Tidak ada jangka waktu tertentu yang melekat pada
kesempatan belajar penilaian autentik . Namun, "
dalam sistem penilaian lengkap , harus ada keseimbangan penilaian kinerja yang
lebih panjang dan yang lebih pendek " ( Valencia , 1997) . Menurut
Lawrence Rudner , penilaian otentik harus mensyaratkan bahwa siswa menjadi
peserta aktif dalam pembelajaran dan mampu menunjukkan pengetahuan dan
keterampilan . Berikut ini adalah daftar contoh penilaian otentik yang
memenuhi salah satu atau kedua persyaratan ini - partisipasi aktif dan / atau
demonstrasi pengetahuan dan keterampilan . Ketika Anda membaca daftar ini
, perlu diingat bahwa beberapa contoh akan bekerja lebih baik untuk Anda
tergantung pada tingkat kelas dan bidang topik .
Catat contoh penilaian yang dapat Anda gunakan di kelas
Anda sendiri .
Contoh Penilaian otentik
1). Penelitian konduksi dan menulis laporan
2). Analisis Karakter
3). debat Mahasiswa ( individu atau kelompok )
4). Menggambar dan menulis tentang
sebuah cerita atau bab
5). Percobaan - trial and error learning
6). Jurnal entri ( tulisan reflektif )
7). Diskusi mitra atau kelompok
8). Siswa self-assessment
9). penilaian dan evaluasi rekan
10). Presentasi
11). Proyek
12). Portofolio
13). kelas berjenjang pembelajaraBerikut dua
link akan menyediakan Anda dengan contoh penilaian otentik dan pembelajaran di
kelas . Silakan klik pada setiap link dan menonton video .
Hal ini dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas
betapa beragam penilaian otentik dapat, dan bagaimana ia digunakan pada semua
tingkatan usia .Ketika Anda menonton video menyimpan pertanyaan-pertanyaan
berikut dalam pikiran :
a). Bagaimana hal ini berhubungan dengan kelas saya ?
b). Apakah saya dapat menggabungkan jenis penilaian ?
c). Apa ide-ide
kunci yang saya dapat menyimpan dan menggunakan di kelas saya ?
d). Bagaimana siswa secara pribadi manfaat dari jenis penilaian ?
Ada banyak contoh besar asseessment otentik
yang diberikan dari Authentic Assessment Toolbox Jon Mueller (North Central
College ) . Contoh dipecah menjadi tingkatan kelas serta mata pelajaran
dan bahkan lebih spesifik topik dalam mata pelajaran . Check out website ini
dan menemukan contoh pelajaran yang memenuhi kebutuhan Anda sendiri :Bagaimana
portofolio kesempatan penilaian otentik yang efektif ?Sebuah portofolio
mahasiswa adalah salah satu contoh penilaian otentik yang difokuskan pada lebih
sungguh-sungguh dalam mini- tentu saja karena Portofolio adalah kumpulan siswa
berbagai kesempatan belajar otentik lain dan sebuah karya pertumbuhan siswa
selama periode kursus. Sebuah portofolio siswa harus memenuhi kriteria
tertentu agar dapat dianggap "otentik " penilaian. Untuk
mengumpulkan segumpal karya siswa dari seluruh sekolah tahun bukanlah penilaian
otentik .Idealnya , portofolio siswa akan dianggap otentik jika berikut berlaku
:1 . Mahasiswa hati-hati dipilih pekerjaan mereka sendiri dan membuat
keputusan mereka sendiri tentang apa pekerjaan mereka paling bangga untuk
ditempatkan dalam portofolio mereka . Ini adalah ajang bagi siswa , guru ,
orang tua , dan distrik sekolah 2 . Siswa diminta untuk
merenungkan pekerjaan mereka sendiri - mengapa mereka memilih itu , mengapa
penting bagi mereka , seberapa keras mereka bekerja , bagaimana hal itu dapat
diperbaiki , dll
Dalam situasi ini , karena siswa memilih
potongan mereka sendiri , dan tercermin pada pekerjaan mereka sendiri dan
pertumbuhan pribadi selama kursus , itu membuat lebih berarti bagi mereka .
Portofolio tidak perlu dievaluasi . Sebagian besar pekerjaan yang
siswa memilih untuk dipamerkan dalam portofolio sudah akan dinilai. Namun,
Anda dapat memilih untuk membuat rubrik untuk mengevaluasi portofolio siswa
dengan mempertimbangkan upaya mereka , pilihan tugas , pengembangan selama
kursus , dan refleksi pribadi .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar