WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Jumat, 01 November 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Pemodelan Teks Laporan Hasil Observasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan    :    SMK Negeri 1 Sidoarjo
Mata pelajaran          :    Bahasa Indonesia
Kelas/Semester         :    X / 1
Tema/Topik              :    Gemar Meneroka Alam Semesta
Kegiatan 1                :    Pemodelan Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi waktu          :     4  pertemuan ( 8 jam pelajaran)

 

A.      KOMPETENSI INTI

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, reponsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secera efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.

 

B.       KOMPETENSI DASAR

1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan  hasil observasi
                                                                                                                                               
3.1     Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1. Menginterpretasi makna teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik secara lisan maupun tulisan






C.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1.1     Menyampaikan secara lisan dan tulis kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar dalam teks laporan hasil observasi dengan tahapan yang benar: pertanyaan klarifikasi, deskripsi bagian, tujuan, fungsi, kegunaaan, dan lain-lain.
1.2     Menggunakan kohesi leksikal dan kalimat simpleks dan kompleks dalam teks laporan hasil observasi untuk menceritakan hal atau kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar.
1.3     Menggunakan dengan pemarkah spasial, penambahan, perbandingan, waktu (urutan, simultan), dan pemarkah sebab akibat sederhana dalam teks laporan hasil observasi.
1.4     Membuat kata dan kelompok kata mengenal fakta (deskriptif dan klarifikasi) dan pendapat sederhana, termasuk penggunaan modalitas yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi.
1.5     Membedakan lafal baku dan tak baku kata-kata yang berkaitan dengan teks laporan hasil observasi.
1.6     . Memublikasikan teks laporan hasil observasi yang telah dibuat melalui media atau forum komunikasi yang tersedia   


D.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah membaca teks laporan hasil observasi, peserta didik diharapkan mampu :
1. Menyampaikan secara lisan dan tulis kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar dalam teks laporan hasil observasi dengan tahapan yang benar: pertanyaan klarifikasi, deskripsi bagian, tujuan, fungsi, kegunaaan, dan lain-lain dapat me teks laporan hasil observasi secara tepat..
2. menggunakan kohesi leksikal dan kalimat simpleks dan kompleks dalam teks laporan hasil observasi dengan benar.
3.      menggunakan pemarkah spasial, penambahan, perbandingan, waktu (urutan, simultan), dan pemarkah sebab akibat sederhana dalam teks laporan hasil observasi dengan benar.
4. menggunakan kata dan kelompok kata mengenal fakta (deskriptif dan klarifikasi) dan pendapat sederhana, termasuk penggunaan modalitas yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi dengan benar.
5. membedakan lafal baku dan tak baku kata-kata yang berkaitan dengan teks laporan hasil observasi dengan benar.
6. Memublikasikan teks laporan hasil observasi yang telah dibuat melalui media atau forum komunikasi yang tersedia  

E.       MATERI PEMBELAJARAN

1.    Teks laporan hasil observasi
2.    Struktur teks laporan hasil observasi
3.    Bahasa laporan

F.       METODE PEMBELAJARAN

1.    Pendekatan   : Saintifik
2.    Metode         : Curah pendapat, diskusi, dan penugasan

G.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama
1.
Pendahuluan (10 menit)

a.       Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (absensi, kebersihan, kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
b.      Guru menyampaikan topik tentang Meneroka Alam Semesta
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
d.      Menyepakati kegiatan yang dilakukan
2.
Kegiatan Inti (70 menit)

Mengamati/observing

§   Menayangkan video tentang kemegahan alam raya Indonesia ,peserta didik mengamati
§   Pada saat mengamati tayangan, pada diri peserta didik timbul berbagai pertanyaan mengenai keanekaragaman kekayaan alam Indonesia. Hal tersebut menambah   rasa mensyukuri keagungan TuhanYang Maha Esa.an-motivasi-perpus)
Menanya/questioning
Berdiskusi untuk menggali informasi tentang jenis tanaman dan hewan  apa sajakah yang ada di alam Indonesia? Adakah yang dilindungi ?
Informasi lengkap mengenai hal itu dapat diperoleh melalui berbagai media seperti laporan hasil observasi.

Menalar/associating
Mendiskusikan pengertian dan komponen laporan hasil observasi.
           Mencoba/experimenting
Menganalisis informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun berbagai sumber  yang terkait untuk mendapatkan kesimpulan tentang  laporan hasil observasi.

Mengkomunikasikan/networking
Hasil analisis disampaikan secara lisan.
3.
Penutup (10 menit)

a.    Melakukan refleksi, misalnya mereviu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
b.    Mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan kedua, yaitu menentukan struktur teks laporan hasil observasi.
c.    Mencatat bahwa pada pertemuan kedua akan didiskusikan hasil temuan dari tiap kelompok.
d.    Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Pertemuan kedua
1.
Pendahuluan (10 menit)

a.    Salah seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
b.    Melakukan apersepsi
c.    Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
d.    Mengekspresikan rasa syukur atas keberadaan bahasa Indonesia setelelah mengindetifikasi struktur teks laporan.
e.    Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.
2.
Kegiatan Inti (70 menit)

Mengamati/observing
.Mengamati contoh Laporan hasil observasi ( Teks “MAKHLUK DI BUMI INI”)
otivasi-perpus)
Menanya/questioning
       Menanya tentang isi, struktur, dan bahasa   laporan hasil observasi

            Menalar/associating
Secara berkelompok peserta didik membedah isi, struktur, dan bahasa   laporan
            Mencoba/experimenting
Menganalisis informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun berbagai sumber  yang terkait untuk mendapatkan kesimpulan tentang  laporan hasil observasi.

Mengkomunikasikan/networking
Mempresentasikan hasil analisis dalam diskusi kelas.
3.
Penutup (10 menit)

a.    Membuat simpulan pembelajaran
b.    Melakukan refleksi, misalnya mereviu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
c.    Mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan ketiga, yaitu mengamati teks laporan yang ideal.
d.    Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Pertemuan ketiga
1.
Pendahuluan (10 menit)

a.    Seorang peserta didik memimpin doa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
b.    Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
c.    Tanya jawab tentang sistem peredaran manusia
2.
Kegiatan Inti (70 menit)

Mengamati/observing
Mengamati (membaca) contoh teks pendek yang berjudul “Sistem Peredaran Manusia”.
otivasi-perpus)
           Menanya/questioning
       Menanya berbagai hal yang terkait dengan teks.

Menalar/associating
a.       Secara berkelompok mendiskusikan teks tentang sistem peredaran manusia.
b.      mendiskusikan perbedaan antara sistem peredaran darah manusia dan binatang.
          
           Mencoba/experimenting
Menganalisis informasi dan data-data yang didapat dari diskusi untuk mendapatkan kesimpulan tentang  sistem peredaran darah.

Mengkomunikasikan/networking
            Menyampaikan hasil analisis dalam diskusi kelas.
3.
Penutup (10 menit)

a.    Melakukan refleksi, misalnya merevieu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
b.    Peserta didik  mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan yang keempat, mencari teks bertema binatang menyusui.
c.    Seorang peserta didik memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Pertemuan keempat
1.
Pendahuluan (10 menit)

a.    Seorang peserta didik memimpin doa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
b.    Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.
c.    Tanya jawab tentang binatang menyusui.
2.
Kegiatan Inti (70 menit)

Mengamati/observing
Mengamati (membaca) teks laporan tentang harimau.
.otivasi-perpus)
           Menanya/questioning
       Menanya bahasa laporan yang digunakan dalam  teks .
           Menalar/associating
             Secara berkelompok mendiskusikan bahasa laporan dalam teks
          
           Mencoba/experimenting
Membuat masing-masing contoh kalimat sesuai dengan yang terdapat pada teks.

Mengkomunikasikan/networking
            Menyampaikan hasil diskusi kelompok.
3.
Penutup (10 menit)

a.    Melakukan refleksi, misalnya menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran.
b.    Peserta didik  mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan yang kelima, mencari teks tentang karbon.
c.    Seorang siswa memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

H.      MEDIA DAN SUMBER BELAJAR

1.    Media                :
·      Video kemegahan alam raya Indonesia
·       Beragam contoh teks laporan
2.    Sumber belajar  :
·      Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia
·      Kamus Besar Bahasa Indonesia
·      Pengalaman peserta didik dan guru
 PENILAIAN HASIL BELAJAR
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·         Observasi


·         Tes Tulis










·         Tes Praktik

·         Lembar pengamatan sikap dan rubrik
·         Tes uraian










·         Tes tulis



·         Temukan kata-kata sulit yang terdapat dalam teks “Makhluk di Bumi Ini”!
·         Jelaskan kata-kata sulit yang terdapat dalam teks “Makhluk di Bumi Ini”!
·         Amatilah benda mati dan benda hidup yang ada di sekitar kalian. Apakah benda mati dan benda hidup saling bergantung? Berilah penjelasan singkat.
·         Menulis tes laporan, rubrik penilaian






Rubrik Penilaian Teks Laporan Hasil Observasi
No
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1
2

3


4


5
Ketepatan judul
Kelengkapan isi

Keterpaduan teks laporan observasi

Kesalahan struktur kalimat teks laporan observasi

Ketepatan penulisan ejaan dan tanda baca
Apakah judul sesuai dengan isi?
Apakah teks memuat seluruh struktur isi laporan observasi (judul,struktur)?
Apakah antara paragraph satu dengan paragraph berikutnya berkaitan, ditandai oleh keterkaitan isi?
Apakah tidak ada kesalahan dalam struktur kalimat teks laporan observasi?
Apakah tidak ada kesalahan dalam penulisan ejaan dan tanda baca?


 

Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·         Observasi


·         Tes Tulis





·         Lembar pengamatan sikap dan rubrik
·         Tes uraian
·         Tes tulis




·         Menemukan perbedaan sistem peredaran darah manusia dan binatang.
·         Klasifikasikan binatang mamalia pemakan daging dan tumbuhan.

Lembar Pengamatan Sikap          
No
Aspek
Skor
Catatan
1
2
3
1

2
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
Kesantunan dalam menggunakan bahasa Indonesia









·   Skor 3 jika memeneuhi 3 kriteria
·   Skor 2 jika hanya memenuhi 2 kriteria
·   Skor 1 jika hanya memenuhi 1 kriteria
































Rubrik Penilaian Sikap
No
Aspek
Deskripsi
1





2
Rasa syukur kepada Tuhan atas keberadaan bahasa Indonesia



Kesantunan dalam menggunakan bahasa Indonesia
·      Menunjukkan ekspresi atau ungkapan senang, kagum
·      Menunjukkan sikap yakin dan bangga terhadap keberadaan bahasa Indonesia
·      Selalu menggunakan bahas Indonesia secara tertib

·      Kalimat yang digunakan komunikatif
·      Diksi yang digunakan dalam diskusi menggunakan kata-kata halus seperti tolong, harap, menutut pendapat saya, dsb.
·      Sebelum memberi tanggapan/menyela terlebih dahulu meminta kesempatan kepada ketua kelompok/moderator

Sidoarjo, ……………………
Mengetahui
Kepala SMK Negeri 1 Sidoarjo



Drs. H. HERU MURSANYOTO, MM
NIP.  19630913 198703 1 016



Guru Mata Diklat



DWI EMI RIYANI, S.Pd, MM
NIP. 19641010 198903 2 018