WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Senin, 07 Juli 2014

Teks IV Kegiatan 3 Kerja Mandiri Membangun Teks Anekdot



Kegiatan 3 Kerja Mandiri  Membangun Teks Anekdot
Pada Kegiatan 3 ini kalian diajak untuk mengerjakan tugas secara mandiri.
Ikutilah petunjuk yang diberikan pada setiap nomor. Pada prinsipnya, kalian diharapkan dapat menemukan, mengidentifikasi, dan membuat teks anekdot. Tema  yang dianjurkan berkaitan dengan layanan publik di bidang hukum, sosial, politik, dan lingkungan. Untuk itu, kalian dapat menggunakan teks-teks anekdot yang telah kalian pelajari pada Kegiatan 1 dan 2 di atas sebagai pedoman.

Tugas 1 Mencari Contoh Teks Anekdot Layanan Publik
Kerjakan sesuai dengan petunjuk!
(1)  Carilah beberapa teks anekdot yang bertema layanan publik di bidang hukum, sosial, politik, dan lingkungan di media cetak atau internet.
(2)  Untuk menguji apakah teks-teks yang kalian temukan itu tergolong ke dalam teks anekdot, identifikasilah teks-teks tersebut dalam hal struktur teks, partisipan, ragam bahasa, serta ciri-ciri lain, seperti lucu, konyol, frustasi, dan tidak nyaman. Gunakan teks-teks yang telah kalian pelajari pada Kegiatan 1 dan 2 untuk perbandingan.
(3)  Apabila teks-teks yang kalian temukan itu tidak ideal dalam hal struktur teks dan ciri-ciri yang lain, lakukan modifikasi seperlunya. Kalian boleh menata kembali urutan cerita, mengganti kata-kata, dan mengubah kalimat-kalimat yang ada.
Tema yang dianjurkan berkaitan dengan layanan publik di bidang hukum, sosial, politik, dan lingkungan.

Tugas 2 Membuat Teks Anekdot tentang Layanan Sekolah
Kerjakan sesuai dengan petunjuk!
(1)  Bayangkan kalian mendapati pelayanan di rumah sakit, kantor pemerintah,
atau penyedia jasa yang kurang sesuai dengan harapan. Buatlah anekdot yang
menggambarkan situasi lucu, konyol, frustasi, dan tidak nyaman di salah satu
tempat tersebut.
(2)  Buatlah teks anekdot yang menggambarkan situasi lucu, konyol, frustasi, dan
tidak nyaman di lingkungan sekolah kalian.
(3)  Agar teks-teks yang kalian buat pada nomor (1) dan (2) di atas betul-betul
memenuhi kriteria yang dituntut, kalian tentu harus meneliti dan menata ulang
pekerjaan kalian itu berkali-kali.
Tugas 3 Bermonolog dengan Menggunakan Teks Anekdot
Kerjakan sesuai dengan petunjuk!
(1)  Buatlah teks anekdot dengan tema lingkungan di sekitar kalian dalam bentuk
monolog. Setelah selesai dibuat, bacalah teks anekdot itu di hadapan teman-teman kalian.
(2)  Reaksi apa yang teman-teman kalian berikan?
Mintalah pendapat teman-teman kalian tentang sesuai-tidaknya atau baik-buruknya pekerjaan yang kalian buat itu.

Tugas 4 Berdialog dengan Menggunakan Teks Anekdot Kerjakan sesuai dengan petunjuk!
(1)  Buatlah teks anekdot dengan tema lingkungan sekolah dalam bentuk dialog.
Setelah selesai dibuat, peragakanlah teks itu di hadapan teman-teman kalian.
(2)  Reaksi apa yang teman-teman kalian berikan? Mintalah pendapat teman-teman
kalian tentang sesuai-tidaknya atau baik-buruknya teks anekdot yang kalian
peragakan itu.
Sebelum pelajaran ini berakhir, kalian perlu menyelesaikan
tugas tambahan membaca buku.Seni
Bernegosiasi
dalam
Kewirausahaan

Pada Kegiatan 3 ini kalian diajak untuk mengerjakan tugas secara mandiri.
Ikutilah petunjuk yang diberikan pada setiap nomor. Pada prinsipnya, kalian diharapkan dapat menemukan, mengidentifikasi, dan membuat teks anekdot. Tema  yang dianjurkan berkaitan dengan layanan publik di bidang hukum, sosial, politik, dan lingkungan. Untuk itu, kalian dapat menggunakan teks-teks anekdot yang telah kalian pelajari pada Kegiatan 1 dan 2 di atas sebagai pedoman.

Tugas 1 Mencari Contoh Teks Anekdot Layanan Publik
Kerjakan sesuai dengan petunjuk!
(1)  Carilah beberapa teks anekdot yang bertema layanan publik di bidang hukum, sosial, politik, dan lingkungan di media cetak atau internet.
(2)  Untuk menguji apakah teks-teks yang kalian temukan itu tergolong ke dalam teks anekdot, identifikasilah teks-teks tersebut dalam hal struktur teks, partisipan, ragam bahasa, serta ciri-ciri lain, seperti lucu, konyol, frustasi, dan tidak nyaman. Gunakan teks-teks yang telah kalian pelajari pada Kegiatan 1 dan 2 untuk perbandingan.
(3)  Apabila teks-teks yang kalian temukan itu tidak ideal dalam hal struktur teks dan ciri-ciri yang lain, lakukan modifikasi seperlunya. Kalian boleh menata kembali urutan cerita, mengganti kata-kata, dan mengubah kalimat-kalimat yang ada.
Tema yang dianjurkan berkaitan dengan layanan publik di bidang hukum, sosial, politik, dan lingkungan.

Tugas 2 Membuat Teks Anekdot tentang Layanan Sekolah
Kerjakan sesuai dengan petunjuk!
(1)  Bayangkan kalian mendapati pelayanan di rumah sakit, kantor pemerintah, atau penyedia jasa yang kurang sesuai dengan harapan. Buatlah anekdot yang menggambarkan situasi lucu, konyol, frustasi, dan tidak nyaman di salah satu tempat tersebut.
(2)  Buatlah teks anekdot yang menggambarkan situasi lucu, konyol, frustasi, dan tidak nyaman di lingkungan sekolah kalian.
(3)  Agar teks-teks yang kalian buat pada nomor (1) dan (2) di atas betul-betul memenuhi kriteria yang dituntut, kalian tentu harus meneliti dan menata ulang pekerjaan kalian itu berkali-kali.

Tugas 3 Bermonolog dengan Menggunakan Teks Anekdot
Kerjakan sesuai dengan petunjuk!
(1)  Buatlah teks anekdot dengan tema lingkungan di sekitar kalian dalam bentuk monolog. Setelah selesai dibuat, bacalah teks anekdot itu di hadapan teman-teman kalian.
(2)  Reaksi apa yang teman-teman kalian berikan?
Mintalah pendapat teman-teman kalian tentang sesuai-tidaknya atau baik-buruknya pekerjaan yang kalian buat itu.

Tugas 4 Berdialog dengan Menggunakan Teks Anekdot Kerjakan sesuai dengan petunjuk!
(1)  Buatlah teks anekdot dengan tema lingkungan sekolah dalam bentuk dialog.
Setelah selesai dibuat, peragakanlah teks itu di hadapan teman-teman kalian.
(2)  Reaksi apa yang teman-teman kalian berikan? Mintalah pendapat teman-teman kalian tentang sesuai-tidaknya atau baik-buruknya teks anekdot yang kalian peragakan itu.
Sebelum pelajaran ini berakhir, kalian perlu menyelesaikan tugas tambahan membaca buku.Seni Bernegosiasi
dalam Kewirausahaan