis teks laporan tentang unsur alam yang disebut karbon. Kalian diharapkan dapat memahami bahwa jenis-jenis  karbon tertentu bermanfaat bagi kita, tetapi jenis-jenis karbon yang lain  merugikan.Tugas-tugas berikut ini disusun untuk memandu kalian dalam menguraikan dan membangun teks laporan. Analisis sederhana dari segi struktur teks dan ciri-ciri  kebahasaan teks laporan akan kalian lakukan bersama-sama.

Tugas 1 Membaca Teks "Karbon"

Bacalah teks yang berjudul “Karbon” berikut ini. Kemudian, kerjakan tugas-tugas yang disediakan sesuai dengan petunjuk!

KARBON

1.   Karbon adalah unsur kimia nonmetal yang disimbolkan dengan huruf C. Karbon berada di alam dalam bentuk karbon murni (seperti berlian dan grafit) dan karbon terikat secara kimia dalam senyawa alam yang dapat berbentuk kristal murni (seperti berlian dan grafit). Karbon umumnya berada dalam senyawa ikatan kimia dengan unsur lain yang juga dapat berbentuk senyawa organik (seperti batu bara dan petroleum) atau senyawa anorganik (seperti gamping dan bubuk pengembang kue).Terlepas dari persebarannya yang cukup luas, karbon hanya berjumlah 0,19 persen dari kerak bumi.

2.   Kedua bentuk dasar karbon tersebut mempunyai sifat-sifat yang sangat berbeda. Berlian terbentuk dari atom yang terikat dengan sangat kuat sehingga dikenal sebagai benda yang paling keras. Di pihak lain, karbon yang kedua, yaitu grafit, memiliki kekerasan lebih rendah daripada berlian. Grafit disusun oleh atom yang berbentuk heksagonal pada lembaran-lembaran yang sejajar. Setiap lembaran hanya terikat secara terpisah-pisah sehingga grafit terasa licin dan dapat digunakan sebagai pelumas atau alat tulis. Benda hitam yang terdapat di dalam pensil adalah grafit. Perbedaan penting lain antara berlian dan karbon adalah daya hantar arus listrik yang dikandung. Berlian adalah benda nonkonduktor (tidak dapat menghantarkan arus listrik), sedangkan grafit adalah benda konduktor (dapat menghantarkan arus listrik). Akan tetapi, baik berlian maupun grafit mempunyai titik leleh dan titik didih yang tinggi.

3.   Sifat optik berlian sangat signifikan. Berlian mempunyai indeks refraksi paling tinggi jika dibandingkan dengan batu permata apa pun sehingga benda ini memantulkan cahaya ke mata dengan lebih menyilaukan daripada pantulan dari jenis batu permata yang lain. Berlian juga mempunyai daya dispersif yang luar biasa. Berlian dapat mengurai cahaya menjadi spektrum yang berwarna-warni.

4.  Pada suhu rendah semua bentuk karbon lembek, tetapi pada suhu tinggi karbon akan bersenyawa dengan oksigen dalam proses oksidasi. Bentuk karbon apa pun ketika bersenyawa dengan oksigen yang banyak pada suhu tinggi akan membentuk karbon monoksida. Karbon monoksida terbentuk sebagai hasil pembakaran mesin yang menggunakan minyak petroleum dan ditemukan dalam jumlah yang besar pada buangan knalpot mesin otomotif. Apabila terkena panas di atmosfer bersama
     oksigen bebas, karbon dasar akan terkonversi menjadi dioksida. Karbon dioksida relatif tidak reaktif. Bahan yang terbakar pada suhu yang relatif rendah, seperti kayu dan kertas, tidak akan terbakar dalam karbon dioksida. Atas dasar ini, karbon dioksida digunakan sebagai bahan pemadam kebakaran.
    (Diadaptasi dari Reading and Thinking in English, Vol. 3, 1987: 35--37)

1)  Apakah yang dimaksud dengan karbon? Jawaban kalian betul apabila berupa definisi. Jika dibalik, kalimat jawaban kalian itu menjadi seperti (a) atau (b) berikut ini.
(a)  Unsur kimia yang disimbolkan dengan huruf  C adalah ... ... ... ... (titik-titik ini kalian isi sendiri).
(b)  Unsur kimia yang disimbolkan dengan huruf C disebut ... ... ... ... (titik-titik ini kalian isi sendiri).
      Sekarang, buatlah definisi lain berdasarkan teks laporan "Karbon" dengan melengkapi kalimat yang belum selesai pada tabel di bawah ini. Nomor 1 sudah dibuat sebagai contoh.
     Untuk memudahkan dalam menyelesaikan tugas ini, bacalah teks itu berulang-ulang dan kalian akan menyadari bahwa ternyata definisi itu dapat dibangun setiap kali kalian menemukan istilah teknis.
     Seperti  pada nomor 1 yang dicontohkan berikut ini, agar definisi yang  kalian buat memenuhi kebenaran, unsur Y dapat kalian buat dengan konjungsi yang, yang berfungsi untuk membatasi pengertian pada unsur X.
     Meskipun dengan cara itu dihasilkan definisi yang panjang, definisi itu lebih berterima.

No.
X
=
Y
1.
Berlian
adalah
benda nonkonduktor (tidak dapat menghantarkan arus listrik.
2.
... ... ... ... ... ... ... 
adalah
benda hitam yang lunak yang tersusun oleh atom yang berbentuk heksagonal pada lembaran-lembaran yang sejajar yang terikat secara terpisah-pisah.adalah
3.
Konduktor
adalah
.... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
4.
... ... ... ... ... ... ...
adalah
benda yang tidak dapat menghantarkan arus listrik.
5.
Proses oksidasi
adalah
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
6.
Karbon Monoksida
adalah

... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

Setiap definisi pada tabel di atas dapat dibalik. Baliklah definisi itu agar  dapat menguji kebenarannya. Butir (a) sudah dikerjakan sebagai contoh.
(a)  Benda hitam yang lunak yang tersusun oleh atom yang berbentuk heksagonal pada lembaran-lembaran yang sejajar yang terikat secara terpisah-pisah disebut karbon.
(b)  ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..
  ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... 
 ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... 
(c)    ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .
  ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... 
(d  ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... 
  ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... 
  ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... 
 (e  ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
  ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... 
  ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... 
(f)     ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .
  ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... 


(2)  Di manakah kalian menjumpai karbon? Di alam bebas, di perhiasan, atau di makanan? Misalnya, makanan dalam kemasan sering disertai keterangan tentang komposisi kandungan gizi yang ada di dalamnya. Dengan mengamati keterangan itu, kalian dapat mengidentifikasi apakah makanan tersebut mengandung karbon atau tidak.

(3)  Ada berapakah jenis karbon? Apakah setiap jenis dapat dibagi lagi menjadi subjenis? Jelaskan dengan disertai beberapa contoh!

(4)  Mengapa karbon dioksida digunakan sebagai bahan pemadam kebakaran?
Penjelasan dapat kalian berikan dengan tidak hanya berdasarkan isi teks.

(5)  Apakah karbon bermanfaat bagi kita? Sebaliknya, apakah karbon juga merugikan kita? Apa kerugian yang diakibatkan karbon? Selain jawaban dari teks, carilah informasi lain dari sumber-sumber lain untuk menjawab pertanyaan ini.
Kalian dapat mengaitkan jawaban dengan keberadaan karbon di alam bebas, perhiasan, atau makanan.

Tugas 2  Meringkas Isi Teks Laporan

Kerjakan sesuai dengan petunjuk!
(1)  Teks laporan yang berjudul “Karbon” dapat disajikan secara ringkas. Caranya, kalian hanya menulis ulang kalimat-kalimat inti dari setiap tahap pada struktur teks itu. Misalnya, mula-mula kalian mengemukakan definisi karbon.
Selanjutnya, sebutkan jenis-jenis karbon menurut subkelas yang ada. 
Sebagai latihan, teruskan kerangka berikut ini!

(2)  Kalian sekarang tahu bahwa dalam membuat ringkasan, isi ringkasan harus sama dengan isi teks yang diringkas. Kalian juga dapat memanfaatkan struktur teks itu sebagai panduan. Bandingkan ringkasan kalian dengan yang dibuat oleh teman-teman kalian, apa memang isinya sama antara ringkasan dan teks tentang karbon. Jika belum, perbaiki lagi sampai berhasil!

(3)  Cara meringkas seperti itu dapat kalian terapkan dalam memahami teks-teks pada buku pelajaran untuk mata pelajaran selain bahasa Indonesia. Sering melalui kegiatan meringkas, proses belajar kalian akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.29 Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik

Tugas 3  Menata Struktur Teks Laporan

Kerjakan sesuai dengan petunjuk!
(1)            Berikut ini adalah laporan tentang kekeringan di Indonesia. Tulisan itu belum selesai. Teruskan laporan ini agar dapat dimengerti dengan baik!
Kekeringan
Kekeringan adalah keadaan kekurangan air yang sangat ekstrem dalam waktu lama. Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksi secara tepat.
Di Indonesia, hujan turun secara tidak merata meskipun pada umumnya hujan terjadi di seluruh wilayah negeri. Ada daerah yang lebih mendapatkan curah hujan dan ada pula daerah yang kurang mendapatkan curah hujan.
Selain itu, hujan tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Di wilayah barat, hujan sudah turun, tetapi di wilayah timur belum ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...  . ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...  ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...  . ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...  ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...  . ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...  . ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .

 (2)    Periksalah pekerjaan kalian itu sekali lagi, apakah teks kalian telah ditata menurut struktur teks yang baik, yang    terdiri atas pernyataan umum/klasifikasi^anggota/aspek yang dilaporkan.

Tugas 4  Menanggapi Isi Teks Laporan

Kerjakan tugas-tugas berikut ini sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
(1)  Pekerjaan yang telah kalian buat pada Tugas 3 tersebut dapat kalian sajikan di depan teman-teman kalian dengan membacanya keras-keras dan teman-teman kalian menyimak secara saksama. Mintalah komentar dari teman-teman kalian, apakah pekerjaan kalian itu sudah baik. Berdasarkan masukan teman-teman kalian, perbaikilah pekerjaan kalian itu!

(2)  Bergantilah peran, teman-teman  yang semula mendengarkan sekarang bertindak sebagai penyaji dan kalian bertindak sebagai pendengar. Selain itu, berikanlah pula masukan untuk pekerjaan teman-teman kalian. Masukan itu dapat berupa usulan, saran, atau komentar.

Tugas 5  Mengolah Data Teks Laporan

Pada tugas ini kalian diharapkan dapat membangun teks laporan berdasarkan data yang disediakan. Untuk itu, ikutilah petunjuk yang diberikan pada setiap nomor!

(1)  Bacalah teks yang berjudul “Komodo” berikut ini dengan teliti. Setujukah kalian bahwa teks tersebut tergolong ke dalam teks laporan?

KOMODO



Gambar 1.4 Komodo
Sumber: Balai Taman Nasional Komodo  http://komodo-park.com/detail.php?id=12

1   Tahukah kalian binatang melata apakah yang paling besar?
Binatang itu adalah komodo. Binatang itu hidup di semak-semak belukar dan di daerah hutan di sejumlah pulau  di Indonesia.

2   Komodo adalah binatang melata terberat di dunia yang mempunyai berat 100 kg atau lebih. Komodo terbesar yang pernah diukur mempunyai panjang lebih dari 3 meter dan berat 166 kg, tetapi ukuran komodo rata-rata yang hidup secara liar adalah sekitar 2,5 meter dengan berat 91 kg.

3   Komodo mempunyai kulit bersisik yang berwarna abu-abu, moncong yang lancip, tungkai lengan yang kuat, dan ekor yang berotot. Komodo menggunakan indra penciuman yang tajam untuk mendeteksi keberadaan bangkai binatang yang terletak beberapa kilometer di kejauhan. Komodo memburu binatang melata lainnya, seperti binatang mamalia yang besar, bahkan kadang-kadang bertindak sebagai binatang kanibal.

4   Hampir semua bagian gigi komodo tertutup oleh gusi. Ketika komodo sedang makan, gusinya berdarah dan menjadi media ideal bagi berkembangnya bakteri yang berbahaya. Bakteri yang hidup dalam air liur komodo menyebabkan darah korban yang digigit keracunan. Komodo akan menggigit binatang mangsanya, lalu membuntutinya sampai binatang itu lemas tidak berdaya untuk dibawa pergi.

5   Spesies binatang melata ini terancam punah. Kenyataan itu, antara lain, disebabkan oleh kegiatan perburuan yang tidak bertanggung jawab, terbatasnya binatang yang menjadi mangsanya, dan habitatnya yang rusak.(Diadaptasi dari berbagai sumber)
(2)  Informasi manakah yang membuat kalian dapat menentukan bahwa teks tersebut adalah teks laporan? Berikan penjelasan secukupnya!
(3)  Dapatkah urutan paragraf 3 dan 4 dipertukarkan? Jelaskan mengapa demikian!
(4)  Tidak semua kalimat berikut ini berisi ciri-ciri komodo. Bubuhkan tanda centang (√) pada kalimat-kalimat yang sesuai dan tanda silang (X) pada kalimat-kalimat yang tidak sesuai!

Jawaban
Ciri-Ciri Komodo
1.     ... ...
Komodo adalah binatang melata terbesar dan terberat di dunia.
2.     ... ...
Panjang komodo secara rata-rata adalah sekitar 2,5 meter dengan berat 91 kg.
3.     ... ...
Komodo mempunyai kulit bersisik yang berwarna gelap.
4.     ... ...
Komodo mempunyai kepala yang lancip dan ekor yang panjang.
5.     ... ...
Komodo mempunyai indra penciuman yang tajam.
6.     ... ...
Komodo dapat bertindak sebagai pemakan sesama.
7.     ... ...
Gusi komodo menutup hampir semua bagian giginya.
8.     ... ...
Komodo mempunyai air liur yang tidak berbahaya.
9.     ... ...
Komodo hampir punah yang, antara lain, disebabkan oleh kematian sebagai akibat dari perkelahian.
10.  ... ...
Perburuan terhadap komodo dapat mempercepat kepunahan komodo.

 (5)   Ceritakan kembali teks laporan tersebut, baik secara tulis maupun lisan. Mula-mula, buatlah ringkasan dari teks itu secara tulis. Kemudian, berdasarkan ringkasan itu, ungkapkan teks itu secara lisan di hadapan teman-teman kalian.  Akan tetapi, pada waktu kalian menyampaikan ringkasan itu, kalian tidak boleh membacanya.

        Berilah kesempatan kepada teman-teman kalian untuk melakukan hal yang sama. Lalu, sekarang giliran kalian untuk bertindak sebagai pendengar!

Tidak ada komentar: