WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Rabu, 14 Agustus 2013

TEKS I (Kegiatan 3 Kerja Mandiri Membangun Teks Laporan Hasil Observasi)

Kegiatan 3  Kerja Mandiri Membangun Teks Laporan Hasil Observasi

Pada kegiatan ini kalian diajak untuk mencari dan membangun teks laporan secara mandiri. Kerjakan tugas-tugas berikut ini sesuai dengan petunjuk!

Tugas 1 Mencari Contoh Teks Laporan dari Berbagai Sumber

 Ikuti petunjuk berikut!
(1)  Carilah teks laporan dari berbagai sumber, seperti koran, majalah, buku, atau internet. Identifikasilah apakah teks yang kalian temukan tergolong ke dalam teks laporan yang baik. Dikatakan baik apabila teks itu berstruktur teks dan terdapat bentuk-bentuk bahasa yang sesuai dengan ragam bahasa yang dipersyaratkan pada jenis teks itu.
(2)  Tema-tema yang kalian cari sebaiknya berkaitan dengan manusia, binatang, dan alam semesta beserta isinya. Tema-tema itu sangat luas dan hampir semua aspek makhluk hidup di bumi dapat dimasukkan di sini.

Tugas 2  Mengelompokkan Berbagai Jenis Minuman

Kerjakan tugas sesuai dengan petunjuk yang ada pada setiap nomor!
(1)  Lakukan pengamatan atau observasi terhadap jenis-jenis minuman yang dijual di sekitar kalian. Klasifikasikanlah jenis-jenis minuman itu berdasarkan:
(a)  kriteria apakah minuman itu disajikan dalam kemasan atau tidak (jenis kemasannya plastik/kertas, botol/bukan botol, dan sebagainya);
(b)  kriteria apakah minuman itu mengandung soda atau tidak, alkohol atau tidak;
(c)  kriteria apakah minuman itu disajikan hangat atau dingin;
(d)  kriteria apakah minuman itu berkhasiat sebagai obat atau tidak;
(e)  kriteria lain menurut kalian sendiri.
Kegiatan ini mengajak kalian untuk mencari dan membangun teks laporan secara mandiri.

(2)  Berdasarkan observasi itu, buatlah teks laporan yang baik. Sebagai tolok ukur, bandingkan pekerjaan kalian dengan teks-teks yang dijadikan model pada Kegiatan 1.
Selain itu, untuk memperdalam pengetahuan kalian tentang materi yang kalian laporkan, kalian juga dapat mencari informasi dengan membaca buku di perpustakaan atau mewawancarai orang yang mengetahui materi tersebut.

(3)  Lakukan observasi terhadap sesuatu yang telah kalian kenali di lingkungan alam sekitar. Setelah membuat klasifikasi tentang sesuatu yang kalian observasi tersebut, laporkan dalam bentuk tulisan yang memenuhi struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan yang dikehendaki. Usahakan klasifikasi yang dimaksud didasarkan pada kriteria yang jelas sehingga laporan yang kalian buat terlihat terperinci dan memenuhi target yang diharapkan.
(4)  Kegiatan pada nomor (2) dan (3) perlu kalian publikasikan di media sekolah, seperti majalah dinding atau laman (website). Apabila tulisan itu ditanggapi oleh pembaca, dokumentasikanlah tanggapan tersebut!

Tugas 3 Memublikasikan Teks Laporan ke Pemerintah Setempat

Bacalah kembali puisi tentang kerusakan lingkungan alam semesta ini dengan penuh penghayatan. Kemudian, kerjakan tugas sesuai dengan petunjuk yang ada pada setiap nomor!

Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi
Karya: Mh. Surya Permana

Bising gergaji mengoyak sepi dari hutan
Pohon-pohon tumbang
Mobil-mobil besar menggendongnya
Tergesa-gesa ke kota
Gunung dan lembah luka parah
Kulitnya terkelupas
Erang sakitnya merambah ke mana-mana

Burung-burung kehilangan dahan dan ranting
Enggan bernyanyi lagi
Bila pun ada tegur sapa di antara mereka
Tentulah pertanyaan yang menyesakkan
Ke mana kita harus mengungsi?
Pohon-pohon perdu dan melata itu
Bukanlah tempat tinggal yang ideal
Kita perlu gunung yang teduh
Lembah yang indah
Bukan yang luka parah begini

(1)  Kalian telah mengetahui bahwa puisi tersebut memperlihatkan dampak negatif dari kegiatan pembangunan di lingkungan alam. Kegiatan pembangunan yang sedang gencar dilakukan di negara tercinta ini tentu juga berdampak positif terhadap alam sekitar, baik bagi makhluk hidup maupun makhluk tak hidup (mati). Terkait dengan hal tersebut, lakukan pengamatan atau observasi terhadap sebuah kegiatan pembangunan fisik, seperti gedung, jalan, atau jembatan yang sedang atau telah berlangsung di sekitar kalian. Kemudian, buatlah laporan mengenai dampak kegiatan pembangunan yang kalian amati itu  dengan memerinci aspek-aspek yang terkena dampaknya. Agar hasil observasi yang kalian laporkan itu sahih untuk disajikan, kalian dapat mencari informasi dengan mewawancarai orang atau warga masyarakat yang terkena dampak itu.

(2)  Teks laporan hasil observasi yang telah kalian buat pada nomor (1) perlu diketahui oleh pihak pemerintah di    lokasi pembangunan itu. Laporan kalian dapat menjadi bahan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembangunan wilayah. Untuk itu, kirimkan teks laporan kalian kepada pihak pemerintah setempat (lurah, camat, atau bupati) yang disertai surat pengantar resmi dari sekolah kalian!

(3)  Sebagai tugas terakhir pada pelajaran ini, kalian masing-masing diminta untuk membuat sebuah bentuk puisi lama yang sering disebut pantun. Kalian tentu masih ingat akan adanya berbagai jenis pantun yang pernah dipelajari di sekolah menengah pertama, seperti  pantun nasihat, pantun jenaka, atau pantun agama.
Lanjutkan secara bergiliran pantun mengenai lingkungan alam berikut ini.
A.  Galau hati buatku sesak
     Melihat dirimu yang sendiri
     Kalau bumi ini rusak
     Manusia juga yang merugi
B.  Mengalir angin serasa tertahan
     Di tepi kota yang tercemari
     Air dan udara anugrah Tuhan
     Tapi kita sering mengotori
C.  ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
  ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
  ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
  ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
D.  ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
  ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
  ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
  ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
E.  ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
  ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
  ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
  ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...  dst.

Sebelum pelajaran ini berakhir, kalian perlu menyelesaikan tugas tambahan membaca buku.Proses
Menjadi Warga yang Baik





Tidak ada komentar: