INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1. Nama Peserta : .................................................
2. Asal Sekolah : .................................................
3. Topik : .................................................
Aspek yang Diamati | Ya | Tidak | Catatan | |
Kegiatan Pendahuluan | ||||
Apersepsi dan Motivasi | ||||
1 | Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya. | |||
2 | Mengajukan pertanyaan menantang. | |||
3 | Menyampaikan manfaat materi pembelajaran. | |||
4 | Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran. | |||
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan | ||||
1 | Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik. | |||
2 | Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi. | |||
Kegiatan Inti | ||||
Penguasaan Materi Pelajaran | ||||
1 | Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran. | |||
2 | Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata. | |||
3 | Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat. | |||
4 | Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak) | |||
Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik | ||||
1 | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. | |||
2 | Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. | |||
3 | Melaksanakan pembelajaran secara runtut. | |||
4 | Menguasai kelas. | |||
5 | Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual. | |||
6 | Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect). | |||
7 | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan. | |||
Penerapan Pendekatan scientific | ||||
1 | Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana. | |||
2 | Memancing peserta didik untuk bertanya. | |||
3 | Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba. | |||
4 | Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati. | |||
5 | Memfasilitasi peserta didik untuk menganalisis. | |||
6 | Memberikan pertanyaan peserta didik untuk menalar (proses berfikir yang logis dan sistematis). | |||
7 | Menyajikan kegiatan peserta didik untuk berkomunikasi. | |||
Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran | ||||
1 | Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar pembelajaran. | |||
2 | Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran. | |||
3 | Menghasilkan pesan yang menarik. | |||
4 | Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran. | |||
5 | Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran. | |||
Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran | ||||
1 | Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar. | |||
2 | Merespon positif partisipasi peserta didik. | |||
3 | Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik. | |||
4 | Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif. | |||
5 | Menumbuhkan keceriaan atau antuisme peserta didik dalam belajar. | |||
Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran | ||||
1 | Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar. | |||
2 | Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar. | |||
Kegiatan Penutup | ||||
Penutup pembelajaran | ||||
1 | Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik. | |||
2 | Memberihan tes lisan atau tulisan . | |||
3 | Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio. | |||
4 | Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan. | |||
Jumlah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar