Pendekatan Dalam Penilaian
(Sekedar rangkuman referensi gurubahasa Indonesia}
Secara umum ada dua metode/acuan yang digunakan
untuk melihat hasil belajar siswa
yaitu penilaian acuan norma dan penilaian acuan patokan. Apabila kita melakukan pengukuran atau penilaian
berarti kita membandingkan.
Dalam penilaian pendidikan ada dua pendekatan yang
digunakan sebagai pembanding, yaitu penilaian
acuan norma atau PAN (norm
referenced evaluation) dan penilaian acuan patokan atau PAP (criterion refrenced evaluation).
a. Penilaian Acuan Patokan
Penilaian acuan patokan (Criterion Referenced
Evaluation) yang dikenal pula dengan
sebutan standar mutlak,berusaha menafsirkan hasil tes yang diperoleh siswa dengan membadingkannya dengan patokan yang telah ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri
diperolehbahkan sebelum kegiatan
pengajaran dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu telah
ditetapkan.
b. Penilaian Acuan Norma
Penilaian acuah norma/relatif disebut pula
norma aktual atau nonna empiris.
Norma relatif adalah suatu norma yang disusun secara relative berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh
para pengikut dalarn suatu tes. Dengan
demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norrna relatif ini (PAN)
mencerminkan status individu di
dalam kelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar