WELCOME

SELAMAT BERKUNJUNG DI GURU BAHASA INDONESIA SMKN 10 MALANG SEMOGA DAPAT BERMANFAAT"

Kamis, 27 Juni 2013

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA (PEMINATAN) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA)




KELAS: X
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1  Mensyukuri keberadaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan alat pemersatu bangsa dengan menggunakannya sebagai alat komunikasi dalam segala bidang kehidupan secara baik dan benar
1.2  Mensyukuri peran sentral  Bahasa Indonesia dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan menggunakannya sebagai pengantar dalam dunia pendidikan dan wahana penuangan gagasan dalam segala bidang kehidupansecara baik dan benar

2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1  Menggunakan Bahasa Indonesia untuk menyampaikan informasi, gagasan, pendapat, dan ekspresi diri secara teliti, cermat,  sistematism dan santun
2.2  Mengapresiasi sastra Indonesia untuk menemukan nilai-nilai kehidupan dan menerapkannya untuk memperhalus budi pekerti
2.3  Menggunakan Bahasa Indonesia sebagai sarana untuk mencapai tujuan dan menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan serta melakukan hubungan sosial secara jujur dan santun
2.4  Menggunakan Bahasa Indonesia untuk mengembangkan daya nalar, daya kreatif, dan kepedulian sosial terhadap sesama serta tata nilai dalam lingkungannya

3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Kemampuan Berbahasa:
3.1 Mengidentifikasi isi informasi dari media elektronik yang bertema ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
3.2 Menyimpulkan isi informasi dari  media  elektronik yang bertema ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
3.3 Merangkum isi informasi dari bacaan tentang fenomena dan kejadian di lingkungan sekitar ke dalam beberapa kalimat dengan membaca intensif
3.4 Menyimpulkan isi informasi dari suatu tabel dan   atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca intensif
3.5 Mengidentifikasi kata-kata yang mengalami proses morfologis
3.6 Mengidentifikasi jenis-jenis frasa dan konstruksi frasa
Kemampuan Bersastra:
3.7 Mengidentifikasi tema, amanat, tokoh,alur, latar, sudut pandang, amanat, dan tema cerita hikayat yang disampaikan secara  langsung/ melalui  rekam­an
3.8 Menganalisis  hal-hal yang menarik tentang tokoh hikayat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari
3.9 Menjawab/ mengajukan pertanyaan terkait dengan isi naskah sastra Melayu Klasik mulai dari pertanyaan literal, interpretatif, integratif, kritis dan kreatif

4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kemampuan Berbahasa:
4.1  Menceritakan berbagaipengalaman yang mengesankan dengan pilihan kata dan ekspresi yang  tepat
4.2  Memberikan kritik secara lisan terhadap informasi yang aktual dan faktual dari media cetak atau elektronik
4.3  Menyusun teks naratif objektif tentang riwayat tokoh (ilmuwan, pejuang, dan sebagainya)
4.4  Menyusun teks ekspositoris tentang hasil pengamatan (penelitian)

Kemampuan bersastra:
4.5  Mendiskusikan isi puisi yang bertema sosial, budaya, dan kemanusian
4.6  Menceritakan kembali sastra lama (hikayat) dengan bahasa masa kini
4.7  Menulis puisi dengan memperhatikan bait, larik, rima, irama, imaji, dan isi
4.8  Mengaplikasikan komponen-komponen puisi untuk menganalisis puisi








KELAS : XI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1  Mensyukuri keberadaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan alat pemersatu bangsa dengan menggunakannya sebagai alat komunikasi dalam segala bidang kehidupan secara baik dan benar
1.2 Mensyukuri peran sentral  Bahasa Indonesia dalam pengembangan ilmu   pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan menggunakannya sebagai pengantar dalam dunia pendidikan dan wahana penuangan gagasan dalam segala bidang kehidupansecara baik dan benar

2.         Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1  Menggunakan Bahasa Indonesia untuk menyampaikan informasi, gagasan, pendapat, dan ekspresi diri secara teliti, cermat,  sistematism dan santun
2.2  Mengapresiasi sastra Indonesia untuk menemukan nilai-nilai kehidupan dan menerapkannya untuk memperhalus budi pekerti
2.3  Menggunakan Bahasa Indonesia sebagai sarana untuk mencapai tujuan dan menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan serta melakukan hubungan sosial secara jujur dan santun
2.4  Menggunakan Bahasa Indonesia untuk mengembangkan daya nalar, daya kreatif, dan kepedulian sosial terhadap sesama serta tata nilai dalam lingkungannya

3.         Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Kemampuan Berbahasa:
3.1  Mengidentifikasi dan menanggapi pendapat narasumber dalam suatu diskusi  yang bertema ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan atau humaniora
3.2  Mengulas hal-hal yang menarik dan perlu diteladani dari biografi tokoh terkenal
3.3  Mengidentifikasi dan menanggapidrama yang ditonton langsung atau melalui rekaman video
3.4  Menganalisis kata berawalan, berakhiran, dan berkonfiks yang terdapat dalam teks 
3.5  Menemukan kata majemuk yang terdapat dalam teks 
3.6  Mengidentifikasi jenis-jenis klausa
3.7  Membedakan berbagai jenis kalimat ditinjau dari berbagai sudut pandang
Kemampuan Bersastra:
3.8  Menganalisis nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek yang dibaca
3.9  Menganalisis pelaku, peristiwa, dan latar dalam novel yang dibaca

4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kemampuan Berbahasa:
4.1  Berargumentasi dalam debat yang bertema ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
4.2  Menyusun  artikel dengan tema kebudayaan, sosial, kemasyarakatan untuk dipublikasikan
4.3  Memerankan tokoh yang terdapat dalam naskah drama atau penggalan naskah drama
Kemampuan bersastra:
4.4  Menulis drama pendek berdasarkan pengalaman hidup
4.5  Menganalisis perkembangan   genre sastra Indonesia
4.6  Menggunakan komponen kesastraan teks drama (pelaku dan perwatakan, dialog dan perilaku, plot dan konflik) untuk menelaah karya sastra drama






KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1  Mensyukuri keberadaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan alat pemersatu bangsa dengan menggunakannya sebagai alat komunikasi dalam segala bidang kehidupan secara baik dan benar
1.2  Mensyukuri peran sentral Bahasa Indonesia dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan menggunakannya sebagai pengantar dalam dunia pendidikan dan wahana penuangan gagasan dalam segala bidang kehidupansecara baik dan benar
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa, serta memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam membangun peradaban bangsa dan dunia
2.1  Menggunakan Bahasa Indonesia untuk menyampaikan informasi, gagasan, pendapat, dan ekspresi diri secara teliti, cermat, sistematism dan santun
2.2  Mengapresiasi sastra Indonesia untuk menemukan nilai-nilai kehidupan dan menerapkannya untuk memperhalus budi pekerti
2.3  Menggunakan Bahasa Indonesia sebagai sarana untuk mencapai tujuan dan menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan serta melakukan hubungan sosial secara jujur dan santun
2.4  Menggunakan Bahasa Indonesia untuk mengembangkan daya nalar, daya kreatif, dan kepedulian sosial terhadap sesama serta tata nilai dalam lingkungannya
3.    Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah



Kemampuan Berbahasa:
3.1  Menganalisis laporan pelaksanaan kegiatan yang didengar dari berbagai sumber
3.2  Membacakan teks pidato dengan memperhatikan kejelasan ucapan, intonasi, dan ekspresi wajah, serta penekanan pada kata-kata kunci
3.3  Menjawab/mengajukan pertanyaan terkait dengan isi terkait isi bacaan mulai dari pertanyaan literal, interpretatif, integratif, kritis dan kreatif
3.4  Mengidentifikasi makna konotatif dan denotatif, gramatikal dan leksikal, kias dan lugas, makna referensial dan makna nonreferensial, makna umum dan khusus, perubahan, pergeseran makna kata, dan hubungan makna kata
3.5  Mengaplikasikan aspek kohesi dan koherensi pada tingkat paragraf
3.6  Menggunakan berbagai ragambahasa sesuai konteks dan situasi
Kemampuan Bersastra:
3.7  Menganalisis sikap penyair dalam puisi terjemahan yang dilisankan
3.8  Menganalisis perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode
4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kemampuan Berbahasa:
4.1     Menjelaskan program secara rinci dan informasi tambahan untuk mendukung program
4.2     Menyusun makalah sesuai dengan struktur dan teknik penulisan makalah
4.3     Mengalihkan teks aksara Arab-Melayu ke dalam aksara Latin
4.4     Menulis kembali cuplikan  sastra Indonesia klasik dari teks berhuruf Arab-Melayu ke dalam huruf Latin
Kemampuan bersastra:
4.5 Mementaskan drama karya sendiri dengan tema tertentu (pendidikan, lingkungan,dll)





Tidak ada komentar: