KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri keberadaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan
alat pemersatu bangsa dengan menggunakannya sebagai alat komunikasi dalam
segala bidang kehidupan secara baik dan benar
1.2
Mensyukuri peran sentral
Bahasa Indonesia dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
dan budaya dengan menggunakannya sebagai pengantar dalam dunia pendidikan dan
wahana penuangan gagasan dalam segala bidang kehidupansecara baik dan benar
|
||
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta
damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menggunakan Bahasa Indonesia untuk menyampaikan informasi,
gagasan, pendapat, dan ekspresi diri secara teliti, cermat, sistematism dan santun
2.2
Mengapresiasi sastra Indonesia untuk menemukan nilai-nilai
kehidupan dan menerapkannya untuk memperhalus budi pekerti
2.3
Menggunakan Bahasa Indonesia sebagai sarana untuk mencapai tujuan
dan menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan serta melakukan hubungan
sosial secara jujur dan santun
2.4
Menggunakan Bahasa Indonesia untuk mengembangkan daya nalar, daya
kreatif, dan kepedulian sosial terhadap sesama serta tata nilai dalam
lingkungannya
|
||
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
Kemampuan Berbahasa:
3.1
Mengidentifikasi isi informasi dari media
elektronik yang bertema ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
3.2
Menyimpulkan isi informasi dari
media elektronik yang
bertema ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora
3.3
Merangkum
isi informasi dari bacaan tentang fenomena dan kejadian di lingkungan sekitar ke dalam beberapa kalimat dengan membaca intensif
3.4
Menyimpulkan isi informasi dari suatu tabel
dan atau grafik ke dalam beberapa
kalimat dengan membaca intensif
3.5
Mengidentifikasi
kata-kata yang mengalami proses morfologis
3.6
Mengidentifikasi
jenis-jenis frasa dan konstruksi frasa
Kemampuan Bersastra:
3.7 Mengidentifikasi
tema, amanat, tokoh,alur, latar, sudut pandang, amanat, dan tema cerita
hikayat yang disampaikan secara
langsung/ melalui rekaman
3.8 Menganalisis hal-hal yang menarik tentang tokoh hikayat
yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman dan mengaitkannya
dengan kehidupan sehari-hari
3.9 Menjawab/ mengajukan pertanyaan terkait
dengan isi naskah sastra Melayu Klasik mulai dari pertanyaan literal,
interpretatif, integratif, kritis dan kreatif
|
||
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kemampuan Berbahasa:
4.1
Menceritakan
berbagaipengalaman yang mengesankan dengan pilihan kata dan ekspresi
yang tepat
4.2
Memberikan kritik secara
lisan terhadap informasi yang aktual dan faktual dari media cetak atau
elektronik
4.3
Menyusun teks naratif objektif
tentang riwayat tokoh (ilmuwan, pejuang, dan sebagainya)
4.4
Menyusun teks ekspositoris tentang hasil pengamatan (penelitian)
Kemampuan bersastra:
4.5 Mendiskusikan
isi puisi yang bertema sosial, budaya, dan kemanusian
4.6 Menceritakan kembali sastra lama (hikayat) dengan
bahasa masa kini
4.7 Menulis
puisi dengan memperhatikan bait, larik, rima, irama, imaji, dan isi
4.8 Mengaplikasikan komponen-komponen puisi
untuk menganalisis puisi
|
||
KELAS : XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri keberadaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan
alat pemersatu bangsa dengan menggunakannya sebagai alat komunikasi dalam
segala bidang kehidupan secara baik dan benar
1.2 Mensyukuri peran
sentral Bahasa Indonesia dalam
pengembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya dengan menggunakannya sebagai pengantar dalam
dunia pendidikan dan wahana penuangan gagasan dalam segala bidang
kehidupansecara baik dan benar
|
||
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menggunakan Bahasa Indonesia untuk menyampaikan informasi,
gagasan, pendapat, dan ekspresi diri secara teliti, cermat, sistematism dan santun
2.2
Mengapresiasi sastra Indonesia untuk menemukan nilai-nilai
kehidupan dan menerapkannya untuk memperhalus budi pekerti
2.3
Menggunakan Bahasa Indonesia sebagai sarana untuk mencapai tujuan
dan menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan serta melakukan hubungan
sosial secara jujur dan santun
2.4
Menggunakan Bahasa Indonesia untuk mengembangkan daya nalar, daya
kreatif, dan kepedulian sosial terhadap sesama serta tata nilai dalam
lingkungannya
|
||
3.
Memahami, menerapkan, dan menjelaskan
pengetahuan faktual, konseptual,prosedural,
dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
Kemampuan Berbahasa:
3.1
Mengidentifikasi dan
menanggapi pendapat narasumber dalam suatu diskusi yang bertema ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan atau humaniora
3.2 Mengulas hal-hal yang menarik dan perlu diteladani dari
biografi tokoh terkenal
3.3 Mengidentifikasi
dan menanggapidrama yang ditonton langsung atau melalui rekaman video
3.6 Mengidentifikasi jenis-jenis klausa
3.7 Membedakan berbagai jenis kalimat ditinjau dari
berbagai sudut pandang
Kemampuan Bersastra:
3.8 Menganalisis nilai-nilai yang terdapat dalam cerita
pendek yang dibaca
3.9 Menganalisis pelaku, peristiwa, dan latar dalam novel yang dibaca
|
||
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kemampuan Berbahasa:
4.1
Berargumentasi dalam
debat yang bertema ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora
4.2
Menyusun artikel dengan tema kebudayaan, sosial,
kemasyarakatan untuk dipublikasikan
4.3
Memerankan tokoh yang terdapat dalam naskah drama atau penggalan
naskah drama
Kemampuan bersastra:
4.4
Menulis drama pendek
berdasarkan
pengalaman hidup
4.5
Menganalisis perkembangan
genre sastra Indonesia
4.6
Menggunakan komponen
kesastraan teks drama (pelaku dan perwatakan, dialog dan perilaku, plot dan
konflik) untuk menelaah karya sastra drama
|
||
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Mensyukuri keberadaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan
alat pemersatu bangsa dengan menggunakannya sebagai alat komunikasi dalam
segala bidang kehidupan secara baik dan benar
1.2
Mensyukuri peran sentral Bahasa Indonesia dalam pengembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan menggunakannya sebagai pengantar
dalam dunia pendidikan dan wahana penuangan gagasan dalam segala bidang
kehidupansecara baik dan benar
|
|
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta
damai, responsif dan proaktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan bangsa, serta memosisikan diri sebagai agen
transformasi masyarakat dalam membangun peradaban bangsa dan dunia
|
2.1
Menggunakan Bahasa Indonesia untuk menyampaikan informasi,
gagasan, pendapat, dan ekspresi diri secara teliti, cermat, sistematism dan
santun
2.2
Mengapresiasi sastra Indonesia untuk menemukan nilai-nilai
kehidupan dan menerapkannya untuk memperhalus budi pekerti
2.3
Menggunakan Bahasa Indonesia sebagai sarana untuk mencapai tujuan
dan menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan serta melakukan hubungan
sosial secara jujur dan santun
2.4
Menggunakan Bahasa Indonesia untuk mengembangkan daya nalar, daya
kreatif, dan kepedulian sosial terhadap sesama serta tata nilai dalam lingkungannya
|
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan
metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
Kemampuan Berbahasa:
3.1 Menganalisis laporan pelaksanaan kegiatan yang didengar
dari berbagai sumber
3.2 Membacakan teks pidato dengan memperhatikan kejelasan
ucapan, intonasi, dan ekspresi wajah, serta penekanan pada kata-kata kunci
3.3 Menjawab/mengajukan
pertanyaan terkait dengan isi terkait isi bacaan mulai dari pertanyaan literal,
interpretatif, integratif, kritis dan kreatif
3.4 Mengidentifikasi makna
konotatif dan denotatif, gramatikal dan leksikal, kias dan lugas, makna
referensial dan makna nonreferensial, makna umum dan khusus, perubahan,
pergeseran makna kata, dan hubungan makna kata
3.5 Mengaplikasikan aspek kohesi dan koherensi pada tingkat
paragraf
3.6 Menggunakan
berbagai ragambahasa sesuai konteks dan situasi
Kemampuan Bersastra:
3.7 Menganalisis sikap penyair dalam puisi terjemahan yang
dilisankan
3.8 Menganalisis perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang
dianggap penting pada setiap periode
|
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kemampuan Berbahasa:
4.1
Menjelaskan program secara rinci dan informasi tambahan untuk
mendukung program
4.2
Menyusun makalah sesuai
dengan struktur dan teknik penulisan makalah
4.3
Mengalihkan teks aksara
Arab-Melayu ke dalam aksara Latin
4.4
Menulis kembali
cuplikan sastra Indonesia klasik dari
teks berhuruf Arab-Melayu ke dalam huruf Latin
Kemampuan bersastra:
4.5
Mementaskan drama karya
sendiri dengan tema tertentu (pendidikan, lingkungan,dll)
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar