KELAS XII
TEKS 1 Kegiatan 2
Kerja
Bersama Membangun Teks Cerita Sejarah
Mempelajari teks cerita sejarah
berarti mempelajari peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Tidak semua
peristiwa masa lalu bisa dikatakan peristiwa sejarah. Satu peristiwa dikatakan
peristiwa sejarah jika peristiwa itu bisa dikaitkan dengan peristiwa lain
sebagai bagian dari proses atau dinamika dalam suatu konteks historis. Antara
peristiwa tersebut terdapat hubungan sebab akibat yang menunjukkan
kesinambungan beberapa peristiwa itu.
Ilmu
sejarah berbicara tentang manusia, sehingga sejarah termasuk ilmu empiris, yang
bergantung pada pengalaman manusia. Sejarah, yang hanya tunduk pada fakta,
memiliki empat hal yang perlu diperhatikan yaitu perkembangan, kesinambungan,
pengulangan, dan perubahan manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Sebuah teks cerita sejarah adalah sebuah usaha
untuk merekonstruksi peristiwa yang terjadi di masa lalu. Oleh sebab itu,
sejarah tidak serta merta bisa dijadikan solusi untuk memecahkan segala
persoalan yang dihadapi saat ini. Akan tetapi, sejarah memberi kemungkinan bagi
siapapun yang memeroleh pengetahuan tentang berbagai usaha manusia di masa
lalu, baik itu berupa keberhasilan maupun kegagalan, dalam mengatasi masalah
yang dihadapi. Oleh sebab itu, kalian
harus jeli menggali kearifan yang bisa dipelajari atau direnungkan pada
peristiwa sejarah.
Tugas 1
Mengevaluasi Struktur
Teks Cerita Sejarah
Pada
tahapan ini, kalian akan disajikan sebuah teks cerita sejarah berjudul “Sejarah
Piala Dunia”. Piala Dunia merupakan kompetisi akbar yang bergengsi dalam dunia
persepakbolaan. Selalu saja ada hal yang menarik untuk diperbincangkan mengenai
sepak bola yang banyak digandrungi berbagai kalangan ini. Delapan puluh empat
tahun telah berlalu sejak Piala Dunia FIFA pertama yang digelar Uruguay. Sejak
saat itu, telah tercatat 79 tim nasional tampil setidaknya satu kali di ajang
tersebut. Brasil menjadi satu-satunya negara yang selalu berlaga di kedua puluh
putaran final.
Agar
kalian tidak penasaran, bacalah dengan saksama teks cerita berikut ini.
Sejarah
Piala Dunia

Gambar 1.3 FIFA World
Cup 2014
Sumber:
http://www.zonaterbaik.com/2013/12/klasemen-grup-piala-dunia-2014.html
1. Pesona sepak bola sebagai salah satu olahraga
paling top sejagat memang tak pernah pudar. Di setiap generasi, selalu saja
muncul gelombang penggemarnya. Baik itu dipandang sebagai olahraga kesukaan
maupun sekadar tontonan untuk hiburan, sepak bola tidak pernah habis untuk
diulik. Salah satu kompetisi akbar yang sayang untuk dilewatkan adalah Piala
Dunia.
2. Sejarah Piala Dunia mulai digelar pada 1930
di Uruguay, dengan hanya melibatkan tiga belas negara, sembilan negara dari
Benua Amerika (Amerika Serikat, Argentina, Brasil, Bolivia, Chili, Meksiko,
Paraguay, Peru, dan Uruguay) dan empat negara dari Benua Eropa (Prancis,
Rumania, Belgia, dan Yugoslavia). Sejak itu, Piala Dunia selalu digelar empat
tahun sekali. Akan tetapi, pada 1942 dan 1946, ajang penyelenggaraan Piala
Dunia terpaksa
ditunda
karena meletusnya Perang Dunia II. Maka, hingga penyelenggaraannya yang
terakhir di Brasil pada 2014, Piala Dunia telah berhasil digelar sebanyak dua
puluh kali. Dua puluh
trofi
Piala Dunia berhasil direbut oleh delapan negara berbeda, yaitu tiga negara
dari Benua Amerika dan lima negara dari Benua Eropa.
3. Brasil merupakan negara yang paling banyak
mengoleksi trofi.
Trofi
yang berjumlah lima itu diraih pada 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Seperti
halnya Italia yang telah meraih empat trofi pada 1934, 1938, 1982, dan 2006,
Jerman pun telah meraih jumlah trofi yang sama, yaitu pada 1954, 1974, 1990,
dan 2014. Lalu Argentina
meraih
dua trofi, tahun 1978 dan 1986. Uruguay juga meraih dua trofi pada 1930 dan
1950. Kemudian Prancis mendapat satu trofi pada 1998, Inggris juga dengan satu
trofi pada 1966, serta Spanyol dengan satu trofi pada 2010.
4. Piala Dunia ini dicetus oleh Jules Rimet,
Presiden FIFA, yang memiliki impian menggelar turnamen internasional sepak
bola.
FIFA
yang diketuainya saat itu sempat memasukkan sepak bola di Olimpiade 1924 yang dimenangi
Uruguay. Namun, gemanya belum besar. Selain itu, muncul konflik siapa yang
berhak mengatur turnamen itu, FIFA atau Komite Olimpiade Internasional (IOC).
Oleh sebab itu, FIFA mencoba membuat turnamen sendiri pada 1928 dengan tuan
rumah Hungaria. Akan tetapi, turnamen ini gagal karena tidak memiliki banyak
peminat, hanya diikuti oleh empat tim.
5. Pada 1930, akhirnya turnamen besar sepak bola
ini terwujud. Piala Dunia yang diprakarsai oleh Jules Rimet pertama kali
digelar di Uruguay. Negara ini terpilih karena telah menjadi juara bertahan
sepak bola pada Olimpiade. Selain itu, pada tahun tersebut bertepatan dengan
seratus tahun kemerdekaan Uruguay.
6. Untuk menggelar Piala Dunia, Uruguay
melakukan persiapan yang serius. Di ibukota negara, Montevideo, dibangun sebuah
stadion raksasa bernama Stadion Centenario berkapasitas 95.000 penonton untuk
menyelenggarakan turnamen akbar ini.
7. Jika saat ini berbagai negara berebut tiket
untuk dapat bermain di turnamen ini, pada Piala Dunia yang dibuka 13 Juli 1930
tersebut pihak FIFA justru kesusahan mencari peserta. Sebagai
penyelenggaraan
perdana, FIFA tidak mengadakan mekanisme kualifikasi bagi setiap negara yang
ingin bertanding. FIFA bahkan mengundang seluruh asosiasi sepak bola di setiap
negara untuk berpartisipasi di kompetisi ini. Pada waktu itu, FIFA hanya
memberikan batas akhir pendaftaran bagi setiap negara untuk dapat diterima
menjadi peserta Piala Dunia.
8. Undangan FIFA ini mendapatkan respons besar
dari beberapa negara di Benua Amerika. Sementara itu, negara di Benua Eropa
tidak begitu antusias merespons undangan ini. Hal ini disebabkan oleh faktor
jarak. Kedekatan jarak negara di Benua Amerika dengan tempat penyelenggaraan
turnamen sepak bola ini membuat mereka antusias untuk mengikuti pertandingan.
Sedangkan negara di Benua Eropa harus melakukan perjalanan laut mengarungi
Samudera Atlantik, karena pada saat itu jalur udara menggunakan pesawat masih
sangat jarang. Tentu saja perjalanan ini menghabiskan biaya yang tidak sedikit
dan waktu yang tidak sebentar.
9. Hingga batas akhir pendaftaran, FIFA tidak
menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan negara di Eropa. Bahkan, pada dua
bulan sebelum Piala Dunia digelar, pesertanya masih berjumlah sembilan negara.
10. Kondisi yang demikian memaksa Jules Rimet
turun tangan. Ia melobi beberapa negara Eropa untuk ikut dalam Piala Dunia.
Akirnya empat negara Eropa setuju untuk berpartisipasi. Prancis memang dibujuk
secara langsung oleh Jules Rimet untuk ikut serta. Sementara itu, Belgia dirayu
oleh Wakil Presiden FIFA, Rodolphe Seldrayers. FIFA bahkan menyediakan kapal
laut untuk mengantarkan negara yang dibujuknya sampai ke tempat penyelenggaraan
Piala Dunia di benua seberang.
11. Para pemain, pelatih, dan ofisial tim
Prancis, Belgia, dan Rumania berangkat menuju Benua Amerika dengan menumpang
kapal SS Conte Verde. Kapal ini juga mengangkut Jules Rimet bersama tiga wasit
dari Eropa, Jean Langenus (Belgia), Henri Christophe (Belgia), dan Thomas
Balway (Prancis). Kapal ini menjadi sangat istimewa karena Jules Rimet membawa
trofi Piala Dunia pertama. Sementara itu, pemain dan pelatih dari negara
Yugoslavia berangkat
secara
terpisah menggunakan kapal Florida dari Pelabuhan Marseille.
12. Kapal SS Conte Verde memulai perjalanan
bersejarah ini dari Pelabuhan Genoa dengan mengangkut tim dari Rumania. Kapal
ini lalu berlabuh di Dermaga Villefranche-sur-Mer untuk menjemput tim Prancis.
Sementara itu, tim Belgia menunggu di
Pelabuhan
Barcelona.
Kapal ini juga berlabuh di Dermaga Rio de Janeiro untuk menjemput tim Brasil.
Kapal milik Italia ini lalu menuju Pelabuhan Santos untuk menjemput beberapa
pemain lainnya. Kapal ini akhirnya
sampai di Uruguay pada 4 Juni 1930, tepat 9 hari sebelum Piala Dunia perdana
itu dimulai.
13. 30 Juli 1930 menjadi saat bersejarah dalam
dunia persebakbolaan, terutama bagi Uruguay yang melanjutkan kemenangan pada
Olimpiade 1924 dan 1928. Tuan rumah ini memenangi Piala Dunia FIFA perdana
dengan skor 4-2 mengalahkan negara tetangga sekaligus rival mereka, Argentina.
14. Akan tetap, kondisi politik-ekonomi dunia
yang belum stabil menyebabkan jumlah peserta Piala Dunia selanjutnya juga turut
tidak stabil. Misalnya, pada Piala Dunia 1934 di Italia, jumlah peserta Piala
Dunia menjadi enam belas negara dan pada penyelenggaraan yang ketiga, 1938 di
Prancis, peserta Piala Dunia berkurang menjadi lima belas negara. Kompetisi ini
bahkan sempat dihentikan selama 12 tahun (tiga kali penyelenggaraan) akibat
Perang Dunia II. Pada 1950, Piala Dunia kembali digelar di Brasil dengan hanya
diikuti tiga belas negara.
15. Penyelenggaraan Piala Dunia baru mulai
stabil, setidaknya dilihat dari jumlah peserta, sejak gelaran yang kelima di
Swiss (1954). Sejak itu, jumlah peserta Piala Dunia tetap enam belas negara
hingga pelaksanaan yang kesebelas di Jerman barat (1978). Mulai 1982,
diselenggarakan
di Spanyol, pihak FIFA kemudian menambah jumlah peserta menjadi dua puluh empat
negara. Jumlah ini terus bertambah hingga Piala Dunia kelima belas di Amerika
Serikat (1994).
16. Saat FIFA menggelar Piala Dunia yang keenam
belas di Prancis, jumlah peserta bertambah menjadi tiga puluh dua negara.
Jumlah ini bertahan hingga gelaran Piala Dunia kedua puluh di Brasil (2014).
Berdasarkan pernyataan Sepp Blatter (Presiden FIFA) dan Michel Plattini
(Presiden UEFA), jumlah tersebut dimungkinkan akan terus bertambah hingga empat
puluh negara peserta.
17. Selain mengenai jumlah pesera dalam Piala
Dunia, bahasan lain yang tidak kalah menarik untuk diperbincangkan adalah trofi
Piala Dunia itu. Trofi yang saat ini selalu “keliling dunia” sebelum
penyelenggaran Piala Dunia digelar itu bukanlah trofi yang sejak awal digunakan
dalam Piala Dunia. FIFA menggunakan trofi bernama Jules Rimet Cup sejak awal gelaran turnamen
besar ini hingga Piala Dunia kesembilan pada 1970. Trofi pertama ini didesain
oleh seorang pemahat berkebangsaan Prancis, Abel Lafleur.
18. Trofi Jules Rimet ini kemudian digantikan
oleh trofi FIFA World Cup pada gelaran Piala Dunia kesepuluh (1974). Trofi ini
dibuat oleh seorang pemahat asal Italia, Silvio Gannaziga. Jerman merupakan
negara pertama yangn berhasil menyimpan trofi ini.
FIFA
World Cup tersebut masih digunakan hingga gelaran Piala Dunia kedua puluh di
Brasil.
(Sumber:
Qadafi Akhmad, It’s All About Football,
Yogyakarta: Certe Posse, April 2014,
halaman
32—35)
Tugas pertama kalian pada kegiatan
kedua ini adalah mengevaluasi struktur teks cerita sejarah. Mengevaluasi
berarti terdapat proses penilaian. Dalam hal ini, yang kalian nilai adalah teks
“Sejarah Piala Dunia”. Sebagai sebuah teks cerita sejarah, teks yang
diceritakan di atas harus mampu menjalani fungsi sosialnya, yaitu
merekonstruksi dan memberikan informasi yang berkaitan dengan masa lampau.
Sebelum melakukan penilaian, langkah pertama yang kalian lakukan adalah
melakukan pengukuran. Proses penilaian yang bisa kalian lakukan terhadap teks
cerita sejarah yang disajikan tersebut adalah dengan melakukan pengukuran
informasi yang diberikan. Kalian dapat mengukur apakah informasi yang diberikan
tersebut telah sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Dengan menentukan
apakah informasi yang kalian peroleh itu telah memenuhi kriteria sebuah teks
cerita sejarah menunjukkan bahwa kalian telah melakukan penilaian. Hal inilah
yang disebut dengan evaluasi.
Untuk
itu, bacalah sekali lagi teks “Sejarah Piala Dunia” di atas agar kalian bisa mengevaluasinya.
(1) Teks “Sejarah Piala Dunia” di atas terdiri
dari delapan belas paragraf.
Tugas
kalian adalah menggali informasi yang disajikan setiap paragrafnya. Kemudian
kelompokkan informasi yang kalian peroleh berdasarkan jenis dan waktu
kejadiannya. Buatlah kelompok kecil yang terdiri dari 3 hingga 5 orang untuk
mengerjakan seluruh Tugas 1 pada kegiatan ini.
No.
|
Paragraf
|
Informasi
|
Jenis
Informasi
|
Waktu
|
1.
|
I
|
(1) Sepak bola merupakan olah raga paling top.
|
Pesona
sepak bola dan Piala Dunia sebagai salah satu bentuk kompetisinya di dunia
|
Sepanjang
waktu
|
(2)
Sepak bola merupakan olah raga yang memesona.
|
||||
(3) Penggemar sepak bola ada di setiap
generasi.
|
||||
(4) Selalu saja ada hal yang bisa diceritakan
tentang sepak bola.
|
||||
(5) Piala Dunia merupakan sebuah kompetisi
sepak bola akbar.
|
||||
|
II
|
|
|
|
|
III
|
|
|
|
|
IV
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
VI
|
|
|
|
|
VII
|
|
|
|
|
VIII
|
|
|
|
|
.
IX
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
XI
|
|
|
|
|
XII
|
|
|
|
|
XIII
|
|
|
|
|
XIV
|
|
|
|
|
XV
|
|
|
|
|
XVI
|
|
|
|
|
XVII
|
|
|
|
|
XVIII
|
|
|
|
(2)
Setiap peristiwa sejarah pasti memiliki periodisasi. Batasan waktu
peristiwa sejarah tersebut dibagi dalam pembabakan. Dalam pembuatan teks cerita
sejarah, diperlukan pemberian informasi secara runtut. Prinsip keruntutan pada
dasarnya menyajikan informasi secara urut, mulai dari awal hingga akhir
peristiwa. Kronologi peristiwa yang membangun kisah sejarah ini bertujuan agar
kisahan yang disajikan tidak melompat-lompat.
Menurut
kalian, apakah periodisasi yang terdapat pada teks “Sejarah Piala Dunia” ini
sudah tersaji secara runtut? Jika ditemukan ketidakruntutan, perbaikilah teks
tersebut menjadi teks cerita sejarah yang ideal.
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
(3) Sejak 1930 hingga 2014, Piala Dunia sudah
digelar dua puluh kali.
Berikut
ini terdapat data pelaksanaan Piala Dunia tersebut, mulai dari tahun
pelaksanaannya, negara yang menjadi tuan rumah, waktu dan tempat pelaksanaan
laga final, hingga pemenang pada periode itu. Lengkapilah kolom yang masih
kosong. Jika informasi yang ada di dalam teks belum memadai, kalian bisa
mencari data tambahan dari sumber lain, seperti perpustakaan, media massa,
internet, dan sebagainya.
No.
|
Tahun
|
Tuan
Rumah
|
Waktu
dan Tempat Laga Final
|
Juara
|
1.
|
1930
|
Uruguay
|
30
Juli 1930, di Estadio
Centenario,
Montevideo
|
Uruguay
|
2.
|
1934
|
|
10
Juni 1934, di Nazionale
PNF,
Rome
|
|
3.
|
|
Prancis
|
|
Italia
|
4.
|
1950
|
Brasil
|
|
|
5.
|
|
|
4
Juli ______, di Wankdorf
Stadium,
Berne
|
Jerman
Barat
|
6.
|
|
Swedia
|
29
Juni ______, di Rasunda
Stadium,
Solna
|
|
7.
|
1962
|
|
|
Brasil
|
8.
|
|
|
30
Juli ______, di Wembley,
London
|
Inggris
|
9.
|
|
Meksiko
|
21
Juni ______, di Estadio
Azteca,
Mexico City
|
|
10.
|
1974
|
Jerman
Barat
|
|
|
11.
|
|
|
25
Juni _______, di El
Monumental,
Buenos Aires
|
Argentina
|
12.
|
1982
|
|
|
Italia
|
13.
|
|
|
29
Juni _______, di Estadio
Azteca,
Mexico City
|
Argentina
|
14.
|
|
Italia
|
8
Juli _______, di Stadio
Olimpico,
Rome
|
|
15.
|
1994
|
Amerika
Serikat
|
|
|
16.
|
|
|
12
Juli _____, di Stade de
France,
Paris
|
Prancis
|
17.
|
|
Korea/Jepang
|
|
Brasil
|
18.
|
2006
|
|
9
Juli 2006, di Olympic
Stadium,
Berlin
|
|
19.
|
|
Afrika
Selatan
|
|
Spanyol
|
20.
|
2014
|
Brasil
|
|
|
(4)
Coba kalian perhatikan gambar FIFA World Cup 2014 di muka. Pada gambar
tersebut terdapat gambar bendera berbagai negara yang menjadi peserta
pertandingan bergengsi ini yang dibagi menjadi beberapa grup. Berikut ini
adalah 32 nama negara yang disusun secara acak. Tugas kalian adalah
mengelompokkan negara sesuai dengan grupnya masing-masing
seperti
yang terlihat pada gambar.

(5)
Menurut kalian, mengapa olahraga sepak bola ini digandrungi banyak
orang?
(a)
Diskusikanlah alasan kalian dengan kelompok yang telah dibentuk
sebelumnya.
(b)
Lalu, temukanlah kelebihan olahraga sepak bola ini.
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________
(c) Selain kelebihan, apakah olahraga ini
memiliki kelemahan?
(d)
Apa saja kelemahan olahraga ini?
_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________
_________________________________________________________
Tugas 2
Menginterpretasi Fungsi
Sosial Teks Cerita Sejarah
Menginterpretasi
makna teks cerita sejarah artinya memberikan penafsiran terhadap teks tersebut
agar data sejarah yang terkandung di dalamnya dapat berbicara. Sebagai siswa
yang cerdas, kalian harus bisa menggali nilai dan kearifan yang terkandung
dalam peristiwa sejarah
yang
tidak semata-mata hanya menjadi cerita yang dikisahkan secara turun-temurun.
Nilai dan kearifan yang berhasil kalian gali diharapkan dapat membantu secara
bijak berbagai persoalan yang dihadapi. Dengan mengingat masa lalu, memahami
masa kini, dan
mempersiapkan
masa depan, kalian akan dapat meraih apa yang telah dicita-citakan.
Bacalah
teks “Hadiah Nobel” berikut ini dengan saksama. Kemudian kerjakanlah tugas yang
diberikan. Hadiah Nobel

Sumber:
http://blogkputih.wordpress.com/about/hadiah-nobel-untuk-indonesia/
Gambar 1.4 Hadiah Nobel
1. Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahun
kepada ilmuwan yang telah melakukan penelitian luar biasa. Penghargaan
diberikan kepada orang yang menemukan teknik atau peralatan yang baru, atau telah
melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat. Saat ini
Hadiah
Nobel dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi orang yang mempunyai jasa
besar kepada dunia.
2. Penghargaan Nobel pertama kali diberikan
berdasarkan wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia yang telah
menemukan dinamit. Ilmuwan ini terkejut melihat hasil penemuannya justru
dimanfaatkan untuk tujuan yang merusak. Oleh sebab itulah dia
membuat
wasiat.
3. Pria kelahiran Swedia, 21 Oktober 1833 ini
menandatangani wasiatnya di Swedish-Norwegian Club, Paris, pada 27 November
1895. Di dalam wasiat tersebut, Alfred menegaskan bahwa seluruh hartanya harus
diinvestasikan dalam bentuk saham dan dipakai
untuk
mendirikan sebuah yayasan, yang labanya setiap tahun dibagikan dalam bentuk penghargaan
bagi orang yang dinilai berjasa besar terhadap kemanusiaan.
4. Banyak pihak yang terkejut mengetahui isi
wasiat tersebut, termasuk keluarganya. Kontroversi terus bergulir. Pro dan
kontra terhadap isi wasiat terus terjadi, sehingga pemberian Hadiah Nobel baru
bisa terlaksana lima tahun setelah Alfred Nobel wafat.
5. Seremoni untuk penghargaan Nobel di bidang
sastra, fisika, kimia, kedokteran, dan perdamaian pertama kali diadakan di Old
Royal Academy of Music di Stockholm pada
1901. Sejak 1902, penghargaan ini secara formal dianugerahkan oleh Raja Swedia.
Awalnya,
Raja Oscar II tidak menyetujui pemberian penghargaan kepada orang asing. Namun,
dia mengubah sikapnya setelah menyadari publisitas penghargaan tersebut
terhadap negara Swedia.
6. Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap
tahunnya pada 10 Desember, yaitu tanggal wafatnya Alfred Nobel. Biasanya, nama
calon penerima diumumkan pada bulan Oktober oleh komite dan institusi yang berwenang sebagai badan
seleksi penerima penghargaan.
7. Kategori penghargaan yang diberikan setiap
tahun sejak 1901 untuk pencapaian dalam fisika ditentukan oleh Akademi Ilmu
Pengetahuan Kerajaan Swedia, kimia ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia,
fisiologi atau kedokteran ditentukan oleh
The Karolinska Institute, sastra ditentukan oleh
The
Swedish Academy, dan perdamaian
ditentukan oleh sebuah komite yang ditunjuk oleh Norwegian Storting atau Parlemen Norwegia.
Pada 1968, Sveriges Riksbank, Bank Swedia,
menambah
penghargaan dalam ilmu ekonomi. Ketegori ekonomi ini ditentukan oleh Royal
Swedish Academy of Sciences.
(Sumber:
Nina Karina S.A. dan Retno Sasongkowati, History of The World: Sejarah
Dunia
Kuno dan Modern, Yogyakarta: Penerbit Indoliterasi, 2013, halaman 91)
(1) Setelah membaca teks berjudul “Hadiah Nobel”,
diskusikan dengan teman sekelompok kalian struktur teks tersebut, lalu tulislah
hasil diskusi kalian!
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
(2) Setelah kalian mendiskusikan struktur teks
“Hadiah Nobel” tersebut, paparkan hasil diskusi kalian di depan kelas. Mintalah
komentar dari kelompok lain. Jadikanlah masukan kelompok lain itu untuk
memperbaiki pekerjaan kalian.
(3) Apakah informasi yang terdapat dalam teks
“Hadiah Nobel” bisa kalian pahami dengan baik?
(4) Apakah urutan peristiwa sejarah pada teks
tersebut telah diuraikan dengan jelas?
(5) Berdasarkan isi teks “Hadiah Nobel”,
tentukanlah apakah pernyataan berikut ini benar (B), salah (S), atau tidak
terbukti benar salahnya (TT) dengan membubuhkan tanda centang (√) pada pilihan
kalian. Untuk menentukan jawaban, kalian tidak perlu berpedoman pada
pengetahuan umum atau pengetahuan yang telah kalian miliki, tetapi cukup
berpedoman
pada
informasi yang disajikan dalam teks tersebut.
No
|
Pernyataan
|
B
|
S
|
TT
|
1.
|
Hadiah
Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada ilmuwan yang telah melakukan
kontribusi
luar biasa ke masyarakat.
|
√
|
|
|
2.
|
Penghargaan
ekonomi dinamai penghargaan
ilmu
sosial sejak Februari 1995 untuk
membuka
kesempatan bagi bidang ilmu politik,
psikologi,
dan sosiologi.
|
|
|
√
|
3.
|
Penghargaan
Nobel pertama kali diberikan pada 1902.
|
|
|
|
4.
|
Raja
Oscar II akhirnya menyetujui pemberian penghargaan kepada orang asing.
|
|
|
|
5.
|
Penghargaan
Nobel dianugerahkan pada 10 Desember setiap tahunnya.
|
|
|
|
6.
|
Alexander
Fleming dianugerahi Nobel pada tahun 1928 karena menemukan penisilin,
antibiotik
alamiah pertama.
|
|
|
|
7.
|
Alfred
Nobel wafat pada 10 Desember 1896.
|
|
|
|
8.
|
Pnandatanganan
surat wasiat Alfred Nobel dilakukan di Swedia.
|
|
|
|
9.
|
Alfred
Nobel adalah seorang ilmuwan yang menemukan dinamit.
|
|
|
|
10.
|
Alice
Munro, penulis asal Kanada yang dikenal sebagai master cerita pendek
kontemporer
adalah
penerima Hadiah Nobel bidang sastra pada 2013.
|
|
|
|
11.
|
Akademi
Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia adalah institusi yang menentukan peraih
penghargaan
Nobel kategori fisika dan kimia.
|
|
|
|
12.
|
Ilmu
ekonomi merupakan kategori penghargaan yang diberikan sejak pertama kali
Hadiah Nobel dianugerahi pada 1901.
|
|
|
|
13.
|
Hadiah
Nobel hanya diperuntukkan bagi mereka
yang masih hidup.
|
|
|
|
14.
|
Ahli
biokimia Inggris, Frederick Sanger telah dua kali menerima hadiah Nobel atas
keberhasilannya
merinci struktur rantai insulin dan metode penentuan urutan linear basa DNA.
|
|
|
|
15.
|
Surat
wasiat Alfred Nobel yang menyatakan ia telah menghibahkan seluruh hartanya
kepada sebuah lembaga, mengundang kontroversi di berbagai kalangan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(6)
Bacalah sekali lagi teks “Hadiah Nobel” dengan teliti. Uraikanlah fungsi
sosial yang dapat kalian petik setelah membaca teks cerita sejarah tersebut.
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
(7) Dengan membaca sejarah tentang Hadiah Nobel
tersebut, apakah kalian termotivasi untuk menghasilkan karya yang bermanfaat
bagi masyarakat?
(8) Untuk mengerjakan soal nomor (8) ini, kalian
diharapkan menggunakan sumber lain yang mendukung.
Penghargaan
Nobel Perdamaian (Nobel Peace Prize) adalah satu dari lima kategori yang
diselenggarakan atas permintaan Alfred Nobel. Penghargaan ini diberikan pada
orang yang paling giat melaksanakan hubungan yang bersifat internasional,
pendiri pergerakan perdamaian, atau berusaha mengurangi atau melenyapkan
peperangan. Tidak seperti penghargaan Nobel lainnya, kategori perdamaian ini
dapat diberikan kepada orang
atau
organisasi yang masih dalam proses penyelesaian masalah. Artinya, penghargaan
ini dapat diberikan kepada seseorang atau sebuah organisasi yang terlibat dalam
proses perdamaian yang masih berlangsung. Berikut ini adalah sepuluh perolehan
Hadiah Nobel Perdamaian (2004—2013). Beserta nama dan karya yang diberi
penghargaan. Tugas kalian
adalah
mencantumkan tahun pemberian anugerah pada kolom yang tersedia.
No.
|
Tahun
|
Nama
|
Karya
yang Diberi
Penghargaan
|
1.
|
2009
|
|
|
|
|
Barrack
Obama
(Amerika
Serikat)
|
Usaha
yang luar biasa untuk memperkuat diplomasi internasional dan kerja sama
antarbangsa.
|
2.
|
|
Liu
Xiaobo (Cina)
|
Untuk
perjuangan nonkekerasan
bagi
demokrasi dan hak asasi
manusia
di Cina.
|
3.
|
|
IPCC
(Intergovernmental
Panel
on Climate
Chage)
dan Albert
Arnold
Gore
(Amerika
Serikat)
|
Upaya
untuk membangun dan
menyebarkan
pengetahuan
tentang
perubahan iklim dan
meletakkan
fondasi sebagai
langkah
yang diperlukan untuk
melawan
perubahan tersebut.
|
4.
|
|
Grameen
Bank
(Bangladesh)
dan
Muhammad
Yunus
(Bangladesh)
|
Untuk
memajukan ekonomi dan
peluang
sosial bagi masyarakat
miskin,
terutama perempuan,
melalui
kredit mikro perintis
pekerjaan
|
5.
|
|
Badan
Tenaga Atom
Internasional
(IAEA)
dan
Mohamed El
Baradei
(Mesir)
|
Untuk
mencegah energi nuklir
yang
digunakan untuk tujuan
militer
dan memastikan bahwa
energi
nuklir digunakan untuk
tujuan
perdamaian dengan cara
yang
paling aman.
|
6.
|
|
Ellen
Johnson Sirleaf
(Liberia),
Leymah
Gbowee
(Liberia),
dan
Tawakkul
Karman
(Yaman)
|
Untuk
perjuangan nonkekerasan
demi
keselamatan dan hak
perempuan
yang berpartisipasi
penuh
dalam pembangunan
perdamaian.
|
7.
|
|
Organisasi
Anti
Senjata
Kimia
(Belanda)
|
Untuk
menentang, mengurangi,
dan
menghapuskan pemakaian
senjata
kimia di seluruh dunia.
|
8.
|
|
Martti
Oiva Kalevi
Ahtisaari
(Finlandia)
|
Untuk
menyelesaikan konflik
internasional
di beberapa benua
selama
lebih dari tiga dekade.
|
9.
|
|
Uni
Eropa (Erpoa)
|
Selama
lebih dari enam dekade
berkontribusi
bagi kemajuan
perdamaian
dan rekonsiliasi,
demokrasi,
serta hak asasi
manusia
di Eropa.
|
10.
|
|
Wangari
Muta
Maathai
(Kenya)
|
Untuk
kontribusi bagi
pembangunan
berkelanjutan,
demokrasi,
dan perdamaian.
|
.
(9)
Setelah kalian mengetahui Penghargaan Nobel Perdamaian, diskusikanlah
dengan kelompok kalian mengenai nilai kearifan yang bisa diperoleh dari
peristiwa tersebut. Kemudian, presentasikanlah hasil diskusi kalian tersebut.
(10) Dengan menggunakan sumber lain yang
mendukung, carilah nama penerima Hadiah Nobel kategori fisika, kimia,
kedokteran, dan sastra dari tahun 2004 hingga 2013 secara berkelompok.
(11) Kemudian, buatlah sebuah teks cerita sejarah
dengan menggunakan data
yang
kalian peroleh tersebut.
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Tugas 3
Memproduksi Teks Cerita
Sejarah secara Bersama
Pada tahapan ini, tugas kalian
adalah memproduksi teks cerita sejarah secara bersama. Dalam membuat sebuah
teks cerita sejarah, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Langkah pertama,
kalian harus menentukan peristiwa sejarah apa yang akan kalian angkat menjadi
sebuah teks. Setidaknya, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu apa
peristiwa yang akan diceritakan, siapa pelaku sejarahnya, kapan dan di mana
peristiwa itu terjadi, mengapa
peristiwa
tersebut bisa terjadi, dan bagaimana kejadiannya. Setelah itu, kalian bisa mengumpulkan berbagai
sumber sejarah yang mendukung teks yang kalian bangun. Kalian bisa menggunakan
sumber primer (berdasarkan saksi mata peristiwa) maupun dalam bentuk dokumen.
Satu hal yang perlu kalian ingat
bahwa peristiwa sejarah harus disesuaikan dengan kisah nyata. Berikutnya, data
yang kalian peroleh harus diverifikasi terlebih dahulu berdasarkan keaslian dan
kesahihan sumber data yang kalian peroleh. Selanjutnya, kalian bisa membuat
teks cerita sejarah yang kalian inginkan dengan melakukan pembabakan peristiwa
agar informasi yang kalian utarakan tidak rancu.
Berikut
ini adalah teks yang berjudul “Selamat Jalan Bapak Perdamaian”.
Bacalah
teks tersebut dengan saksama, serta perhatikan rentetan peristiwa yang
diberikan.
Selamat
Jalan Bapak Perdamaian
1. Nelson Mandela wafat dalam usia 95 tahun.
Pria yang bernama kecil Rolihlala Mandela ini meninggal karena penyakit infeksi
paru di kediamannya, Johannesburg, Afrika Selatan, pada 5
Desember
2013.
2. Ucapan duka mengalir dari seluruh pelosok
dunia atas kepergian
pahlawan
penentang apartheid dan mantan Presiden Afrika Selatan ini. Seluruh dunia
bersedih atas kepergian seorang tokoh besar yang namanya melambung tinggi
karena cita-cita serta perjuangannya untuk perdamaian dan keadilan pada awal
abad ke-21.
3. Mandela menjadi inspirasi dan nurani dunia
bagi gerakan menentang diskriminasi. Dengan tegas, Mandela menolak dominasi
kulit putih atau pun dominasi kulit hitam. Atas perjuangannya, Mandela tidak
hanya meraih penghargaan bergengsi Nobel Perdamaian tahun 1993, tetapi juga
kehormatan dan penghormatan luar biasa dari kalangan masyarakat dunia.
4. Hampir 100 kepala negara menghadiri upacara
penghormatan resmi yang berlangsung di bawah guyuran hujan deras di Stadion
FNB, Soweto, Afsel, 10 Desember 2013. Para pemimpin yang selama ini berbeda
pendapat, berseberangan, atau bahkan telah
bermusuhan selama puluhan tahun berada di
panggung yang sama untuk memberikan penghormatan kepada Mandela. Tidak
terkecuali Presiden AS, Barack Obama, dan Presiden Kuba, Raul Castro. Dua
pemimpin negara yang bermusuhan sejak era Perang Dingin itu bersalaman kemudian
bersapa sambil tersenyum.
5. Mandela dimakamkan dengan adat Xhosa di
sebuah makam di Desa Qunu, tempat ia meghabiskan masa kecilnya, 15 Desember
2013. Pemakaman terletak di tanah luas keluarga yang dibangun Mandela setelah
dibebaskan dari penjara tahun 1990. Mandela dipenjarakan oleh pemerintah rezim
kulit putih yang rasial selama 27 tahun (1964-1990).
6. Sebelumnya, jenazah disemayamkan selama tiga
hari di Union Buildings di Pretoria, tempat dia dilantik menjadi presiden kulit
hitam pertama Afrika Selatan pada 1994.
(Sumber:
Litbang Kompas, Buku Pintar Kompas 2013, Jakarta: Penerbit Buku Kompas,
2014,
halaman 380—381)
(1) Teks “Selamat Jalan Bapak Perdamaian” adalah
sebuah kisah sejarah wafatnya seorang tokoh yang memiliki peran penting dalam
meruntuhkan apartheid. Tokoh ini bernama Nelson Mandela. Kalian tentu sudah
mengetahuinya, sebab kalian telah mengupas tuntas tentang tokoh ini di kelas
XI. Sebelum masuk pada tugas berikutnya, utarakanlah pendapat
kalian
tentang peristiwa yang diceritakan dalam teks “Selamat Jalan Bapak Perdamaian”
di atas. nilai kearifan seperti apakah yang bisa kalian peroleh?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
(2) Menurut kalian, mengapa seorang Nelson
Mandela meraih Nobel Perdamaian?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
(3) Setelah membaca teks “Selamat Jalan Bapak
Perdamaian”, cobalah kalian uraikan struktur yang membangun teks tersebut.
Diskusikanlah dengan teman sekelompok kalian.
(4) Uraikanlah informasi apa saja yang bisa
kalian dapatkan dari teks yang tersedia.
Paragraf
|
Struktur
Teks
|
Informasi
|
I
|
Orientasi
|
-
Rolihlala Mandela adalah nama kecil Nelson Mandela
-
Nelson Mandela wafat dalam usia 95 tahun
- Ia meninggal
karena___________________________
- Ia meninggal di_______________________________
Ia
meninggal pada
______________________________
|
II
|
|
|
III
|
|
|
IV
|
|
|
V
|
|
|
VI\
|
|
|
(5)
Sebelum kalian mencoba membuat sebuah teks cerita sejarah, kalian harus
mengingat kembali salah satu ciri teks cerita sejarah adalah penggunaan
konjungsi temporal. Agar kalian lebih memahami bentuk dan fungsi konjungsi
tersebut, carilah beberapa konjungsi temporal yang sering muncul dalam sebuah
teks cerita sejarah. Lalu, buatlah contoh dalam kalimat.
No.
|
Konjungsi
Temporal
|
Contoh
dalam Kalimat
|
1.
|
sebelum
|
Sebelum
mengembuskan napas terakhir, Nelson
Mandela
telah mengidap penyakit infeksi paru.
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
6.
|
|
|
7.
8.
|
|
|
9.
|
|
|
10.
|
|
|
(6)
Nominalisasi juga merupakan ciri kebahasaan sebuah teks cerita sejarah.
Cobalah
kalian identifikasi nomina yang ada dalam teks tersebut.
Bedakanlah
nomina yang menjadi kata dasar dengan nomina yang berasal dari bentuk lain
karena mengalami proses nominalisasi.
No.
|
Kata
Benda
|
Proses
Nominalisasi
|
1.
|
usia
|
tidak
ada
|
2
|
penyakit
|
prefiks
pe + kata dasar (Ajektiva [A] = nomina [N])
pe
+ sakit = penyakit
|
3.
|
paru
|
|
4.
|
kediaman
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
11
|
|
|
12
|
|
|
13
|
|
|
14
|
|
|
15
|
|
|
16
|
|
|
17
|
|
|
18
|
|
|
19
|
|
|
20
|
|
|
(7)
Berikut adalah rentetan peristiwa sebelum wafatnya Nelson Mandela.
No.
|
Waktu
|
Rentetan
Peristiwa
|
1.
|
Mei
1999
|
Presiden
Afrika Selatan, Nelson Mandela mengumumkan niatnya untuk mundur dari
jabatannya setelah masa jabatan berakhir.
|
2.
|
2
Juni 1999
|
Afrika
Selatan menyelenggarakan pemilu kedua era demokrasi multiras.
|
3
|
6
Juni 1999
|
Nelson
Mandela menyambut kemenangan Partai Kongres Nasional Afrika (ANC) Thabo Mbeki
sebagai
presiden
baru Afrika Selatan yang menggantikan dirinya.
|
4.
|
2001
|
Nelson
Mandela menjalani perawatan untuk kanker prostat.
|
5
|
1
Juni 2004
|
Mandela
mengumumkan pensiun dari kehidupan publik.
|
6.
|
11
Juli 2010
|
Mandela
tampil terakhir kali di depan publik pada
penutupan Piala Dunia 2010.
|
7.
|
2011—2013
|
Mandela
menjalani perawatan karena infeksi pernapasan akut, infeksi saluran
pencernaan, dan
infeksi
paru-paru
|
8.
|
8
Juni 2013
|
Nelson
Mandela dilarikan kembali ke rumah sakit karena infeksi paru.
|
9.
|
2
September
2013
|
Mandela
diperbolehkan pulang ke rumahnya setelah
dirawat
hampir tiga bulan di rumah sakit.
|
10.
|
5
Desember
2013
|
Nelson
Mandela mengembuskan napas terakhir
setelah
beberapa lama dirawat di rumah sakit karena
infeksi
paru yang dideritanya. Mandela meninggal
pada
usia 95 tahun.
|
.
(a)
Setelah kalian mengetahui proses pemakaman Nelson Mandela dan juga
rentetan peristiwa ketika tokoh ini mengalami sakit hingga ia mengembuskan
napas terakhir, kalian diminta untuk membuat sebuah teks cerita sejarah
berdasarkan data tersebut. Sebagai tambahan agar teks cerita yang kalian bangun
menjadi lebih sempurna, kalian bisa
menggunakan
referensi lain yang bisa kalian peroleh dari berbagai buku, media massa, maupun
internet.
(b)
Presentasikanlah teks cerita sejarah yang kalian buat di depan kelas.
(c)
Kemudian mintalah teman-teman untuk memberikan masukan dan kritikan supaya teks
yang kalian susun menjadi lebih baik.
--------oooOOOOOOooo--------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar