WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Minggu, 29 Juni 2014

Penilaian Othentik Dapat Berupa Jangka Pendek atau Tugas Jangka Panjang bagi Siswa

Tidak ada jangka waktu tertentu yang melekat pada kesempatan belajar penilaian autentik .   Namun, " dalam sistem penilaian lengkap , harus ada keseimbangan penilaian kinerja yang lebih panjang dan yang lebih pendek " ( Valencia , 1997) . Menurut Lawrence Rudner , penilaian otentik harus mensyaratkan bahwa siswa menjadi peserta aktif dalam pembelajaran dan mampu menunjukkan pengetahuan dan keterampilan . Berikut ini adalah daftar contoh penilaian otentik yang memenuhi salah satu atau kedua persyaratan ini - partisipasi aktif dan / atau demonstrasi pengetahuan dan keterampilan . Ketika Anda membaca daftar ini , perlu diingat bahwa beberapa contoh akan bekerja lebih baik untuk Anda tergantung pada tingkat kelas dan bidang topik .         
Catat contoh penilaian yang dapat Anda gunakan di kelas Anda sendiri .                    Contoh Penilaian otentik                                                                                       
1). Penelitian konduksi dan menulis laporan                                                            
2). Analisis Karakter                                                                                               
3). debat Mahasiswa ( individu atau kelompok )                                                       4). Menggambar dan menulis tentang sebuah cerita atau bab                                       5). Percobaan - trial and error learning                                                                     
6). Jurnal entri ( tulisan reflektif )                                                                         
7). Diskusi mitra atau kelompok                                                                             
8). Siswa self-assessment                                                                                        
9). penilaian dan evaluasi rekan                                                                             10). Presentasi                                                                                                     
11). Proyek
12).   Portofolio                                                                                                      
13).  kelas berjenjang pembelajaraBerikut dua link akan menyediakan Anda dengan contoh penilaian otentik dan pembelajaran di kelas . Silakan klik pada setiap link dan menonton video .                
Hal ini dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas betapa beragam penilaian otentik dapat, dan bagaimana ia digunakan pada semua tingkatan usia .Ketika Anda menonton video menyimpan pertanyaan-pertanyaan berikut dalam pikiran :                      a).  Bagaimana hal ini berhubungan dengan kelas saya ?                                             b).  Apakah saya dapat menggabungkan jenis penilaian ?                                           c). Apa ide-ide kunci yang saya dapat menyimpan dan menggunakan di kelas saya ?       d). Bagaimana siswa secara pribadi manfaat dari jenis penilaian ?
               Ada banyak contoh besar asseessment otentik yang diberikan dari Authentic Assessment Toolbox Jon Mueller (North Central College ) . Contoh dipecah menjadi tingkatan kelas serta mata pelajaran dan bahkan lebih spesifik topik dalam mata pelajaran . Check out website ini dan menemukan contoh pelajaran yang memenuhi kebutuhan Anda sendiri :Bagaimana portofolio kesempatan penilaian otentik yang efektif ?Sebuah portofolio mahasiswa adalah salah satu contoh penilaian otentik yang difokuskan pada lebih sungguh-sungguh dalam mini- tentu saja karena Portofolio adalah kumpulan siswa berbagai kesempatan belajar otentik lain dan sebuah karya pertumbuhan siswa selama periode kursus. Sebuah portofolio siswa harus memenuhi kriteria tertentu agar dapat dianggap "otentik " penilaian. Untuk mengumpulkan segumpal karya siswa dari seluruh sekolah tahun bukanlah penilaian otentik .Idealnya , portofolio siswa akan dianggap otentik jika berikut berlaku :1 . Mahasiswa hati-hati dipilih pekerjaan mereka sendiri dan membuat keputusan mereka sendiri tentang apa pekerjaan mereka paling bangga untuk ditempatkan dalam portofolio mereka . Ini adalah ajang bagi siswa , guru , orang tua , dan distrik sekolah  2 . Siswa diminta untuk merenungkan pekerjaan mereka sendiri - mengapa mereka memilih itu , mengapa penting bagi mereka , seberapa keras mereka bekerja , bagaimana hal itu dapat diperbaiki , dll                                                                                 
             Dalam situasi ini , karena siswa memilih potongan mereka sendiri , dan tercermin pada pekerjaan mereka sendiri dan pertumbuhan pribadi selama kursus , itu membuat lebih berarti bagi mereka .  Portofolio tidak perlu dievaluasi . Sebagian besar pekerjaan yang siswa memilih untuk dipamerkan dalam portofolio sudah akan dinilai. Namun, Anda dapat memilih untuk membuat rubrik untuk mengevaluasi portofolio siswa dengan mempertimbangkan upaya mereka , pilihan tugas , pengembangan selama kursus , dan refleksi pribadi .


Tidak ada komentar: