Peningkatan Dua Puluh Empat Kompetensi Siswa
Akhir Abad 21 Dalam MengModel
Pendekatan Proses
Peningkatan
Dua Puluh Empat Kompetensi Siswa
Akhir
Abad 21 Dalam Mengembangkan Keimanan
No
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Indikator Operasional Pengembangan
|
Bidang Pengembangan
|
||
Kelas 10
|
Kelas 11
|
Kelas 12
|
|||
1.
|
Siswa
memiliki keimanan, ketaqwaan, dan ahlak mulia
|
· Mengikuti
kegiatan keagamaan tingkat sekolah
· Peringatan
hari besar
· Mengikuti
kegiatan bakti sosial
|
· Menjadi
pengurus kegiatan keagamaan
· Panitia
hari besar keagamaan
· Panitia
kegiatan bakti sosial
|
· Pemimpin
kegiatan pengajian
· Pengabdian
sosial membantu orang fakir miskin.
· Menjadi iman
sholat
· Kegiatan
kesalehan sosial di sekolah
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
|
· Melek baca
Quran Iqro, hapal 5
|
· Melek baca
Quran:
· Hapal 10
surat bacaan shalat
|
· Melek baca
Quran:hatam satu kali, hapal 20 surat.
|
· kegiatan
kelas.
|
||
· Memulai
kegiatan dengan ucapan basmalah
|
· Menggunakan
firman Allah sebagai dasar pekerjaan
· Menerapkan
prinsip-prinsip agama untuk belajar dan menguasai ilmu
|
· Menerapkan prinsip-prinsip agama dalam berinteraksi
sosial
· Menerapkan
prinsip agama dalam interaksi belajar.
· Menerapkan
prinsip agama dalam menguasi ilmu dan keterampilan terbaik
|
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
|
||
· Mempelajari
materi pelajaran sesuai KTSP
· Berlomba
yang terbaik di tingkat sekolah
· Mengekspresikan
hasil karya di kelas.
|
· Mempelajari
materi pelajaran sesuai KTSP
· Berlomba
yang terbaik di tingkat kabupaten
· Mengekspresikan
pikiran melalui majalah sekolah
|
· Mempelajari
materi pelajaran sesuai KTSP
· Berlomba
yang terbaik di tingkat provinsi /nasional
· Mengekspresikan
kopetensi melalui kegiatan antar sekolah atau melalui TIK
|
· Mata
pelajaran agama
|
2.
|
Siswa
memiliki karakter kebangsaan seperti bersikap jujur, tanggung jawab, dan
selalu ingin tahu
|
· Menamkan
rasa percaya diri
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kelas.
|
||
·
|
·
|
·
|
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
|
||
3.
|
Siswa
memiliki sikap ramah sosial dan ramah lingkungan
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata pelajaran
agama
·
|
4.
|
Siswa
berkarakter kepemimpinan berpengaruh
|
· Melatih
siswa menjadi pengur.
|
· Tiap siswa
bertugas menjadi petugas dalam upacara bendera
· Menjadi
pengurus OSIS dan organisasi lain
|
· Ketua
kelas ganti tiap minggu agar semua siswa berpengalaman jadi pemimpin.
· Tiap siswa
bertugas menjadi petugas dalam upacara bendera
· Memimpin
kolaborasi antar sekolah di dalam dan luar negeri
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
|
· Ketua
kelas berganti tiap minggu agar semua siswa berpengalaman jadi pemimpin.
|
· Ketua
kelas berganti tiap minggu agar semua siswa berpengalaman jadi pemimpin.
|
· Ketua
kelas berganti tiap minggu agar semua siswa berpengalaman jadi pemimpin.
|
· kegiatan
kelas.
|
||
· Membaharui
peran ketua sekretaris, dan anggota kelompok diskusi secara berkala
· Memberikan
pelung kepada siswa menyajikan pikiran secara lisan dan tulisan
|
· Membaharui
peran ketua sekretaris, dan anggota kelompok diskusi secara berkala
· Memberikan
pelung kepada siswa menyajikan pikiran secara lisan dan tulisan
|
· Membaharui
peran ketua sekretaris, dan anggota kelompok diskusi secara berkala
· Memberikan
pelung kepada siswa menyajikan pikiran secara lisan dan tulisan
|
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
|
||
· Tiap
berpengalaman menjadi penyaji hasil belajar.
|
·
Tiap berpengalaman
menjadi penyaji hasil belajar.
|
·
Tiap berpengalaman
menjadi penyaji hasil belajar.
|
· Mata
pelajaran
|
||
5.
|
Siswa menguasai ilmu pengetahuan sesuai standar
KTSP yang diperkaya dengan referensi
taraf internasional
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
6.
|
Siswa
dapat melakukan kegiatan belajar tentang bagaimana seharusnya belajar
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
7.
|
Siswa
dapat mengakses dan menganalisis informasi
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
8.
|
Siswa dapat berinisiatif atau
berwirausaha
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
9.
|
Siswa
terampil membaca
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
10.
|
Siswa
terampil berkomunikasi lisan dalam berbahasa Indonesia
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
11.
|
Siswa
terampil berkomunikasi tertulis dalam bahasa Indonesia
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
12.
|
Siswa
terampil berkomunikasi lisan dalam bahasa Inggris/bahasa asing lain.
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
13.
|
Siswa
terampil berkomunikasi tertulis dalam bahasa Inggris/bahasa asing lain.
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
14.
|
Siswa
terampil menerapkan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan karya yang berguna
dalam kehidupan.
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
15.
|
Siswa
terampil bertanya dan menjawab
|
·
|
·
|
·
|
·
|
16.
|
Siswa
terampil berpikir kritis.
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
17.
|
Siswa
terampil memecahkan masalah
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
|
18.
|
Siswa
terampil berpikir ilmiah
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
19.
|
Siswa
terampil mensinergikan logika dengan imajinasi dalam berkarya dan berkreasi.
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
20.
|
Siswa
terampil mmenggunakan TIK sebagai
sumber belajar dan media komunikasi
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
21.
|
Siswa
terampil menggunakan TIK sebagai media kolaborasi
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
22.
|
Siswa
terampil menggunakan TIK sebagai media berkreasi
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
23.
|
Siswa
terampil berkolaborasi dengan dukungan jaringan internet
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
24.
|
Siswa
terampil berkompetisi bidang akademik dan nonakademik
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata pelajaran
agama
·
|
25.
|
Siswa
beradaptasi adaptasi dalam mengantisipasi perubahan
|
·
|
·
|
·
|
· kegiatan
kesiswaan pada level sekolah.
· kegiatan
kelas.
· Integrasi
pada seluruh mata pelajaran.
· Mata
pelajaran agama
·
|
embangkan Keimanan