UJI KOMPETENSI(BAB.I)
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini!
1. Menurut para ahli, tujuan menyimak adalah berikut ini, kecuali a. memahami informasi b. memahami unsur bahasa c. memecahkan masalah d. melatih pendengaran e. mengevaluasi pekerjaan
2. Pengertian menyimak adalah a. mendengarkan informasi atau pesan secara tertulis maupun lisan b. menginterpretasi informasi c. memahami perubahan bunyi dan pola tekanan d. mendengarkan dengan aktif dan penuh perhatian supaya dapat memahami isi dari semua informasi e. mengapresiasikan informasi yang disampaikan
3. Ilmu bahasa yang membahas mengenai unsur-unsur bahasa yang berhubungan dengan bunyi dan pengucapan disebut a. lafal b. unsur segmental dan suprasegmental c. Intonasi d. Konteks e. lambang bahasa
4. Unsur segmental yang terkecil berhubungan dengan bunyi ujaran adalah a. prosa b. Artikulasi c. morfem d. Fonem e. huruf
5. Di bawah ini yang bukan unsur-unsur suprasegmental adalah a. tekanan b. Jeda c. Intonasi d. Lafal e. konsep
6. Ilmu yang mempelajari tata bunyi dan alat ucapnya disebut a. morfologi b. Fonologi c. fonemik d. Fonetik e. morfofonemik
7. Cara dan kebiasan seseorang atau kelompok masyarakat dalam mengucapkan bunyi atau lambang bahasa disebut a. kata b. Lafal c. Tekanan d. Intonasi e. fonem
8. Yang merupakan unsur segmental di bawah ini, kecuali a. tekanan b. Intonasi c. Lafal d. a dan b e. a, b, dan c
9. Variasi lafal fonem yang tidak membedakan arti disebut a. alofon b. Alomorf c. Rima d. Intonasi e. jeda
10. Penonjolan suku kata yang dilakukan dengan cara memperpanjang pengucapannya, meninggikan nada, atau memperbesar tenaga dalam mengucapankan suatu kata dinamakan.... a. irama b. Tekanan c. Nada d. Jeda e. intonasi
11. Menandai batasan ujaran juga membantu memahami ketepatan pesan atau informasi serta membantu pengambilan napas bagi pembicara ialah fungsi dari a. tekanan b. Jeda c. Fonem d. Irama e. Lafal
12. Gabungan vokal yang diikuti oleh bunyi konsonan luncuran / w / atau / y / disebut a. diftong b. konsonan c. Bunyi pelancar . Jeda e. Tekanan
13. Kata-kata yang menggunakan diftong di bawah ini, yaitu kata a. mau b. Memadai c. Namai d. Pantai e. menyamai
14. Huruf e yang diucapkan lemah terdapat pada kata a. bebek b. Karpet c. Perang d. Nenek e. berkotek
15. Huruf e yang diucapkan terbuka terdapat pada kata a. pedas b. Terang c. Teliti d. Teman e. peta
16. Di bawah ini, kata yang tidak mengandung diftong / au / ialah a. harimau b. Menghimbau c. Kalau d. Walau e. mau
17. Menggunakan bahasa baku dalam keadaan atau situasi di bawah ini, kecuali a. formal b. Seminar c. pertemuan ilmiah d. Pergaulan e. resmi
18. Kalimat yang tidak menggunakan kosakata baku di bawah ini, yaitu a. Pemerintah akan menggalakkan kebersihan lingkungan. b. Siswa-siswi SMK PELITA akan mengadakan wisata ke Anyer. c. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia akan menghakpatenkan semua hasil penelitian ini. d. Hadirin dipersilakan berdiri! e. Dia sudah dikasih uang oleh orang tuanya.
19. Contoh fonem vokal yang berbeda arti, adalah a. mantel–mental b. perang—parang c. ari–sari d. makin—mangkin e. tema–tamu
20. Di bawah ini adalah kalimat yang tidak sesuai dengan lafal baku, kecuali a. Paman jalan-jalan ke Ragunan, kemaren. b. Kami haturkan terima kasih banyak atas bantuannya. c. Dian setiap pagi sarapan dengan nasi goreng d. Silahken tunggu sebentar. e. Awas, hati-hati ada lobang!
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan menyimak?
2. Sebutkan 4 hal yang menjadi tujuan mengenal unsur-unsur bahasa dalam menyimak!
3. Apa yang dimaksud dengan lafal?
4. Apa yang dimaksud dengan diftong? Contohnya?
5. Buatlah kalimat dengan gabungan vokal yang bukan diftong!
6. Apa yang dimaksud dengan tekanan?
7. Buatlah kalimat yang menggunakan kata dengan lafal tidak baku sebanyak 2 buah!
8. Buatlah kalimat dengan menggunakan diftong /ai/ 3 kalimat?
9. Sebutkan ciri-ciri bahasa baku!
10. Buatlah jeda yang tepat pada kalimat di bawah ini sehingga terdapat perbedaan pengertian. Menurut Ibu Tanjung Sari memang anak yang rajin.
UJI KOMPETENSI(BAB 2)
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini! 1. Yang termasuk fakta adalah a. Rumah yang terkena banjir berjumlah 92 buah. b. Semua anak Indonesia wajib bersekolah. c. Kita harus memberantas narkoba sampai ke akarnya. d. Agar lingkungan kota bersih mari kita jaga kebersihan. e. Jakarta rawan kecelakaan lalu lintas. 2. Seorang siswa SMK bercita-cita ingin masuk ke Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Alasan yang tepat untuk dapat masuk ke Fakultas Ekonomi di UI ialah a. Keluarganya umumnya lulusan UI. b. Nilai Matematika dan IPA saya selalu sangat memuaskan. c. Lulusan Fakultas Ekonomi UI selalu dapat pekerjaan. d. aya akan mengembangkan bakat, minat, kemampuan di bidang ekonomi. e. Setuju ekonomi sangat dibutuhkan oleh perusahaan. 3. Terjadi gerakan reformasi dan krisis ekonomi yang berkepanjangan di negeri ini telah membawa pengaruh dalam kehidupan sosial. Salah satu contoh negatif dari pengaruh itu adalah makin meluasnya kenakalan remaja. Berbagai tindakan kenakalan seperti kebut-kebutan, penggunaan obat-obat terlarang, pencurian, perampokan, sampai dengan tindakan asusila hampir setiap hari tertampung di surat kabar. Tentu saja kita tak boleh tinggal diam menghadapi peristiwa seperti ini. Kalimat opini yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah a. Maraknya aksi kebut-kebutan di Jalan Karangmenjangan setiap malam minggu meresahkan masyarakat sekitar dan pemakai kendaraan. b. Berkali-kali gobang itu dibacokkan ke tubuh Dewi karena tidak mau menyerahkan sepeda motornya. c. Sabtu dini hari, petugas Polres Surabaya menangkap empat “ayam” ABG yang sedang beroperasi di hotel. d. Para orang tua seharusnya memerhatikan lebih serius perilaku putranya untuk mengurangi perilaku yang menyimpang. e. Minggu dini hari, petugas kepolisian berhasil mengamankan empat remaja yang kedapatan membawa cimeng (ganja) setelah melakukan razia. 4. Kalimat yang merupakan fakta khusus ialah a. Indonesia belum memiliki kereta api bawah tanah. b. Peristiwa itu terjadi pada pagi hari, Sabtu, 23 Juni 2007 di Pantai Indramayu. c. Beberapa nelayan dinyatakan hilang saat melaut. d. Para siswa harus melakukan ujian susulan karena sakit. e. Kita harus menghormati orang tua dan guru. 5. Kalimat yang termasuk opini ialah a. Indonesia belum memiliki kereta api bawah tanah. b. Peristiwa itu terjadi pada pagi hari, Sabtu, 23 Juni 2007 di Pantai Indramayu. c. Beberapa perairan pantai rusak akibat abrasi karena tidak dipelihara dengan baik. d. Para siswa harus melakukan ujian susulan karena sakit. e. Kita harus menghormati orang tua dan guru. 6. Gizi yang baik sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan kecerdasan, terutama untuk anak-anak balita dan usia sekolah. Dalam situasi krismon seperti sekarang, banyak anak usia sekolah yang perlu mendapatkan bantuan. Ibu-ibu pengajian mengadakan kegiatan sosial dengan nama “peduli balita”, misalnya pemberian minuman susu gratis dan pemberian makanan bergizi. Pernyataan yang sesuai dengan fakta dalam bacaan di atas adalah a. Kegiatan itu baik, tetapi apakah tidak menimbulkan kecemburuan sosial? b. Kegiatan-kegiatan positif dalam menunjang perbaikan gizi balita perlu direalisasikan. c. Sebaiknya, sebelum kita melaksanakan kegiatan, perlu dievaluasi untung dan ruginya. d. Pikiran saya sejalan dengan gagasan Anda, yaitu bahwa fakta tentang anak putus sekolah perlu dicari. e. Saya sependapat dengan Anda dan siap membantunya. 7. Bahasa yang dipakai di berbagai bidang ilmu dan masing-masing memiliki perbedaan disebut.... a. ragam bahasa, b. bentuk bahasa, c. laras bahasa, d. gaya bahasa, e. unsur bahasa 8. (1) Di sini peran pendidikan sangat vital. (2) Pemberdayaan perempuan pun menjadi agenda dalam proses pe mbelajaran. (3) Para penentu kebijakan kurikulum mestinya berkaca pada agenda ini. (4) Data empiris dari ekonomi Marco Francesconi menganalisis dan British Household Panel Survey yang mendata 10 ribu individu dari 5.500 keluarga. (5) Penelitian dilakukan sejak 1991-1999. (6) Data ini menunjukkan bahwa pria yang sukses justru akan memilih dengan wanita karier yang bekerja keras.Kalimat yang berisi fakta pada paragraf tersebut terdapat pada nomor.... a. (1) dan (2) b. (2) dan (3) c. (3) dan (5) d. (4) dan (6) e. (3) dan (5) 9. Yang merupakan bahasa surat kabar ialah a. Alfalfa mengandung klorofil yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. b. Penelitian ini mengambil objek di daerah utara wilayah Cirebon. c. Proses pemilihan kepala daerah berlangsung sangat tertib. d. Kebakaran hanguskan puluhan rumah di Penjaringan Utara. e. Rasa terima kasih kami sampaikan pada semua pihak yang telah membantu. 10. Ragam bahasa ilmu pengetahuan ialah a. Kejadian ini melibatkan berbagai disiplin ilmu. b. Drama kolosal itu digarap oleh sutradara Imam Tantowi. c. Saturnus memiliki diameter kurang lebih 10 kali diameter bumi dalam tata surya. d. Beberapa pekerja ikut tertimbun tanah longsor itu. e. Gunung Semeru menunjukan aktifitasnya. 11. Ragam bahasa sastra (cerpen) ialah.... a. Polisi dan Tim SAR belum menemukan nelayan yang hilang. b. Lelaki umur tiga puluh tahun dan berjenggot itu masuk ke rumah makan itu dengan tenang. c. Pasien rumah sakit itu memprotes adanya mal praktek yang terjadi padanya. d. Tumbuhan anggur hidup di daerah tropis dengan kelembaban tertentu. e. Hasil penyelidikan sementara menunjukkan ialah tersangkanya 12. (1) Lain benalu lain pula cendana. (2) Kalau benalu dianggap bukan tanaman berharga, lain cerita dengan pohon yang bernama santalun album atau cendana. (3) Kayu berbau harum ini termasuk komoditi agak bernilai tinggi. (4) Jelas harganya mahal. (5) Sayangnya, populasinya makin menipis karena para penangkar mengalami kesulitan mengembangkannya. (6) Biji cendana sulit tumbuh. (7) Meski bijinya mudah berkecambah, cendana muda mudah mati. Kalimat fakta dalam paragraf di atas terdapat pada nomor: a. 1 dan 3 b. 4 dan 5 c. 4 dan 6 d. 5 dan 6 e. 5 dan 7 13. Kalimat yang menyatakan hasil adalah a. Rambutan itu mahal harganya. b. Ia suka berkumpul dengan temannya di pangkalan itu. c. Penghasilannya bisa mencapai lima juta rupiah per bulan. d. Ia memendam perasaannya selama lima tahun. e. Karangannya mendapat juara satu lomba mengarang tingkat kotamadya. 14. Kalimat yang menyatakan proses ialah.... a. Pemerintah merencanakan pembangunan transportasi sungai di Jakarta. b. Penantian yang panjang membuahkan hasil sangat mengharukan antara sang ibu dan anaknya. c. Habis manis sepah dibuang. d. Pengungsi korban lumpur Lapindo mengharapkan bantuan pemerintah. e. Telah terjadi unjuk rasa besar-besaran pada hari buruh sedunia. 15. Sejak jam tujuh pagi, ia mengikuti ... tentang narkoba. Kata berimbuhan pe–an untuk pengisi titik-titik yang tepat adalah.... a. pelajaran b. Pemberantasan c. Penanggulangan d. Penyuluhan e. penelitian 16. Ia diminta pimpinan untuk menyerahkan ... keuangan bulan ini. Kata berakhiran –an untuk pengisi titik-titik yang tepat pada kalimat di atas adalah.... a. laporan b. Rincian c. Uraian d. Rancangan e. bayaran 17. Karangan yang berisi uraian cara atau tahapan proses beserta pernyataan hasilnya disebut juga a. narasi b. deskripsi c. Eksposisi d. Argumentasi e. persuasi 18. Kata hubung yang menunjukkan adanya proses yang berlangsung atau penandaan urutan waktu terdapat di bawah ini, kecuali.... a. selanjutnya b. setelah itu c. dan lagi d. Kemudian e. Lalu 19. Pemerintah kota dan DPRD menyepakati anggaran untuk pendidikan sekitar 23 persen tahun ini. Akhiran –an pada kata anggaran berarti a. sesuatu yang berkaitan dengan uang b. hasil dari sesuatu yang dianggarkan c. proses menganggarkan d. hal penganggaran e. masalah keuangan yang direncanakan 20. Kalimat yang berisi pemerian adalah a. Ahmad membeli sepatu di Pasar Baru dan Jatinegara. b. Barang itu dijual seharga Rp. 50.000 dan Rp. 30.000. c. Ibu sedang menawar harga barang-barang rumah tangga. d. Bibi membeli keperluan dapur berupa kecap, garam, gula pasir, dan cabe. e. Barang-barang rumah tangga ini dapat dijual di pasar loak. II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar! 1. Sebutkan jenis-jenis sumber informasi! 2. Sebutkan contoh bentuk informasi yang tergolong media cetak, sebanyak 5 buah! 3. Buatlah contoh uraian berisi fakta khusus! 4. Buatlah contoh uraian berisi opini atau konsep! 5. Buatlah contoh uraian yang bersifat pemerian berupa satuan kalimat atau bagian! 6. Faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya ragam bahasa? 7. Buatlah dua kalimat yang menggunakan afiks/imbuhan yang menandakan proses dan hasil! 8. Buatlah kalimat yang menggunakan ragam semi formal, sebanyak 2 buah! 9. Buatlah 2 contoh yang bukan termasuk sumber informasi? 10. Bagaimana ciri-ciri sumber informasi yang baik? UJI KOMPETENSI(BAB 3) I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini! 1. Ia dikenal di sekolah seorang kutu buku. Makna kata kutu buku adalah a. suka membeli buku b. suka membaca buku c. suka mengoleksi buku d. suka menjual buku e. Suka merawat buku 2. Berdasarkan tingkatannya, membaca dibedakan menjadi berikut ini, kecuali a. membaca kreatif b. membaca kritis c. membaca literal d. a dan b e. a, b, dan c 3. Membaca untuk memahami isi bacaan secara rasional dan mendalam disebut a. membaca kritis b. membaca cepat c.membaca literal d. membaca kreatif e.membaca pemahaman 4. Hal yang dilakukan dalam membaca kritis adalah berikut ini, kecuali a. bertanya b. Menyimpulkan c. Menghubungkan d. mencatat hal penting e. menilai ide-ide dalam bacaan 5. Membaca untuk mendapatkan nilai tambah dari pengetahuan baru yang terdapat dalam bacaan adalah a. membaca kritis b. membaca cepat c. membaca pendalaman d. membaca kreatif e. membaca literal 6. Tujuan membaca kreatif adalah a. memahami informasi b. mengetahui sesuatu lebih dalam c. peningkatan kualitas hidup d. lebih kritris e. menambah wawasan 7. Hal di bawah ini termasuk kategori bahan bacaan dalam membaca kreatif, kecuali a. wacana tentang cara merawat kesehatan b. wacana tentang pemikiran budayawan c. wacana tentang kehidupan laut d. wacana tentang membuat makanan e. wacana mengenai memelihara tanaman 8. Yang bukan informasi mengenai memanfaatkan lahan adalah a. membudidayakan tanaman hias b. membuat surat tanah c. membudidayakan tanaman obat d. menanam dan merawat anggrek e. cara menanam 11. Untuk membaca cepat diperlukan latihan, sebagai pemula target kecepatan adalah a. 130 - 150 kpm b. 25 - 140 kpm c. 120 - 150 kpm d. 110 - 130 kpm e. 100 - 150 kpm 12. Membaca cepat dengan tujuan untuk memperoleh suatu informasi langsung ke pokok masalah adalah teknik membaca a. teknik pemindaian (skimming) b. teknik membaca naskah c. teknik pelayapan (scanning) d. teknik membaca ekspresionis e. teknik membaca frasa 13. Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat catatan, kecuali a. kata/frasa/kalimat yang mengantarkan pada gagasan pokok b. ide pokok atau gagasan sentral setiap paragraf c. setiap penjelasan penting yang ada pada bacaan d. pendapat atau asumsi penulis mengenai hal-hal tertentu e. data atau fakta yang mendukung gagasan 14 Cara membaca yang hanya untuk mendapatkan ide pokoknya atau saripati bacaan disebut a. teknik pemindaian (skimming) b. teknik membaca naskah c. teknik pelayapan (scanning) d. teknik membaca ekspresionis e. teknik membaca frasa 15. Dalam sastra, setiap kata tidak selalu diartikan dengan makna sesungguhnya. Kata dapat ditafsirkan dua cara, yaitu a. majas dan laras b. konotatif dan denotatif c. puisi dan sajak d. cerpen dan puisi e. sastra dan idiomatik 16. Di bawah ini, beberapa manfaat membaca cepat, kecuali a. bagian-bagian yang diperlukan dapat diketahui b. pembaca dapat mengetahui opini orang lain c. topik bacaan dapat diketahui d. mengetahui organisasi penulisan e. dapat melatih indra mata 17. Berikut ini yang tidak termasuk pelatihan membaca cepat ialah a. membaca dengan cara melebarkan jangkauan mata b. membaca ke samping c. membaca dengan tatapan per fiksasi d. Membaca dengan hati-hati e. membaca kolom 18. Yang dimaksud dengan regresi ialah a. membaca dengan melakukan pengulangan bacaan b. membaca dengan perlahan-lahan c. berhenti pada suatu pandangan d. bacaan dihentikan e. pembaca tidak konsentrasi dalam membaca 19. Hal yang salah dan menjadi kebiasaan dalam membaca berikut ini, kecuali a. membaca dengan menggerakkan bibir b. membaca dengan menggerakkan mata c. membaca dengan menggelengkan kepala d. membaca dengan mengeraskan suara e. Dengan menatap kata per kata 20. Akibat yang terjadi ketika komunikasi berjalan tidak seimbang, kecuali a. persaudaraan retak b. persahabatan putus c. menimbulkan konflik d. menghargai mitra bicara e. bisa terjadinya peperangan antarkelompok atau antarnegara II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar! 1. Hal-hal apa sajakah yang perlu dilakukan ketika kita menemukan ide pokok dari bagian wacana? 2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan apresiasi dalam sastra! 3. Sebutkan dan jelaskan dua cara teknik membaca cepat! 4. Apa saja yang perlu dicatat dalam membaca pemahaman! 5. Dalam setiap paragraf, terdapat dua unsur kalimat. Sebut dan jelaskan maksudnya! 6. Bahasa sastra dapat juga disebut 7. Mengapa dalam bermasyarakat kita harus memerhatikan sikap berbahasa yang positif? 8. Apa saja sikap berbahasa yang positif dan efisien? 9. Mengapa manusia disebut makhluk sosial? 10. Dampak apa saja yang terjadi ketika komunikasi berjalan dengan efisien dan positif? UJI KOMPETENSI(BAB 4) I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini! 1. Di bawah ini yang termasuk sumber informasi yang berbentuk media elektronik, kecuali a. video.... b. Televisi c. dokumentasi d. Audio e. audio-visual 2. Di bawah ini sumber informasi yang berbentuk media cetak, adalah a. audio-visual, tabloid, dan televisi b. iklan, internet, dan majalah c. majalah, dokumentasi, dan buku d. internet, televisi, dan koran e. buletin, internet, dan video 3. Penulisan sumber informasi dari media elektronik di bawah ini adalah a. Kompas, 12 Juli 2007 b. senin (9/4) ..... c. ( RCTI, 2007 : 4 ) d. www.yahoo.com e. Intisari, Oktober 1998 4. Menguraikan gagasan atau hal yang disampaikan secara tertulis dapat ditampilkan dalam beberapa uraian, kecuali a. deskrpisi b. Narasi c. Biografi d. Argumentasi e. persuasi 5. Tulisan yang berupa gambaran mengenai keadaan, benda, dan tempat disebut a. narasi b. Deskripsi c. Eksposisi d. Argumentasi e. persuasi 6. Penulisan yang berisi kalimat ajakan, himbauan seperti argumentasi disebut a. narasi b. Deskripsi c. Eksposisi e. Persuasi d. argumentasi 7. Penulisan yang berisi tentang pendapat, cara melakukan sesuatu, pemaparan tentang suatu hal disebut a. narasi b. Deskripsi d. Argumentasi c. Eksposisi e. persuasi 8. Di bawah ini kegunaan membuat catatan untuk bacaan yang akan dibaca, kecuali a. detail dan menarik b. mengambil isi pokok informasi c. membantu mengingat isi bacaan d. memudahkan membuat kutipan dalam menyusun e. menjadikannya bahan informasi 9. Beberapa cara untuk mencatat informasi yang dapat dilakukan dan dianjurkan, kecuali a. mencatat di buku khusus b. memberi coretan khusus pada informasi penting c. mencatat pada lembaran-lembaran yang dijadikan satu di sebuah map file d. mencatat pada kartu catatan e. catatan khusus 10. Pemilihan proses dan hasil pada wacana/teks bacaan dapat dilakukan dengan cara a. scanning b. skimimg c. Grafik d. Diagram e. tabel 11. Untuk menghemat waktu dan menunjukkan statiska penulisan informasi, dapat digunakan alat bantu visual di bawah ini, kecuali a. grafik b. tabel c. Peta d. Selebaran e. diagram 12. Karangan ekspositoris adalah jenis karangan yang termasuk karangan a. komik b. roman c. Cerpen d. Biografi e. novel 13. Informasi nonverbal dapat berupa bentuk di bawah ini, kecuali a. diagram b. Grafik c. Bagan d. Matriks e. Opini 14. Bentukan kata yang menyatakan proses biasanya dinyatakan oleh imbuhan a. –an b. me- -kan c. pe- d. per-an e. pe -an 15. Uraian padat yang berisi intisari atau saripati dari informasi asalnya disebut ..... a. hasil b. Proses c. kesimpulan d. Grafik e. biografi 16. Penulisan simpulan dapat diuraikan dalam dua jenis yaitu a. intensif dan ekspresif b. naratif dan persuasif c. persuasif dan induktif d. sugestif dan imajinatif e. deduktif dan induktif 17. Penulisan simpulan secara deduktif dijelaskan secara a. umum – khusus b. detail c. khusus - umum d. khusus saja . Ekspresionis 18. Simpulan secara induktif ditulis dan dijelaskan secara a. umum- khusus b. Detail c. khusus - umum d. khusus saja e. Ekspresionis 19. EKSPOR-IMPOR INDONESIA(Dalam US $000.000 ) Termasuk Minyak Bumi Tidak Termasuk Minyak Bumi dan Gas Tahun Ekspor Impor Ekspor Impor 1992 33.967,0 27.279,6 23.296,1 25.184,6 1993 36.823,0 28,327,8 27.007,2 26.157,3 1994 39.707,8 30.341,8 30.341,7 28.772,7 Kalimat yang sesuai dengan tabel di atas adalah a. Ekspor minyak Indonesia terus meningkat. b. Indonesia tidak mengimpor minyak. c. Nilai Impor minyak dan gas Indonesia Indonesia tidak mencapai 10%. d. Ekspor migas memegang peranan utama dalam perdagangan luar negeri. e. Tahun 1994, Indonesia menikmati surplus perdagangan luar negeri sebesar lebih dari US $ 8 juta. 20. Jadwal Pentas Seni di SMK Negeri 10 Malang Hari dan Tanggal Wktu Nama Acara Jumat, 20 Desember 2007 Pagi 09.0 - 09.30 Marawis oleh Group Marawis kelas X MM 1 09.30 - 10.00 Tarian Kreasi 0leh Siswa XI TKJ 2 .............. ........................................... Siang 13.0 - 13.00 13.30 - 14.30 Pembacaan Puisi oleh siswa Kielas X MO 1 Pagelaran siswa-siswi Kelas XII Berdasarkan jadwal tersebut, puisi dibacakan pada a. Pagi, pukul 10.00 - 10.30 b. Pagi, pukul 10.30 - 11.00 c. Pagi, pukul 09.00 - 09.30 d. Siang, pukul 13.00 - 13.30 e. hari Jumat, 20 Desember 2006
1. Menurut para ahli, tujuan menyimak adalah berikut ini, kecuali a. memahami informasi b. memahami unsur bahasa c. memecahkan masalah d. melatih pendengaran e. mengevaluasi pekerjaan
2. Pengertian menyimak adalah a. mendengarkan informasi atau pesan secara tertulis maupun lisan b. menginterpretasi informasi c. memahami perubahan bunyi dan pola tekanan d. mendengarkan dengan aktif dan penuh perhatian supaya dapat memahami isi dari semua informasi e. mengapresiasikan informasi yang disampaikan
3. Ilmu bahasa yang membahas mengenai unsur-unsur bahasa yang berhubungan dengan bunyi dan pengucapan disebut a. lafal b. unsur segmental dan suprasegmental c. Intonasi d. Konteks e. lambang bahasa
4. Unsur segmental yang terkecil berhubungan dengan bunyi ujaran adalah a. prosa b. Artikulasi c. morfem d. Fonem e. huruf
5. Di bawah ini yang bukan unsur-unsur suprasegmental adalah a. tekanan b. Jeda c. Intonasi d. Lafal e. konsep
6. Ilmu yang mempelajari tata bunyi dan alat ucapnya disebut a. morfologi b. Fonologi c. fonemik d. Fonetik e. morfofonemik
7. Cara dan kebiasan seseorang atau kelompok masyarakat dalam mengucapkan bunyi atau lambang bahasa disebut a. kata b. Lafal c. Tekanan d. Intonasi e. fonem
8. Yang merupakan unsur segmental di bawah ini, kecuali a. tekanan b. Intonasi c. Lafal d. a dan b e. a, b, dan c
9. Variasi lafal fonem yang tidak membedakan arti disebut a. alofon b. Alomorf c. Rima d. Intonasi e. jeda
10. Penonjolan suku kata yang dilakukan dengan cara memperpanjang pengucapannya, meninggikan nada, atau memperbesar tenaga dalam mengucapankan suatu kata dinamakan.... a. irama b. Tekanan c. Nada d. Jeda e. intonasi
11. Menandai batasan ujaran juga membantu memahami ketepatan pesan atau informasi serta membantu pengambilan napas bagi pembicara ialah fungsi dari a. tekanan b. Jeda c. Fonem d. Irama e. Lafal
12. Gabungan vokal yang diikuti oleh bunyi konsonan luncuran / w / atau / y / disebut a. diftong b. konsonan c. Bunyi pelancar . Jeda e. Tekanan
13. Kata-kata yang menggunakan diftong di bawah ini, yaitu kata a. mau b. Memadai c. Namai d. Pantai e. menyamai
14. Huruf e yang diucapkan lemah terdapat pada kata a. bebek b. Karpet c. Perang d. Nenek e. berkotek
15. Huruf e yang diucapkan terbuka terdapat pada kata a. pedas b. Terang c. Teliti d. Teman e. peta
16. Di bawah ini, kata yang tidak mengandung diftong / au / ialah a. harimau b. Menghimbau c. Kalau d. Walau e. mau
17. Menggunakan bahasa baku dalam keadaan atau situasi di bawah ini, kecuali a. formal b. Seminar c. pertemuan ilmiah d. Pergaulan e. resmi
18. Kalimat yang tidak menggunakan kosakata baku di bawah ini, yaitu a. Pemerintah akan menggalakkan kebersihan lingkungan. b. Siswa-siswi SMK PELITA akan mengadakan wisata ke Anyer. c. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia akan menghakpatenkan semua hasil penelitian ini. d. Hadirin dipersilakan berdiri! e. Dia sudah dikasih uang oleh orang tuanya.
19. Contoh fonem vokal yang berbeda arti, adalah a. mantel–mental b. perang—parang c. ari–sari d. makin—mangkin e. tema–tamu
20. Di bawah ini adalah kalimat yang tidak sesuai dengan lafal baku, kecuali a. Paman jalan-jalan ke Ragunan, kemaren. b. Kami haturkan terima kasih banyak atas bantuannya. c. Dian setiap pagi sarapan dengan nasi goreng d. Silahken tunggu sebentar. e. Awas, hati-hati ada lobang!
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan menyimak?
2. Sebutkan 4 hal yang menjadi tujuan mengenal unsur-unsur bahasa dalam menyimak!
3. Apa yang dimaksud dengan lafal?
4. Apa yang dimaksud dengan diftong? Contohnya?
5. Buatlah kalimat dengan gabungan vokal yang bukan diftong!
6. Apa yang dimaksud dengan tekanan?
7. Buatlah kalimat yang menggunakan kata dengan lafal tidak baku sebanyak 2 buah!
8. Buatlah kalimat dengan menggunakan diftong /ai/ 3 kalimat?
9. Sebutkan ciri-ciri bahasa baku!
10. Buatlah jeda yang tepat pada kalimat di bawah ini sehingga terdapat perbedaan pengertian. Menurut Ibu Tanjung Sari memang anak yang rajin.
UJI KOMPETENSI(BAB 2)
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini! 1. Yang termasuk fakta adalah a. Rumah yang terkena banjir berjumlah 92 buah. b. Semua anak Indonesia wajib bersekolah. c. Kita harus memberantas narkoba sampai ke akarnya. d. Agar lingkungan kota bersih mari kita jaga kebersihan. e. Jakarta rawan kecelakaan lalu lintas. 2. Seorang siswa SMK bercita-cita ingin masuk ke Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Alasan yang tepat untuk dapat masuk ke Fakultas Ekonomi di UI ialah a. Keluarganya umumnya lulusan UI. b. Nilai Matematika dan IPA saya selalu sangat memuaskan. c. Lulusan Fakultas Ekonomi UI selalu dapat pekerjaan. d. aya akan mengembangkan bakat, minat, kemampuan di bidang ekonomi. e. Setuju ekonomi sangat dibutuhkan oleh perusahaan. 3. Terjadi gerakan reformasi dan krisis ekonomi yang berkepanjangan di negeri ini telah membawa pengaruh dalam kehidupan sosial. Salah satu contoh negatif dari pengaruh itu adalah makin meluasnya kenakalan remaja. Berbagai tindakan kenakalan seperti kebut-kebutan, penggunaan obat-obat terlarang, pencurian, perampokan, sampai dengan tindakan asusila hampir setiap hari tertampung di surat kabar. Tentu saja kita tak boleh tinggal diam menghadapi peristiwa seperti ini. Kalimat opini yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah a. Maraknya aksi kebut-kebutan di Jalan Karangmenjangan setiap malam minggu meresahkan masyarakat sekitar dan pemakai kendaraan. b. Berkali-kali gobang itu dibacokkan ke tubuh Dewi karena tidak mau menyerahkan sepeda motornya. c. Sabtu dini hari, petugas Polres Surabaya menangkap empat “ayam” ABG yang sedang beroperasi di hotel. d. Para orang tua seharusnya memerhatikan lebih serius perilaku putranya untuk mengurangi perilaku yang menyimpang. e. Minggu dini hari, petugas kepolisian berhasil mengamankan empat remaja yang kedapatan membawa cimeng (ganja) setelah melakukan razia. 4. Kalimat yang merupakan fakta khusus ialah a. Indonesia belum memiliki kereta api bawah tanah. b. Peristiwa itu terjadi pada pagi hari, Sabtu, 23 Juni 2007 di Pantai Indramayu. c. Beberapa nelayan dinyatakan hilang saat melaut. d. Para siswa harus melakukan ujian susulan karena sakit. e. Kita harus menghormati orang tua dan guru. 5. Kalimat yang termasuk opini ialah a. Indonesia belum memiliki kereta api bawah tanah. b. Peristiwa itu terjadi pada pagi hari, Sabtu, 23 Juni 2007 di Pantai Indramayu. c. Beberapa perairan pantai rusak akibat abrasi karena tidak dipelihara dengan baik. d. Para siswa harus melakukan ujian susulan karena sakit. e. Kita harus menghormati orang tua dan guru. 6. Gizi yang baik sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan kecerdasan, terutama untuk anak-anak balita dan usia sekolah. Dalam situasi krismon seperti sekarang, banyak anak usia sekolah yang perlu mendapatkan bantuan. Ibu-ibu pengajian mengadakan kegiatan sosial dengan nama “peduli balita”, misalnya pemberian minuman susu gratis dan pemberian makanan bergizi. Pernyataan yang sesuai dengan fakta dalam bacaan di atas adalah a. Kegiatan itu baik, tetapi apakah tidak menimbulkan kecemburuan sosial? b. Kegiatan-kegiatan positif dalam menunjang perbaikan gizi balita perlu direalisasikan. c. Sebaiknya, sebelum kita melaksanakan kegiatan, perlu dievaluasi untung dan ruginya. d. Pikiran saya sejalan dengan gagasan Anda, yaitu bahwa fakta tentang anak putus sekolah perlu dicari. e. Saya sependapat dengan Anda dan siap membantunya. 7. Bahasa yang dipakai di berbagai bidang ilmu dan masing-masing memiliki perbedaan disebut.... a. ragam bahasa, b. bentuk bahasa, c. laras bahasa, d. gaya bahasa, e. unsur bahasa 8. (1) Di sini peran pendidikan sangat vital. (2) Pemberdayaan perempuan pun menjadi agenda dalam proses pe mbelajaran. (3) Para penentu kebijakan kurikulum mestinya berkaca pada agenda ini. (4) Data empiris dari ekonomi Marco Francesconi menganalisis dan British Household Panel Survey yang mendata 10 ribu individu dari 5.500 keluarga. (5) Penelitian dilakukan sejak 1991-1999. (6) Data ini menunjukkan bahwa pria yang sukses justru akan memilih dengan wanita karier yang bekerja keras.Kalimat yang berisi fakta pada paragraf tersebut terdapat pada nomor.... a. (1) dan (2) b. (2) dan (3) c. (3) dan (5) d. (4) dan (6) e. (3) dan (5) 9. Yang merupakan bahasa surat kabar ialah a. Alfalfa mengandung klorofil yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. b. Penelitian ini mengambil objek di daerah utara wilayah Cirebon. c. Proses pemilihan kepala daerah berlangsung sangat tertib. d. Kebakaran hanguskan puluhan rumah di Penjaringan Utara. e. Rasa terima kasih kami sampaikan pada semua pihak yang telah membantu. 10. Ragam bahasa ilmu pengetahuan ialah a. Kejadian ini melibatkan berbagai disiplin ilmu. b. Drama kolosal itu digarap oleh sutradara Imam Tantowi. c. Saturnus memiliki diameter kurang lebih 10 kali diameter bumi dalam tata surya. d. Beberapa pekerja ikut tertimbun tanah longsor itu. e. Gunung Semeru menunjukan aktifitasnya. 11. Ragam bahasa sastra (cerpen) ialah.... a. Polisi dan Tim SAR belum menemukan nelayan yang hilang. b. Lelaki umur tiga puluh tahun dan berjenggot itu masuk ke rumah makan itu dengan tenang. c. Pasien rumah sakit itu memprotes adanya mal praktek yang terjadi padanya. d. Tumbuhan anggur hidup di daerah tropis dengan kelembaban tertentu. e. Hasil penyelidikan sementara menunjukkan ialah tersangkanya 12. (1) Lain benalu lain pula cendana. (2) Kalau benalu dianggap bukan tanaman berharga, lain cerita dengan pohon yang bernama santalun album atau cendana. (3) Kayu berbau harum ini termasuk komoditi agak bernilai tinggi. (4) Jelas harganya mahal. (5) Sayangnya, populasinya makin menipis karena para penangkar mengalami kesulitan mengembangkannya. (6) Biji cendana sulit tumbuh. (7) Meski bijinya mudah berkecambah, cendana muda mudah mati. Kalimat fakta dalam paragraf di atas terdapat pada nomor: a. 1 dan 3 b. 4 dan 5 c. 4 dan 6 d. 5 dan 6 e. 5 dan 7 13. Kalimat yang menyatakan hasil adalah a. Rambutan itu mahal harganya. b. Ia suka berkumpul dengan temannya di pangkalan itu. c. Penghasilannya bisa mencapai lima juta rupiah per bulan. d. Ia memendam perasaannya selama lima tahun. e. Karangannya mendapat juara satu lomba mengarang tingkat kotamadya. 14. Kalimat yang menyatakan proses ialah.... a. Pemerintah merencanakan pembangunan transportasi sungai di Jakarta. b. Penantian yang panjang membuahkan hasil sangat mengharukan antara sang ibu dan anaknya. c. Habis manis sepah dibuang. d. Pengungsi korban lumpur Lapindo mengharapkan bantuan pemerintah. e. Telah terjadi unjuk rasa besar-besaran pada hari buruh sedunia. 15. Sejak jam tujuh pagi, ia mengikuti ... tentang narkoba. Kata berimbuhan pe–an untuk pengisi titik-titik yang tepat adalah.... a. pelajaran b. Pemberantasan c. Penanggulangan d. Penyuluhan e. penelitian 16. Ia diminta pimpinan untuk menyerahkan ... keuangan bulan ini. Kata berakhiran –an untuk pengisi titik-titik yang tepat pada kalimat di atas adalah.... a. laporan b. Rincian c. Uraian d. Rancangan e. bayaran 17. Karangan yang berisi uraian cara atau tahapan proses beserta pernyataan hasilnya disebut juga a. narasi b. deskripsi c. Eksposisi d. Argumentasi e. persuasi 18. Kata hubung yang menunjukkan adanya proses yang berlangsung atau penandaan urutan waktu terdapat di bawah ini, kecuali.... a. selanjutnya b. setelah itu c. dan lagi d. Kemudian e. Lalu 19. Pemerintah kota dan DPRD menyepakati anggaran untuk pendidikan sekitar 23 persen tahun ini. Akhiran –an pada kata anggaran berarti a. sesuatu yang berkaitan dengan uang b. hasil dari sesuatu yang dianggarkan c. proses menganggarkan d. hal penganggaran e. masalah keuangan yang direncanakan 20. Kalimat yang berisi pemerian adalah a. Ahmad membeli sepatu di Pasar Baru dan Jatinegara. b. Barang itu dijual seharga Rp. 50.000 dan Rp. 30.000. c. Ibu sedang menawar harga barang-barang rumah tangga. d. Bibi membeli keperluan dapur berupa kecap, garam, gula pasir, dan cabe. e. Barang-barang rumah tangga ini dapat dijual di pasar loak. II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar! 1. Sebutkan jenis-jenis sumber informasi! 2. Sebutkan contoh bentuk informasi yang tergolong media cetak, sebanyak 5 buah! 3. Buatlah contoh uraian berisi fakta khusus! 4. Buatlah contoh uraian berisi opini atau konsep! 5. Buatlah contoh uraian yang bersifat pemerian berupa satuan kalimat atau bagian! 6. Faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya ragam bahasa? 7. Buatlah dua kalimat yang menggunakan afiks/imbuhan yang menandakan proses dan hasil! 8. Buatlah kalimat yang menggunakan ragam semi formal, sebanyak 2 buah! 9. Buatlah 2 contoh yang bukan termasuk sumber informasi? 10. Bagaimana ciri-ciri sumber informasi yang baik? UJI KOMPETENSI(BAB 3) I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini! 1. Ia dikenal di sekolah seorang kutu buku. Makna kata kutu buku adalah a. suka membeli buku b. suka membaca buku c. suka mengoleksi buku d. suka menjual buku e. Suka merawat buku 2. Berdasarkan tingkatannya, membaca dibedakan menjadi berikut ini, kecuali a. membaca kreatif b. membaca kritis c. membaca literal d. a dan b e. a, b, dan c 3. Membaca untuk memahami isi bacaan secara rasional dan mendalam disebut a. membaca kritis b. membaca cepat c.membaca literal d. membaca kreatif e.membaca pemahaman 4. Hal yang dilakukan dalam membaca kritis adalah berikut ini, kecuali a. bertanya b. Menyimpulkan c. Menghubungkan d. mencatat hal penting e. menilai ide-ide dalam bacaan 5. Membaca untuk mendapatkan nilai tambah dari pengetahuan baru yang terdapat dalam bacaan adalah a. membaca kritis b. membaca cepat c. membaca pendalaman d. membaca kreatif e. membaca literal 6. Tujuan membaca kreatif adalah a. memahami informasi b. mengetahui sesuatu lebih dalam c. peningkatan kualitas hidup d. lebih kritris e. menambah wawasan 7. Hal di bawah ini termasuk kategori bahan bacaan dalam membaca kreatif, kecuali a. wacana tentang cara merawat kesehatan b. wacana tentang pemikiran budayawan c. wacana tentang kehidupan laut d. wacana tentang membuat makanan e. wacana mengenai memelihara tanaman 8. Yang bukan informasi mengenai memanfaatkan lahan adalah a. membudidayakan tanaman hias b. membuat surat tanah c. membudidayakan tanaman obat d. menanam dan merawat anggrek e. cara menanam 11. Untuk membaca cepat diperlukan latihan, sebagai pemula target kecepatan adalah a. 130 - 150 kpm b. 25 - 140 kpm c. 120 - 150 kpm d. 110 - 130 kpm e. 100 - 150 kpm 12. Membaca cepat dengan tujuan untuk memperoleh suatu informasi langsung ke pokok masalah adalah teknik membaca a. teknik pemindaian (skimming) b. teknik membaca naskah c. teknik pelayapan (scanning) d. teknik membaca ekspresionis e. teknik membaca frasa 13. Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat catatan, kecuali a. kata/frasa/kalimat yang mengantarkan pada gagasan pokok b. ide pokok atau gagasan sentral setiap paragraf c. setiap penjelasan penting yang ada pada bacaan d. pendapat atau asumsi penulis mengenai hal-hal tertentu e. data atau fakta yang mendukung gagasan 14 Cara membaca yang hanya untuk mendapatkan ide pokoknya atau saripati bacaan disebut a. teknik pemindaian (skimming) b. teknik membaca naskah c. teknik pelayapan (scanning) d. teknik membaca ekspresionis e. teknik membaca frasa 15. Dalam sastra, setiap kata tidak selalu diartikan dengan makna sesungguhnya. Kata dapat ditafsirkan dua cara, yaitu a. majas dan laras b. konotatif dan denotatif c. puisi dan sajak d. cerpen dan puisi e. sastra dan idiomatik 16. Di bawah ini, beberapa manfaat membaca cepat, kecuali a. bagian-bagian yang diperlukan dapat diketahui b. pembaca dapat mengetahui opini orang lain c. topik bacaan dapat diketahui d. mengetahui organisasi penulisan e. dapat melatih indra mata 17. Berikut ini yang tidak termasuk pelatihan membaca cepat ialah a. membaca dengan cara melebarkan jangkauan mata b. membaca ke samping c. membaca dengan tatapan per fiksasi d. Membaca dengan hati-hati e. membaca kolom 18. Yang dimaksud dengan regresi ialah a. membaca dengan melakukan pengulangan bacaan b. membaca dengan perlahan-lahan c. berhenti pada suatu pandangan d. bacaan dihentikan e. pembaca tidak konsentrasi dalam membaca 19. Hal yang salah dan menjadi kebiasaan dalam membaca berikut ini, kecuali a. membaca dengan menggerakkan bibir b. membaca dengan menggerakkan mata c. membaca dengan menggelengkan kepala d. membaca dengan mengeraskan suara e. Dengan menatap kata per kata 20. Akibat yang terjadi ketika komunikasi berjalan tidak seimbang, kecuali a. persaudaraan retak b. persahabatan putus c. menimbulkan konflik d. menghargai mitra bicara e. bisa terjadinya peperangan antarkelompok atau antarnegara II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar! 1. Hal-hal apa sajakah yang perlu dilakukan ketika kita menemukan ide pokok dari bagian wacana? 2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan apresiasi dalam sastra! 3. Sebutkan dan jelaskan dua cara teknik membaca cepat! 4. Apa saja yang perlu dicatat dalam membaca pemahaman! 5. Dalam setiap paragraf, terdapat dua unsur kalimat. Sebut dan jelaskan maksudnya! 6. Bahasa sastra dapat juga disebut 7. Mengapa dalam bermasyarakat kita harus memerhatikan sikap berbahasa yang positif? 8. Apa saja sikap berbahasa yang positif dan efisien? 9. Mengapa manusia disebut makhluk sosial? 10. Dampak apa saja yang terjadi ketika komunikasi berjalan dengan efisien dan positif? UJI KOMPETENSI(BAB 4) I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini! 1. Di bawah ini yang termasuk sumber informasi yang berbentuk media elektronik, kecuali a. video.... b. Televisi c. dokumentasi d. Audio e. audio-visual 2. Di bawah ini sumber informasi yang berbentuk media cetak, adalah a. audio-visual, tabloid, dan televisi b. iklan, internet, dan majalah c. majalah, dokumentasi, dan buku d. internet, televisi, dan koran e. buletin, internet, dan video 3. Penulisan sumber informasi dari media elektronik di bawah ini adalah a. Kompas, 12 Juli 2007 b. senin (9/4) ..... c. ( RCTI, 2007 : 4 ) d. www.yahoo.com e. Intisari, Oktober 1998 4. Menguraikan gagasan atau hal yang disampaikan secara tertulis dapat ditampilkan dalam beberapa uraian, kecuali a. deskrpisi b. Narasi c. Biografi d. Argumentasi e. persuasi 5. Tulisan yang berupa gambaran mengenai keadaan, benda, dan tempat disebut a. narasi b. Deskripsi c. Eksposisi d. Argumentasi e. persuasi 6. Penulisan yang berisi kalimat ajakan, himbauan seperti argumentasi disebut a. narasi b. Deskripsi c. Eksposisi e. Persuasi d. argumentasi 7. Penulisan yang berisi tentang pendapat, cara melakukan sesuatu, pemaparan tentang suatu hal disebut a. narasi b. Deskripsi d. Argumentasi c. Eksposisi e. persuasi 8. Di bawah ini kegunaan membuat catatan untuk bacaan yang akan dibaca, kecuali a. detail dan menarik b. mengambil isi pokok informasi c. membantu mengingat isi bacaan d. memudahkan membuat kutipan dalam menyusun e. menjadikannya bahan informasi 9. Beberapa cara untuk mencatat informasi yang dapat dilakukan dan dianjurkan, kecuali a. mencatat di buku khusus b. memberi coretan khusus pada informasi penting c. mencatat pada lembaran-lembaran yang dijadikan satu di sebuah map file d. mencatat pada kartu catatan e. catatan khusus 10. Pemilihan proses dan hasil pada wacana/teks bacaan dapat dilakukan dengan cara a. scanning b. skimimg c. Grafik d. Diagram e. tabel 11. Untuk menghemat waktu dan menunjukkan statiska penulisan informasi, dapat digunakan alat bantu visual di bawah ini, kecuali a. grafik b. tabel c. Peta d. Selebaran e. diagram 12. Karangan ekspositoris adalah jenis karangan yang termasuk karangan a. komik b. roman c. Cerpen d. Biografi e. novel 13. Informasi nonverbal dapat berupa bentuk di bawah ini, kecuali a. diagram b. Grafik c. Bagan d. Matriks e. Opini 14. Bentukan kata yang menyatakan proses biasanya dinyatakan oleh imbuhan a. –an b. me- -kan c. pe- d. per-an e. pe -an 15. Uraian padat yang berisi intisari atau saripati dari informasi asalnya disebut ..... a. hasil b. Proses c. kesimpulan d. Grafik e. biografi 16. Penulisan simpulan dapat diuraikan dalam dua jenis yaitu a. intensif dan ekspresif b. naratif dan persuasif c. persuasif dan induktif d. sugestif dan imajinatif e. deduktif dan induktif 17. Penulisan simpulan secara deduktif dijelaskan secara a. umum – khusus b. detail c. khusus - umum d. khusus saja . Ekspresionis 18. Simpulan secara induktif ditulis dan dijelaskan secara a. umum- khusus b. Detail c. khusus - umum d. khusus saja e. Ekspresionis 19. EKSPOR-IMPOR INDONESIA(Dalam US $000.000 ) Termasuk Minyak Bumi Tidak Termasuk Minyak Bumi dan Gas Tahun Ekspor Impor Ekspor Impor 1992 33.967,0 27.279,6 23.296,1 25.184,6 1993 36.823,0 28,327,8 27.007,2 26.157,3 1994 39.707,8 30.341,8 30.341,7 28.772,7 Kalimat yang sesuai dengan tabel di atas adalah a. Ekspor minyak Indonesia terus meningkat. b. Indonesia tidak mengimpor minyak. c. Nilai Impor minyak dan gas Indonesia Indonesia tidak mencapai 10%. d. Ekspor migas memegang peranan utama dalam perdagangan luar negeri. e. Tahun 1994, Indonesia menikmati surplus perdagangan luar negeri sebesar lebih dari US $ 8 juta. 20. Jadwal Pentas Seni di SMK Negeri 10 Malang Hari dan Tanggal Wktu Nama Acara Jumat, 20 Desember 2007 Pagi 09.0 - 09.30 Marawis oleh Group Marawis kelas X MM 1 09.30 - 10.00 Tarian Kreasi 0leh Siswa XI TKJ 2 .............. ........................................... Siang 13.0 - 13.00 13.30 - 14.30 Pembacaan Puisi oleh siswa Kielas X MO 1 Pagelaran siswa-siswi Kelas XII Berdasarkan jadwal tersebut, puisi dibacakan pada a. Pagi, pukul 10.00 - 10.30 b. Pagi, pukul 10.30 - 11.00 c. Pagi, pukul 09.00 - 09.30 d. Siang, pukul 13.00 - 13.30 e. hari Jumat, 20 Desember 2006
II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar!
1 Sebutkan sumber media apa saja yang dapat dijadikan informasi!
2. Tuliskan susunan catatan kaki dari data di bawah ini!
3. Sebutkan beberapa jenis teks yang kalian ketahui!
4. Sebutkan kegunaan dari membuat catatan!
5. Berikan contoh-contoh alat bantu visual dalam menguraikan informasi supaya menarik dan efektif!
6. Sebutkan langkah-langkah membaca grafik!
7. Apa yang dimaksud dengan simpulan? sebutkan dua jenisnya! 8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan informasi nonverbal!
9. Sebutkan ciri-ciri bahasa surat kabar!
10. Tuliskan contoh kalimat yang menyatakan proses dan hasil!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar