Kegiatan 3 Kerja Mandiri Membangun Teks Laporan Hasil
Observasi
Pada kegiatan
ini kalian diajak untuk mencari dan membangun teks laporan secara mandiri.
Kerjakan tugas-tugas berikut ini sesuai dengan petunjuk!
Tugas 1 Mencari Contoh Teks Laporan
dari Berbagai Sumber
Ikuti petunjuk berikut!
(1) Carilah teks laporan dari berbagai sumber,
seperti koran, majalah, buku, atau internet. Identifikasilah apakah teks yang
kalian temukan tergolong ke dalam teks laporan yang baik. Dikatakan baik
apabila teks itu berstruktur teks dan terdapat bentuk-bentuk bahasa yang sesuai
dengan ragam bahasa yang dipersyaratkan pada jenis teks itu.
(2) Tema-tema yang kalian cari sebaiknya
berkaitan dengan manusia, binatang, dan alam semesta beserta isinya. Tema-tema
itu sangat luas dan hampir semua aspek makhluk hidup di bumi dapat dimasukkan
di sini.
Tugas 2 Mengelompokkan Berbagai Jenis Minuman
Kerjakan tugas
sesuai dengan petunjuk yang ada pada setiap nomor!
(1) Lakukan pengamatan atau observasi terhadap
jenis-jenis minuman yang dijual di sekitar kalian. Klasifikasikanlah
jenis-jenis minuman itu berdasarkan:
(a) kriteria apakah minuman itu disajikan dalam
kemasan atau tidak (jenis kemasannya plastik/kertas, botol/bukan botol, dan
sebagainya);
(b) kriteria apakah minuman itu mengandung soda
atau tidak, alkohol atau tidak;
(c) kriteria apakah minuman itu disajikan hangat
atau dingin;
(d) kriteria apakah minuman itu berkhasiat
sebagai obat atau tidak;
(e) kriteria lain menurut kalian sendiri.
Kegiatan ini
mengajak kalian untuk mencari dan membangun teks laporan secara mandiri.
(2) Berdasarkan observasi itu, buatlah teks
laporan yang baik. Sebagai tolok ukur, bandingkan pekerjaan kalian dengan
teks-teks yang dijadikan model pada Kegiatan 1.
Selain itu,
untuk memperdalam pengetahuan kalian tentang materi yang kalian laporkan,
kalian juga dapat mencari informasi dengan membaca buku di perpustakaan atau
mewawancarai orang yang mengetahui materi tersebut.
(3) Lakukan observasi terhadap sesuatu yang telah
kalian kenali di lingkungan alam sekitar. Setelah membuat klasifikasi tentang
sesuatu yang kalian observasi tersebut, laporkan dalam bentuk tulisan yang
memenuhi struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan yang dikehendaki. Usahakan
klasifikasi yang dimaksud didasarkan pada kriteria yang jelas sehingga laporan
yang kalian buat terlihat terperinci dan memenuhi target yang diharapkan.
(4) Kegiatan pada nomor (2) dan (3) perlu kalian
publikasikan di media sekolah, seperti majalah dinding atau laman (website).
Apabila tulisan itu ditanggapi oleh pembaca, dokumentasikanlah tanggapan
tersebut!
Tugas 3 Memublikasikan Teks Laporan
ke Pemerintah Setempat
Bacalah
kembali puisi tentang kerusakan lingkungan alam semesta ini dengan penuh
penghayatan. Kemudian, kerjakan tugas sesuai dengan petunjuk yang ada pada
setiap nomor!
Burung-Burung
Enggan Bernyanyi Lagi
Karya: Mh.
Surya Permana
Bising gergaji
mengoyak sepi dari hutan
Pohon-pohon
tumbang
Mobil-mobil
besar menggendongnya
Tergesa-gesa
ke kota
Gunung dan
lembah luka parah
Kulitnya
terkelupas
Erang sakitnya
merambah ke mana-mana
Burung-burung
kehilangan dahan dan ranting
Enggan
bernyanyi lagi
Bila pun ada
tegur sapa di antara mereka
Tentulah
pertanyaan yang menyesakkan
Ke mana kita
harus mengungsi?
Pohon-pohon
perdu dan melata itu
Bukanlah
tempat tinggal yang ideal
Kita perlu
gunung yang teduh
Lembah yang
indah
Bukan yang
luka parah begini
(1) Kalian telah mengetahui bahwa puisi tersebut
memperlihatkan dampak negatif dari kegiatan pembangunan di lingkungan alam.
Kegiatan pembangunan yang sedang gencar dilakukan di negara tercinta ini tentu
juga berdampak positif terhadap alam sekitar, baik bagi makhluk hidup maupun
makhluk tak hidup (mati). Terkait dengan hal tersebut, lakukan pengamatan atau
observasi terhadap sebuah kegiatan pembangunan fisik, seperti gedung, jalan,
atau jembatan yang sedang atau telah berlangsung di sekitar kalian. Kemudian,
buatlah laporan mengenai dampak kegiatan pembangunan yang kalian amati itu dengan memerinci aspek-aspek yang terkena
dampaknya. Agar hasil observasi yang kalian laporkan itu sahih untuk disajikan,
kalian dapat mencari informasi dengan mewawancarai orang atau warga masyarakat
yang terkena dampak itu.
(2) Teks laporan hasil observasi yang telah
kalian buat pada nomor (1) perlu diketahui oleh pihak pemerintah di lokasi pembangunan itu. Laporan kalian dapat
menjadi bahan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembangunan wilayah. Untuk itu,
kirimkan teks laporan kalian kepada pihak pemerintah setempat (lurah, camat,
atau bupati) yang disertai surat pengantar resmi dari sekolah kalian!
(3) Sebagai tugas terakhir pada pelajaran ini,
kalian masing-masing diminta untuk membuat sebuah bentuk puisi lama yang sering
disebut pantun. Kalian tentu masih ingat akan adanya berbagai jenis pantun yang
pernah dipelajari di sekolah menengah pertama, seperti pantun nasihat, pantun jenaka, atau pantun
agama.
Lanjutkan secara bergiliran pantun
mengenai lingkungan alam berikut ini.
A. Galau hati buatku sesak
Melihat dirimu yang sendiri
Kalau bumi ini rusak
Manusia juga yang merugi
|
B. Mengalir angin serasa tertahan
Di tepi kota yang tercemari
Air dan udara anugrah Tuhan
Tapi kita sering mengotori
|
C. ... ... ... ... ... ... ... ... ... ....
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ....
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ....
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ....
...
|
D. ... ... ... ... ... ... ... ... ... ....
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ....
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ....
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ....
...
|
E. ... ... ... ... ... ... ... ... ... ....
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ....
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ....
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ....
... dst.
|
Sebelum
pelajaran ini berakhir, kalian perlu menyelesaikan tugas tambahan membaca
buku.Proses
Menjadi Warga
yang Baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar