INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1. Nama Peserta : .................................................
2. Asal Sekolah : .................................................
3. Topik : .................................................
Aspek yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
| |
Kegiatan Pendahuluan
| ||||
Apersepsi dan Motivasi
| ||||
1
|
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
| |||
2
|
Mengajukan pertanyaan menantang.
| |||
3
|
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran.
| |||
4
|
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.
| |||
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
| ||||
1
|
Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik.
| |||
2
|
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.
| |||
Kegiatan Inti
| ||||
Penguasaan Materi Pelajaran
| ||||
1
|
Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.
| |||
2
|
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.
| |||
3
|
Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat.
| |||
4
|
Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
| |||
Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik
| ||||
1
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
| |||
2
|
Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
| |||
3
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.
| |||
4
|
Menguasai kelas.
| |||
5
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.
| |||
6
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).
| |||
7
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
| |||
Penerapan Pendekatan scientific
| ||||
1
|
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.
| |||
2
|
Memancing peserta didik untuk bertanya.
| |||
3
|
Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba.
| |||
4
|
Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati.
| |||
5
|
Memfasilitasi peserta didik untuk menganalisis.
| |||
6
|
Memberikan pertanyaan peserta didik untuk menalar (proses berfikir yang logis dan sistematis).
| |||
7
|
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk berkomunikasi.
| |||
Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran
| ||||
1
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar pembelajaran.
| |||
2
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran.
| |||
3
|
Menghasilkan pesan yang menarik.
| |||
4
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
| |||
5
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.
| |||
Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran
| ||||
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
| |||
2
|
Merespon positif partisipasi peserta didik.
| |||
3
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.
| |||
4
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.
| |||
5
|
Menumbuhkan keceriaan atau antuisme peserta didik dalam belajar.
| |||
Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran
| ||||
1
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.
| |||
2
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.
| |||
Kegiatan Penutup
| ||||
Penutup pembelajaran
| ||||
1
|
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
| |||
2
|
Memberihan tes lisan atau tulisan .
| |||
3
|
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.
| |||
4
|
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan.
| |||
Jumlah
|
1 komentar:
Dengan instrument penilaian seperti ini, membantu guru untuk lebih memahami pelaksanaan yang sesuai dengan kriteria
Posting Komentar