Kegiatan 3 Kerja Mandiri Membangun Teks Anekdot
Pada Kegiatan 3
ini kalian diajak untuk mengerjakan tugas secara mandiri.
Ikutilah petunjuk
yang diberikan pada setiap nomor. Pada prinsipnya, kalian diharapkan dapat
menemukan, mengidentifikasi, dan membuat teks anekdot. Tema yang dianjurkan berkaitan dengan layanan
publik di bidang hukum, sosial, politik, dan lingkungan. Untuk itu, kalian
dapat menggunakan teks-teks anekdot yang telah kalian pelajari pada Kegiatan 1
dan 2 di atas sebagai pedoman.
Tugas 1 Mencari Contoh Teks Anekdot
Layanan Publik
Kerjakan sesuai
dengan petunjuk!
(1) Carilah beberapa teks anekdot yang bertema
layanan publik di bidang hukum, sosial, politik, dan lingkungan di media cetak
atau internet.
(2) Untuk menguji apakah teks-teks yang kalian
temukan itu tergolong ke dalam teks anekdot, identifikasilah teks-teks tersebut
dalam hal struktur teks, partisipan, ragam bahasa, serta ciri-ciri lain,
seperti lucu, konyol, frustasi, dan tidak nyaman. Gunakan teks-teks yang telah
kalian pelajari pada Kegiatan 1 dan 2 untuk perbandingan.
(3) Apabila teks-teks yang kalian temukan itu
tidak ideal dalam hal struktur teks dan ciri-ciri yang lain, lakukan modifikasi
seperlunya. Kalian boleh menata kembali urutan cerita, mengganti kata-kata, dan
mengubah kalimat-kalimat yang ada.
Tema yang
dianjurkan berkaitan dengan layanan publik di bidang hukum, sosial, politik,
dan lingkungan.
Tugas 2 Membuat Teks Anekdot tentang
Layanan Sekolah
Kerjakan sesuai
dengan petunjuk!
(1) Bayangkan kalian mendapati pelayanan di rumah
sakit, kantor pemerintah,
atau penyedia
jasa yang kurang sesuai dengan harapan. Buatlah anekdot yang
menggambarkan
situasi lucu, konyol, frustasi, dan tidak nyaman di salah satu
tempat tersebut.
(2) Buatlah teks anekdot yang menggambarkan
situasi lucu, konyol, frustasi, dan
tidak nyaman di
lingkungan sekolah kalian.
(3) Agar teks-teks yang kalian buat pada nomor
(1) dan (2) di atas betul-betul
memenuhi kriteria
yang dituntut, kalian tentu harus meneliti dan menata ulang
pekerjaan kalian
itu berkali-kali.
Tugas 3
Bermonolog dengan Menggunakan Teks Anekdot
Kerjakan sesuai
dengan petunjuk!
(1) Buatlah teks anekdot dengan tema lingkungan
di sekitar kalian dalam bentuk
monolog. Setelah
selesai dibuat, bacalah teks anekdot itu di hadapan teman-teman kalian.
(2) Reaksi apa yang teman-teman kalian berikan?
Mintalah pendapat
teman-teman kalian tentang sesuai-tidaknya atau baik-buruknya pekerjaan yang
kalian buat itu.
Tugas 4 Berdialog
dengan Menggunakan Teks Anekdot Kerjakan sesuai dengan petunjuk!
(1) Buatlah teks anekdot dengan tema lingkungan
sekolah dalam bentuk dialog.
Setelah selesai
dibuat, peragakanlah teks itu di hadapan teman-teman kalian.
(2) Reaksi apa yang teman-teman kalian berikan?
Mintalah pendapat teman-teman
kalian tentang
sesuai-tidaknya atau baik-buruknya teks anekdot yang kalian
peragakan itu.
Sebelum pelajaran
ini berakhir, kalian perlu menyelesaikan
tugas tambahan
membaca buku.Seni
Bernegosiasi
dalam
Kewirausahaan
Pada Kegiatan 3
ini kalian diajak untuk mengerjakan tugas secara mandiri.
Ikutilah petunjuk
yang diberikan pada setiap nomor. Pada prinsipnya, kalian diharapkan dapat
menemukan, mengidentifikasi, dan membuat teks anekdot. Tema yang dianjurkan berkaitan dengan layanan
publik di bidang hukum, sosial, politik, dan lingkungan. Untuk itu, kalian
dapat menggunakan teks-teks anekdot yang telah kalian pelajari pada Kegiatan 1
dan 2 di atas sebagai pedoman.
Tugas 1 Mencari Contoh Teks Anekdot
Layanan Publik
Kerjakan sesuai
dengan petunjuk!
(1) Carilah beberapa teks anekdot yang bertema
layanan publik di bidang hukum, sosial, politik, dan lingkungan di media cetak
atau internet.
(2) Untuk menguji apakah teks-teks yang kalian
temukan itu tergolong ke dalam teks anekdot, identifikasilah teks-teks tersebut
dalam hal struktur teks, partisipan, ragam bahasa, serta ciri-ciri lain,
seperti lucu, konyol, frustasi, dan tidak nyaman. Gunakan teks-teks yang telah
kalian pelajari pada Kegiatan 1 dan 2 untuk perbandingan.
(3) Apabila teks-teks yang kalian temukan itu tidak
ideal dalam hal struktur teks dan ciri-ciri yang lain, lakukan modifikasi
seperlunya. Kalian boleh menata kembali urutan cerita, mengganti kata-kata, dan
mengubah kalimat-kalimat yang ada.
Tema yang
dianjurkan berkaitan dengan layanan publik di bidang hukum, sosial, politik,
dan lingkungan.
Tugas 2 Membuat Teks Anekdot tentang
Layanan Sekolah
Kerjakan sesuai
dengan petunjuk!
(1) Bayangkan kalian mendapati pelayanan di rumah
sakit, kantor pemerintah, atau penyedia jasa yang kurang sesuai dengan harapan.
Buatlah anekdot yang menggambarkan situasi lucu, konyol, frustasi, dan tidak
nyaman di salah satu tempat tersebut.
(2) Buatlah teks anekdot yang menggambarkan
situasi lucu, konyol, frustasi, dan tidak nyaman di lingkungan sekolah kalian.
(3) Agar teks-teks yang kalian buat pada nomor
(1) dan (2) di atas betul-betul memenuhi kriteria yang dituntut, kalian tentu
harus meneliti dan menata ulang pekerjaan kalian itu berkali-kali.
Tugas 3 Bermonolog dengan Menggunakan
Teks Anekdot
Kerjakan sesuai
dengan petunjuk!
(1) Buatlah teks anekdot dengan tema lingkungan
di sekitar kalian dalam bentuk monolog. Setelah selesai dibuat, bacalah teks
anekdot itu di hadapan teman-teman kalian.
(2) Reaksi apa yang teman-teman kalian berikan?
Mintalah pendapat
teman-teman kalian tentang sesuai-tidaknya atau baik-buruknya pekerjaan yang
kalian buat itu.
Tugas 4 Berdialog dengan Menggunakan
Teks Anekdot Kerjakan sesuai dengan petunjuk!
(1) Buatlah teks anekdot dengan tema lingkungan
sekolah dalam bentuk dialog.
Setelah selesai
dibuat, peragakanlah teks itu di hadapan teman-teman kalian.
(2) Reaksi apa yang teman-teman kalian berikan?
Mintalah pendapat teman-teman kalian tentang sesuai-tidaknya atau baik-buruknya
teks anekdot yang kalian peragakan itu.
Sebelum pelajaran
ini berakhir, kalian perlu menyelesaikan tugas tambahan membaca buku.Seni Bernegosiasi
dalam
Kewirausahaan